7 Manfaat Yogurt untuk Ibu Hamil, Serta Tips Mengkonsuminya ( Dok :rumah)

7 Manfaat Yogurt untuk Ibu Hamil, Serta Tips Mengkonsuminya

Huira | Kesehatan | 20-07-2022

PARBOABOA - Tentu kamu sudah tidak asing lagi ketika mendengar jenis minuman yang satu ini bukan? Minuman yang satu ini dikenal dengan rasanya yang nikmat dan menyegarkan. Disamping rasanya yang membuat kamu merasa ketagihan, ternyata ada berbagai manfaat yogurt untuk ibu hamil yang tentunya sayang untuk dilewatkan.

Yogurt adalah cemilan sehat yang baik dikonsumsi selama masa kehamilan, karena minuman yang satu ini dikemas dengan nutrisi penting yang sangat bagus untuk ibu hamil seperti kalsium dan protein. Ketika mengkonsumsi yogurt, anda tidak hanya akan merasa kenyang untuk waktu yang lama, tetapi juga mendapat manfaat probiotik yang terkandung di dalamnya.

Yogurt sendiri adalah susu yang terbuat dari susu apa saja, termasuk susu sari kacang kedelai. Fermentasi gula susu (laktosa) yang ada pada susu menghasilkan asam laktat yang berperan dalam protein susu untuk menghasilkan tekstur seperti gel dan menghasilkan aroma unik pada yogurt.

Minuman kemasan yang satu ini tersedia dalam beraneka macam rasa, yaitu rasa original, rasa buah, rasa vanila, dan juga rasa cokelat.

Kira-kira apa saja ya manfaat minuman dengan rasa nikmat dan menyegarkan ini untuk ibu hamil? Yuk simak hingga tuntas!

Berbagai Manfaat Yogurt untuk Ibu Hamil

1. Memenuhi Asupan Nutrisi Tubuh dan Janin

Yogurt kaya akan kandungan protein, kalsium, kalium, magnesium, fosfor, vitamin A, vitamin B, folat, zinc, dan probiotik. Kandungan nutrisi inilah yang membuat minuman yang satu ini baik untuk kesehatan ibu beserta janin.

Aneka kandungan nutrisi yang ada pada yogurt ini bermanfaat untuk menambah berat badan ibu dan janin, mengontrol tekanan darah selama masa kehamilan, mendukung proses pembentukan organ tubuh janin, serta memperkuat imunitas tubuh ibu dan janin.

2. Mendukung Tumbuh Kembang janin

Kandungan protein, kalori, lemak, dan karbohidrat pada yogurt berperan dalam menambah berat badan janin, sedangkan kalsium yang ada pada yogurt baik untuk pembentukkan dan perkembangan tulang, gigi, jantung, saraf, serta otot pada si kecil.

Selain itu, probiotik yang ada pada yogurt dapat membantu mendukung sistem imunitas tubuh janin dan mengurangi risiko janin menderita eksim atau alergi saat sudah lahir.

3. Meredakan Stres dan Kecemasan

Kecemasan sering terjadi selama masa kehamilan, bahkan tak jarang wanita hamil juga mengalami stres. Yogurt adalah makanan penenang yang sehat dan makanan penutup yang lebih bagus jika dibandingkan dengan kue dan es krim.

4.  Membantu Medinginkan Tubuh

Ngidam adalah hal yang wajar dan umum terjadi saat masa kehamilan. Tak jarang, ibu hamil menginginkan makanan dengan cita rasa yang pedas. Namun, tahukah kamu jika mengkonsumsi makanan pedas pada ibu hamil rentan menyebabkan mulas? Tenang, bagi kamu pecinta makanan pedas atau sedang ngidam makanan pedas.

Kamu dapat mengkonsumsi minuman yang satu ini setelah mengkonsumsi makanan pedas. Yogurt yang dikonsumsi oleh ibu hamil dapat mengurangi efek makanan pedas dan menghindari keasaman serta mulas.

5. Melawan Kulit Kering dan Pigmentasi

Perubahan dan ketidakseimbangan hormon selama masa kehamilan dapat menyebabkan kulit kering dan warna kulit tidak merata. Bagi kamu yang sedang mengalami hal ini, kamu dapat mencoba mengatasinya dengan mengkonsumsi minuman yogurt.

Yogurt kaya akan vitamin E dan dipercaya mampu menjaga kesehatan kulit dan mencegah pigmentasi pada kulit.

6. Menjaga Berat Badan Hamil yang Sehat

Pertambahan berat badan pada ibu hamil umumnya sebanyak 11-16 kg. Nah, salah satu cara yang dapat kamu lakukan untuk memperoleh berat badan ideal ini adalah dengan rutin mengkonsumsi makanan bergizi, termasuk yogurt.

Selain itu, kandungan protein pada minuman yogurt juga baik untuk membuat ibu hamil merasa kenyang lebih lama. Sehingga ibu hamil bisa lebih mudah mengontrol nafsu makan. Ini menjadikan yogurt baik dikonsumsi untuk menghindari obesitas saat hamil.

7. Menjaga Kesehatan Sistem Pencernaan

Kandungan probiotik yang terkandung dalam yogurt berfungsi membantu mengatur sistem pencernaan dan mengurangi gas, diare, sembelit, dan kembung. Oleh karena itu, mengonsumsi yogurt dapat membantu masalah terkait pencernaan selama masa kehamilan.

Tips Mengkonsumsi Yogurt untuk Ibu Hamil

Meskipun yogurt terbilang aman untuk dikonsumsi ketika hamil, tetap ada beberapa hal penting yang perlu untuk kamu perhatikan. Seperti :

1. Pastikan yogurt yang dikonsumsi terbuat dari susu yang telah matang dan disteril dengan baik (susu pasteurisasi).

2. Konsumsi yogurt rendah lemak (low fat) dan tidak mengandung penambah rasa (plain).

3. Hindari yogurt dengan tekstur yang lebih kental di bandingkan yogurt pada umumnya.

4. Hindari mengonsumsi yogurt yang mengandung pemanis buatan.

5. Konsumsi yogurt bersama dengan makanan sehat lain, seperti biji-bijian, potongan buah, atau kacang.

6. Konsumsi yogurt dengan jumlah yang tepat, yaitu tidak lebih dari tiga cangkir atau tiga kemasan per hari.

Mengkonsumsi yogurt saja tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari kamu saat hamil. Untuk itu, kamu juga perlu mengonsumsi makanan sehat lain seperti susu hamil dan vitamin asam folat. Itulah beberapa manfaat yogurt untuk ibu hamil serta tips mengkonsumsinya, semoga membantu.

Tag : #Yogurt    #manfaat yogurt untuk ibu hamil    #kesehatan    #tips mengkonsumsi yogurt untuk ibu hamil   

Baca Juga