Windows 11, foto: Gadget Game News

Microsoft Resmi Rilis Big Update Windows 11

Wanovy | Teknologi | 22-09-2022

PARBOABOA - Microsoft akhirnya merilis upgrade besar pertama untuk sistem operasi Windows 11. Seperti biasa, upgrade ini menjanjikan penguatan fitur keamanan, produktivitas, aksesibilitas, dan fitur game.

Seperti diketahui, Windows 11 yang diluncurkan dengan kode Sun Valley ini merupakan rilis utama dari sistem operasi Windows NT yang dikembangkan oleh Microsoft.

Penerus Windows 10 ini diumumkan pada 24 Juni 2021, dan diluncurkan secara resmi pada 5 Oktober 2021.

Microsoft mengeklaim Windows 11 2022 update akan membuat pengoperasioan PC lebih mulus, sehingga mendorong pengguna untuk lebih produktif.

Windows 11 2022 akan digulirkan ke lebih dari 190 negara. Berikut beberapa pembaruan yang dibawa Windows 11 2022, dirangkum dari blog resmi Microsoft.

Pembaruan sistem operasi Windows 11 diklaim bakal lebih cepat dan lebih mulus saat melakukan pencarian di menu Start, pencarian Quick Settings (Pengaturan Cepat) mengalami peningkatan, dan pengguna bakal mendapatkan informasi terkini dari daerah setempat melalui papan Widgets perangkat.

Adapun kebaruan lain yang bakal dihadirkan adalah tabs pada File Explorer. Namun fitur ini baru akan digulirkan pada bulan Oktober mendatang.

Selain dapat melakukan pencarian yang lebih cepat, update Windows 11 juga meningkatkan fitur Snap Layouts, yakni fitur yang memungkinkan pengguna untuk mengatur posisi pada deretan aplikasi yang sedang dibuka, sehingga tampilan layar pengguna bisa lebih rapi dan fleksibel.

Nah, update dari fitur Snap Layouts kali ini memiliki tampilan dan navigasi sentuh (touch navigation) yang lebih mulus dan mengalami peningkatan dari sebelumnya. Dikarenakan pengguna dapat mengambil beberapa tab browser di Microsoft Edge.

Selain Snap Layout, fitur lainnya juga hadir untuk meminimalisasikan distraksi pengguna saat bekerja.

Misalnya, mode Focus dan Do Not Disturb. Jadi, ketika pengguna mengaktifkan mode Focus, sistem akan secara otomatis membisukan dan mematikan notifikasi pesan yang masuk. Sehingga membuat pengguna bisa bekerja dan istirahat lebih maksimal, tanpa ada gangguan.

Fitur text-to-speech (menulis teks melalui rekaman suara) juga mengalami peningkatan. Sebelumnya, saat fitur tersebut dinyalakan, teks akan langsung muncul di atas layar atau di bawah kamera secara default.

Microsoft juga menjelaskan bahwa Windows 11 hadir dibekali fitur “Smart Control App” sehingga membuat pengguna bisa merasa lebih aman saat mengunduh aplikasi di Windows Store.

Sebab, fitur tersebut akan memblokir aplikasi yang dinilai berbahaya atau berpotensi menyerang sistem komputer/perangkat pengguna.

Lalu, ada Microsoft Defender SmartScreen yang dapat mengidentifikasi dan mengirim notifikasi ketika pengguna memasukan kata sandi ke aplikasi atau situs yang dinilai berbahaya.

Kebaruan perlindungan ini telah terintegrasi dan dilindungi oleh Hypervisor (HVCI) dan aplikasi bawaan Microsoft (khusus Windows 11 baru) untuk memblokir aplikasi-aplikasi yang rentan. Dan masih banyak fitur baru lainnya.

Ingin melakukan update baru Windows 11? Berikut tahapannya:

  • Pertama, Anda bisa membuka pengaturan di laptop atau desktop, lalu pilih pembaruan Windows dari menu di sisi kiri layar.
  • Di sini, Anda dapat melihat opsi di bagian atas layar yang bertuliskan, seperti, 2022-09 Cumulative Update for Windows 11. Sesudahnya klik install.
  • Setelah proses selesai, Anda akan diminta untuk me-restart perangkat atau menjadwalkan. Jika sudah siap, klik install sekarang.
  • Setelah reboot, Anda dapat memverifikasi telah menyelesaikan proses dengan mengklik Check for Updates.

Jika tahapan ini berjalan dengan benar, dalam perangkat akan muncul keterangan jika Windows 11 sudah up to date.

Tag : #windows11    #microsoft    #teknologi    #os    #update windows   

Baca Juga