Kemendikbudristek berupaya bersama dalam melonggarkan kemacetan pada arus balik Lebaran 2022 (KOMPAS.COM/KRISTIANTO PURNOMO)

Demi Melonggarkan Kemacetan, Libur Sekolah di Jabodetabek Ditambah 3 Hari

Wulan | Nasional | 05-05-2022

PARBOABOA, Jakarta – Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Tekonologi (Kemendikbudristek) telah mengganti tanggal masuk sekolah yang semula tanggal 9 Mei 2022 menjadi 12 Mei 2022. Hal ini ditetapkan bagi para siswa yang berada di wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi (Jabodetabek).

Plt Kepala Biro Kerja Sama dan Hubungan Masyarakat Kemendikbud Ristek Anang Ristanto mengatakan bahwa perpanjangan hari libur tersebut dilakukan untuk membantu melonggarkan kemacetan arus balik Lebaran 2022.

"Kemendikbudristek menanggapi dengan positif hasil koordinasi dengan Kemenhub terkait upaya bersama dalam membantu melonggarkan kemacetan pada arus balik Lebaran 2022, utamanya di kawasan Jabodetabek," ujarnya dalam keterangan tertulis, Kamis (5/5).

"Untuk itu Kemendikbudristek menindaklanjuti dengan berkoordinasi dengan pemerintah Provinsi DKI Jakarta, Jawa Barat, dan Banten untuk memberikan fleksibilitas penambahan masa libur sekolah selama tiga hari hingga 12 Mei 2022," imbuh dia.

Lebih lanjut, Anang juga mengatakan pihaknya telah melakukan koordinasi dengan dinas pendidikan di wilayah tersebut agar kebijakan penambahan libur itu bisa segera disampaikan kepada orang tua dan siswa yang terkait.

"Keputusan ini akan disosialisasikan oleh pemerintah daerah untuk diterapkan sebagaimana mestinya," pungkasnya.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo menghimbau kepada seluruh warga atau pemudik agar menghindari pulang dari kampung halaman pada puncak arus balik mudik mulai tanggal 6 sampai 8 Mei 2022.

Jokowi juga meminta masyarakat untuk segera kembali ke kota sebelum atau setelah puncak arus balik. Ia mengatakan hal itu perlu dilakukan demi menghindari kepadatan selama di perjalanan.

"Untuk menghindari kepadatan arus balik dan agar kita semua nyaman di perjalanan," ujarnya di Istana Kepresidenan Yogyakarta, Selasa (3/5).

Tag : #kemacetan    #libur sekolah    #nasional    #arus balik    #lebaran 2022    #kemendikbutristek    #jabodetabek    #anang ristanto    #siswa   

Baca Juga