Ilustrasi beatboxer. (Dok: Fanpop)

Mengenal Macam Macam Beatbox, Newbie Wajib Tahu!

Sondang | Hiburan | 21-05-2022

PARBOABOA, Pematangsiantar – Siapa nih yang ingin belajar beatbox? Namun sebelum beralih ke praktek, kita tentu harus mengetahui dasar-dasar beatbox, seperti pengertiaannya hingga macam-macam beatbox.

Lantas, apa itu beatbox?

Pengertian Beatbox

Beatbox adalah salah satu bentuk seni yang berfokus dalam menghasilkan bunyi bunyi ritmis, ketukan drum, instrument musik hingga tiruan dari bunyi-bunyi lainnya, khususnya suara turntable melalui alat ucap manusia, mulai dari mulut, lidah dan bibir.

Beatbox selalu dikaitkan dengan vocal perkusi maupun multivokalisme. Meski memiliki kesamaan, keduanya terlihat berbeda ketika dilihat pada keterkaitannya dengan budaya dan musik hip hop. Namun pada prakteknya, beatbox juga diterapkan untuk genre musik lainnya seperti Rock, Pop, R&B dan lainnya.

Imitasi suara yang satu ini sebenarnya sudah dikenal masyarakat sejak dahulu kala. Pada tahun 1980an, kata beatbox mengacu pada drum generasi pertama. Saat itu, drum biasa dimainkan dengan cara dipukul sementara beatbox sendiri dimainkan dengan mulut tanpa bantuan alat apapun.

Doug E.Fresh, Leonardo dan Darren Robinson merupakan orang-orang yang mempelopori musik beatbox tersebut. Namun, setiap musisi memiliki cirri khas dan gaya yang berbeda-beda sehingga mampu menginspirasi para generasi beatboxer selanjutnya.

Dari tahun ke tahun, musik beatbox terus berkembang hingga seperti yang kita dengar saat ini. Bahkan, musik beatbox sudah memiliki banyak sekali jenis. Lalu, apa sajakah jenis-jenis musik beatbox?

10 Macam Macam Beatbox Berdasarkan Tekniknya

1. BTK

BTK adalah jenis beatbox yang mengunakan teknik dasar beatbox. Jenis beatbox yang ini terbagi atas tiga bagian, yakni B (Bass Drum), T (Hi-Hat) dan K (Snare).

2. Snare Pft

Lanjut, snare pft adalah jenis beatbox dengan suara snare drum yang dibentuk dari huruf ‘P’. Untuk teknik dasarnya, bunyikan huruf ‘P’ kemudian langsung disambung dengan bunyi huruf ‘F’, sehingga terjadi bunyi ‘Pf’ atau ‘Puff’ dengan meminimalisir bunyi huruf ‘U’.

3. Hit-hat

Hit-hat adalah jenis beatbox yang menghasilkan bunyi mirip alat musik hit hat. Hit hat sendiri merupakan alat musik bagian dari drumset yang terbuat dari 2 buah lempengan loga, dirumpuk menjadi satu dan dimainkan secara kombinasi dengan kaki kiri saat dipukul.

4. Zipper

Kemudian ada zipper sound yang memiliki suara hamper sama dengan ritsleting yang ada pada pakaian. Biasanya, zipper digunakan dalam beatbox dengan tempo cepat alias fastbeat.

5. Sega Sound

Sega suara adalah jenis beatbox yang juga mirip dengan suara ritsleting namun terdengar seperti suara video game klasik yang kemungkinan berasal dari game Sega Genesis.

6. Cricket Sound

Selanjutnya ada cricket sound yang merupakan jenis beatbox dengan suara seperti jangkrik. Suara ini dihasilkan dengan cara menggetarkan tenggorokan atau lidah. Biasanya, beatbox ini dipadukan dengan bunyi lain agar lebih menarik.

7. Lip Roll

Lip roll adala jenis beatbox yang menghasilkan suara serbaguna dengan cara menggulung bibir dengan beberapa variasi.

8. Outward Click Roll

Outward click roll adalah jenis beatbox yang menghasilkan bunyi seperti alat musik perkusi dengan tempo cepat. Suara ini dihasilkan di langit langit mulut dan di dekat bagian atas gigi.

9. Spit Snare

Spit sanre atau juga dikenal dengan BMG, Döme, atau trap snare adalah jenis beatbox yang memiliki suara seperti snare. Detailnya seperti suara pendek yang renyah namun kencang seperti dalam musik trap.

10. Inward Bass

Dalam pengertiannya, inward bass adalah suara dalam yang kuat. Suara ini merupakan jenis beatbox yang sering digunakan oleh beatboxer. Caranya pun cukup mudah, kamu hanya perlu menghirupkan udara dalam dalam saat melakukan beatbox ini.

Nah, itulah beberapa macam macam beatbox yang perlu kamu ketahui. Semoga bermanfaat!

Tag : #beatbox    #seni    #hiburan    #suara    #bunyi    #musik   

Baca Juga