Microsoft Designer Resmi Meluncur, Jadi Pesaing Canva?

Wanovy | Teknologi | 14-10-2022

Microsoft Designer

PARBOABOA - Di dalam Surface Event 2022, Microsoft mengumumkan pembaruan perangkat Surface dan informasi aplikasi seru. Ada Microsoft Designer yang bertenaga AI dan integrasi aplikasi Apple di Windows.

Surface Event kali ini berlangsung pada tanggal 12 Oktober 2022 pukul 21:00 WIB. Panos Panay, Chief Product Officer Microsoft, membuka acara ini dengan merayakan 10 tahun perangkat Surface.

Pembaruan lini Surface sendiri tidak terlalu mencolok. Sebagian besar merupakan peningkatan spesifikasi dan pembaruan detil teknologi di dalam perangkat bersangkutan.

Di sisi lain, Microsoft juga mengumumkan kehadiran aplikasi Designer yang berbasis AI, juga kehadiran Apple Music, TV+, dan integrasi iCloud langsung di File Explorer Windows.

Kehadiran aplikasi ini sebelumnya sudah sempat dibocorkan oleh leaker Walking Cat. Dari bocorannya waktu itu, aplikasi Microsoft Designer terlihat mirip seperti Canva.

Menurut Microsoft, Designer bukan sekadar aplikasi desain grafis karena aplikasi ini didukung oleh kecerdasan buatan (AI) dan OpenAI DALL-E 2 yang memungkinkan pengguna membuat desain khusus menggunakan teks atau gambar.

Berkat dukungan tersebut, Designer juga bisa digunakan di PowerPoint Designer untuk membantu pengguna membuat desain presentasi yang menarik.

Aplikasi yang di gadang-gadang akan menyaingi Canva ini sudah tersedia untuk dijajal secara gratis namun hanya dalam tampilan pratinjau web.

Ke depannya, aplikasi Designer akan tersedia secara gratis maupun berbayar, di mana pengguna berbayar akan mendapatkan fitur yang lebih lengkap.

Selain Designer, Microsoft juga menghadirkan Create, dan Image Creator. Create adalah situs untuk mengakomodasi pengguna Designer serta pengguna umum lainnya agar bisa membuat berbagai jenis konten seperti dokumen, video, materi presentasi dan lainnya.

Situs Create mirip dengan Canva versi web yang memungkinkan pengguna membuat beragam dokumen seperti CV.

Tak ketinggalan, Microsoft Create juga dilengkapi dengan beragam template dokumen untuk mempermudah pengguna membuat dokumen yang menarik.

Kemudian, Image Creator adalah alat desain yang dibangun di atas mesin pencarian Bing. Microsoft turut menyematkan dukungan AI untuk alat ini seperti AI pada aplikasi Designer.

Sederhananya, pengguna bisa membuat gambar dengan Image Creator di Bing. Caranya yaitu dengan memasukan deskripsi atau kata kunci dari gambar yang ingin dibuat melalui kolom yang tersedia, lalu klik "create"

Contohnya ketika pengguna memasukkan kata kunci shiba inu, astronot, dan seni digital.

Setelah dilakukan pencarian, Image Creator akan membuat gambar yang dimaksud dan Bing akan menampilkannya aneka hasil gambarnya.

Tag : #microsoft    #designer    #teknologi    #apps    #desain grafis    #canva   

Baca Juga