Ilustrasi seseorang yang mengalami gangguan tidur (Dok: klikdokter.com)

Inilah Deretan Makanan yang Bisa Membantu Tidur Lebih Nyenyak

Dimas | Kesehatan | 26-05-2022

Parboaboa, Jakarta – Tidur yang nyenyak merupakan salah satu faktor kunci untuk menjaga tubuh tetap sehat dan bugar. Namun sayangnya, tak sedikit orang yang mengaku sering terbangun atau merasa kurang nyenyak saat tidur malam.

Adapun penyebab tidur tidak nyenyak dapat di pengaruhi oleh berbagai macam faktor, seperti kebiasaan tidur yang buruk, suhu kamar yang tidak nyaman, telalu banyak konsumsi kafein, hingga kondisi stres yang mengganggu.

Selain itu, tidur yang tidak nyenyak dinilai mampu memicu munculnya berbagai masalah kesehatan. Kondisi ini bisa membuat seseorang mengalami berbagai masalah baik secara fisik maupun mental seperti diabetes, gangguan jantung, tekanan darah tinggi, obesitas, memicu depresi, serta penurunan sitem imun.

Oleh karena itu, melakukan usaha agar dapat tidur nyenyak merupakan sebuah hal yang penting untuk dilakukan. Salah satu caranya adalah dengan mengosumsi makanan sehat yang bisa membantu tidur lebih nyenyak.

Deretan Makanan yang Bisa Membantu Tidur Lebih Nyenyak

1. Daging Ayam

Melansir dari American Sleep Association, mengonsumsi daging ayam dapat membuat seseorang lebih mudah untuk tidur nyenyak. Hal itu dikarenakan daging ayam mengandung triptofan.

Triptofan sendiri merupakan zat asam amino esensial, yakni bagia terkecil pada protein yang tidak dapat diproduksi oleh tubuh sehingga harus diperoleh melalui makanan.

Triptopan sangat dibutuhkan untuk memproduksi serotonin yang berfungsi untuk meningkatkan rasa rileks, serta melatonin yang berfungsi untuk mengatur siklus tidur.

2. Nasi Putih

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi nasi putih dalam porsi sedang, setidaknya satu jam sebelum tidur, dapat membantu mengatasi insomnia dan meningkatkan kualitas tidur.

Selain itu, pada studi yang dimuat dalam jurnal PLOS One membuktikan bahwa mengonsumsi nasi mampu meningkatkan kualitas tidur dan meningkatkan durasi tidur yang lebih lama bila dibandingkan dengan sumber karbohidrat lain, seperti mie dan roti.

3. Kiwi

Kiwi merupakan salah satu buah yang kaya akan nutrisi, seperti vitamin C, Vitamin K, folat, dan kalium.

Sebuah hasil studi yang dimuat dalam Asia Pacific Journal of Clinical Nutrition membuktikan bahwa 42 persen peserta diketahui bisa tidur lebih cepat setelah rutin mengonsumsi 2 buah kiwi tiap 1 jam sebelum tidur di malam hari. Para peserta juga jarang terbangun di malam hari. Selain itu, waktu tidur mereka juga mengalami peningkatan, yakni sekitar 13 persen.

4. Ikan Belemak  

Beberapa ikan berlemak seperti salamon, tuna, dan halibut diketahui memiliki kandungan vitamin B6 yang paling banyak. Vitamin inilah yang dapat mendorong tubuh untuk meningkatkan produksi melatonin yang bermanfaat untuk memicu rasa ngantuk pada seseorang.

5. Almond dan Kacang Kenari

Beberapa jenis kacang-kacangan seperti almond dan kacang kenari dinilai mampu membuat tidur seseseorang menjadi lebih nyenyak.

Kacang almond memiliki kandungan melatonin yang berfungsi mengatur ritme sirkadian tubuh dan mengirimkan sinyal pada tubuh untuk segera tidur.

Sama seperti almond, kacang kenari juga mengandung beberapa mineral yang dibutuhkan tubuh, seperti magnesium, fosfor, mangan, dan tembaga.

Sejumlah hasil penelitian mengungkapkan bahwa mengonsumsi kacang kenari secara rutin dapat meningkatkan kualitas tidur berkat kandungan melatonin dan asam lemak di dalamnya.

Demikianlah seputar informasi mengenai makanan-makanan yang dapat membantu seseorang untuk tidur lebih nyenyak. Namun, apabila Anda masih sering mengalami tidur yang tidak nyenyak, segeralah konsultikasikan kondisi tersebut kepada dokter. Semoga bermanfaat!

Tag : #kualitas tidur    #makanan sehat    #kesehatan    #diabetes    #obesitas    #gangguan jantung   

Baca Juga