Ilustrasi pasangan yang sedang berdebat

Merasa Lelah Dengan Pasangan, Berikut Ciri-Ciri Seseorang Berada Dalam Hubungan yang Menguras Emosi

Dimas | Kesehatan | 15-03-2022

PARBOABOA, Jakarta – Setiap pasangan sudah seharusnya saling melengkapi, selalu ada, dan mendukung di kala senang  atau pun susah. Hubungan yang seimbang pastinya sangat didambakan setiap orang yang memiliki pasangan.

Memiliki pasangan tentu mempunyai tujuan kebahagiaan. Namun, banyak juga orang yang mengeluhkan tentang hubungan mereka yang cukup rumit.

Alih-alih merasa bahagia, beberapa orang beranggapan bahwa hubungan yang sedang dijalani saat ini begitu melelahkan dan sangat menguras emosi.

Biasanya, hal itu dirasakan oleh salah satu pasangan yang selalu mengalah dan berkorban demi menjaga hubungannya.

Berikut adalah ciri-ciri hubungan yang akan menguras emosi dan membuat hubungan terasa melelahkan:

1. Tidak menjadi diri sendiri

Beberapa ahli mengatakan, kekhawatiran untuk melakukan kesalahan yang akan membuat pasangan marah merupakan suatu pertanda buruk bagi suatu hubungan.

Kekhawatiran atau ketakutan, sangat mempengaruhi seseorang untuk mengatakan atau melakukan sesuatu di dalam sebuah hubungan. Hal tersebut membuat seseorang tidak menjadi dirinya sendiri untuk menjaga agar hubungannya tetap baik.

Tidak menjadi diri sendiri tentu sangat melelahkan dan menguras emosi.

2. Kelelahan secara fisik dan emosional saat bertemu

Dalam menjalani suatu hubungan tentunya bertemu menjadi hal sangat diinginkan karena perasaan rindu dengan pasangan.

Namun beberapa orang merasa lelah saat bertemu pasangan. Dikarenakan, saat bertemu diisi dengan saling berdebat dan mengeluhkan banyak hal ke pasangan.

3. Selalu berfikir memutuskan hubungan

Jika seseorang sering berfikir untuk mengakhiri hubungannya, ini adalah suatu pertanda bahwa seseorang sedang jenuh dan merasa lelah dengan hubungannya.

Seorang Penulis di Elite Daily Anjali Saren Nowakowski, menganggap apabila seseorang memiliki obsesi untuk berpisah dengan pasangannya, kemungkinan ia memiliki pasangan yang tidak sehat bagi kesehatan mental.

4. Merasa hubungan mengganggu kehidupan sehari-hari

Seorang Konseler Kesehatan Mental Carolyn McNulty menjelaskan, jika suatu hubungan memengaruhi kesehatan emosional dan berdampak pada pekerjaan, kesehatan, atau kehidupan yang lain, maka itu menjadi pertanda bahwa seseorang berada dalam hubungan yang negatif. Hal tersebut akan menyulitkan hidup.

Ketika hal itu dirasakan, seseorang harus serius memikirkan apakah hubungannya baik untuk dilanjutkan atau disudahi. Demi menjaga kesehatan mental.

5. Lebih suka sendiri dari pada bersama pasangan

Apabila seseorang sangat menantikan momen ketika berpisah dengan pasangan atau justru merayakan kesendirian saat pasangan pergi keluar kota, hubungan yang sedang dijalani perlu di pertanyakan. Hal tersebut di ungkapkan oleh Adina Mahali, seorang Konsultan Kesehatan Mental.

Adina juga mengatakan, hal tersebut bisa terjadi akibat seseorang merasa bahwa pasangannya sangat menguras emosi. Hal itu juga salah satu ciri bahwa hubungan yang sedang dijalani terasa sangat melelahkan dan menghabiskan energi.

Itulah beberapa ciri-ciri hubungan yang menguras emosi dan tentunya hubungan yang demikian akan beradampak buruk pada kesehatan mental.

Tag : #hubungan    #pasangan    #kesehatan    #emosional    #bahagia    #kesehatan mental    #fisik    #cinta   

Baca Juga