Makanan pedas ternyata bermanfaat bagi kesehatan

Manfaat Makan Makanan Pedas Buat Kesehatan

rini | Kesehatan | 17-09-2021

PARBOABOA, Pematangsiantar - Bagi para pecinta makanan pedas, hidup terasa kurang lengkap jika menyantap lauk-pauk tanpa kehadiran cabai atau sambal. Ternyata, selain berfungsi sebagai penambah rasa dan menggugah selera makan, penelitian menunjukkan bahwa makanan pedas memiliki beragam efek positif bagi kesehatan.

Rasa pedas dan sensasi panas yang dihasilkan cabai sebenarnya disebabkan oleh senyawa kimia aktif dalam cabai yang disebut capsaicin.

Meski beberapa orang menganggap makanan pedas dapat menyebabkan gangguan pencernaan, ternyata ada alasan untuk mempertimbangkan mengkonsumsi makanan pedas.

berikut adalah 5 manfaat makanan pedas untuk kesehatan:

1. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Mengkonsumsi cabai dan paprika dapat menjadi antioksidan yang bermanfaat melindungi tubuh dari serangan penyakit karena mengandung Vitamin C dan Vitamin A.

2. Menyehatkan Jantung

Vitamin A dan C yang terkandung dalam cabai mampu memperkuat dinding otot jantung, sensasi hangat dari capsaicin dapat meningkatkan sirkulasi darah dalam tubuh. Capsaicin juga dapat membantu mencegah pembekuan darah.

3. Mendukung program penurunan berat badan

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa bahan pedas dapat meningkatkan pembakaran kalori dan lemak atau mengurangi nafsu makan.

Rasa pedas dan terbakar di lidah saat mengonsumsi cabai disebabkan karena adanya kandungan senyawa capsaicin pada cabai. Ternyata, kandungan tersebut dapat meningkatkan temperatur tubuh dan mempercepat kerja metabolisme, sehingga kalori dalam tubuh dapat lebih cepat terbakar.

4. Mencegah Kanker

Kandungan capsaicin pada cabai juga berkhasiat untuk menghambat atau bahkan mematikan pertumbuhan sel-sel kanker tanpa merusak sel-sel sehat di sekitarnya. Manfaat ini bisa didapatkan jika mengonsumsi cabai dengan rutin.

5. Meringankan sinusitis

Capsaicin yang terkandung dalam cabai mirip dengan senyawa yang ditemukan dalam banyak ramuan obat dekongestan, sehingga semakin pedas sambal Anda, semakin berair pula hidung Anda.

Jika Anda sedang pilek, ada baiknya untuk menambahkan sejumput bubuk cabai kering ke dalam secangkir teh hangat. Minum perlahan sambil hirup uap hangatnya akan membantu merangsang membran mukus yang melapisi saluran hidung anda untuk bisa menguras lendir, sehingga Anda dapat bernapas lebih baik. Selain itu, capsaicin juga kaya akan vitamin A, yang membantu penguatan membran mukus. Membran mukus berfungsi sebagai pelindung untuk mencegah bakteri masuk ke dalam tubuh melalui hidung.

Tag : #kesehatan    #manfaat cabai    #menyehatkan    #capsaicin    

Baca Juga