Makanan dan minuman yang harus dihindari penderita asam lambung. (Dok: freepik)

6 Macam Makanan dan Minuman yang Harus Dihindari Penderita Asam Lambung

Sondang | Kesehatan | 08-06-2022

PARBOABOA, Pematangsiantar - Bagi kamu penderita asam lambung, sangat dianjurkan untuk menghindari makanan dan minuman yang menjadi pantangan lambung. Hal tersebut dilakukan untuk mencegah kambuhnya gejala dan perburukan kondisi asam lambung.

Nyeri ulu hati akibat naiknya asam lambung dapat disebabkan karena pola makan yang salah, stres berlebihan, atau kebiasaan tertentu seperti sering merokok.

Untuk mencegah kondisi ini, ada baiknya kita mulai memperhatikan hal-hal yang perlu dihindari penderita asam lambung, termasuk menjauhi beberapa jenis makanan dan minuman tertentu.

Apa saja makanan dan minuman tersebut? Berikut daftarnya!

6 Macam Makanan dan Minuman yang Harus Dihindari Penderita Asam Lambung

1. Makanan berlemak

Salah satu makanan yang menjadi pemicu naiknya asam lambung adalah makanan berlemak. Untuk mencegah hal itu terjadi, sebaiknya kurangi asupan makanan yang mengandung lemak seperti gorengan, keju, jeroan, daging olahan, serta daging merah berlemak tinggi.

2. Makanan pedas

Selain makanan berlemak, makanan pedas juga dapat menyebabkan iritasi dan nyeri ulu hati. Hal tersebut didukung oleh beberapa penelitian yang menyebut bahwa makanan pedas mengandung capsaicin dapat memicu gejala asam lambung naik dan iritasi pada lambung.

Oleh sebab itu, bagi Anda yang sering mengalami asam lambung naik atau gejala maag, sebaiknya tidak mengonsumsi segala macam makanan pedas.

3. Cokelat

Makanan yang memiliki rasa manis ini sangat disukai banyak orang. Namun, tahukah kamu jika mengonsumsi makanan tersebut secara berlebihan dapat menyebabkan gejala penyakit asam lambung kambuh, bahkan memperburuk gejala yang muncul.

Hal tersebut lantaran efek cokelat yang dapat melemaskan otot di katup kerongkongan, dapat menyebabkan makanan dan isi lambung naik kembali sehingga bisa membuat penderitanya merasakan sakit yang sangat perih atau panas pada bagian dada dan leher.

4. Buah dan sayuran tertentu

Buah dan sayuran menjadi bagian penting untuk menjaga pola makan yang sehat. Namun, ada beberapa jenis buah dan sayur yang justru harus dijauhi bagi penderita asam lambung, seperti nanas, buah jeruk termasuk jeruk bali dan lemon, limau, tomat termasuk makanan yang berbahan dasar tomat, bawang putih dan bawang bombay.

Selain itu, untuk mencegah perut terasa tidak nyaman karena asam lambung naik, Anda juga perlu mengurangi asupan makanan yang dapat menghasilkan gas, seperti kol, ubi, kembang kol, kacang-kacangan, dan seledri.

5. Minuman beralkohol

Minuman beralkohol ternyata juga menjadi pantangan oleh penderita asam lambung. Pasalnya, minuman ini dapat menyebabkan iritasi lambung dan melemahkan otot-otot pada kerongkongan. Hal tersebut akan menyebabkan gejala asam lambung kambuh bahkan menjadi lebih parah.

Untuk mencegah gejala asam lambung naik, sebaiknya hindari konsumsi minuman beralkohol, seperti wine, anggur, bir atau cocktail.

6. Minuman berkafein dan bersoda

Sebagian orang akan merasakan gejala asam lambung yang dideritanya naik setelah mengonsumsi minuman berkafein, seperti kopi, teh, atau minuman berenergi. Hal tersebut terjadi karena minuman yang mengadung kafein dan bersoda dapat merangsang produksi asam lambung berlebih, terutama jika jumlah yang diminum berlebihan.

Selain membatasi atau menghindari berbagai makanan dan minuman pantangan asam lambung di atas, penting juga bagi Anda menerapkan pola hidup sehat yang berguna untuk mencegah naiknya asam lambung, seperti:

  • Hentikan kebiasaan merokok.
  • Hindari kebiasaan berolahraga setelah makan.
  • Konsumsi makanan dalam porsi kecil, tetapi lebih sering.
  • Usahakan untuk selalu menjaga berat badan ideal.
  • Hindari makan sebelum tidur.
  • Kendalikan stres dengan cara melakukan relaksasi, meditasi, atau aktivitas yang digemari.

Sebagai pengingat, gejala asam lambung yang hanya sesekali kambuh biasanya tidak perlu dikhawatirkan. Namun, jika gejala asam lambung yang Anda derita sudah mengganggu aktivitas dan tak kunjung membaik meski sudah menjauhi pantangan makanan dan minumannya, cobalah konsultasi diri ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

Tag : #asam lambung    #pola makan    #kesehatan    #makanan    #minuman   

Baca Juga