Model jendela ruang tamu, foto: Popbela.com

10 Inspirasi Model Jendela Ruang Tamu, Unik dan Kekinian

Wanovy | Rumah | 27-09-2022

PARBOABOA - Bingung memilih model jendela ruang tamu tampak depan yang tepat agar rumah tampak lebih berkarakter? Berikut ini beberapa inspirasi yang bisa Anda contek!

Seperti halnya pintu utama, jendela depan yang mengarah langsung ke ruang tamu memegang peran penting dalam membentuk karakter fasad rumah.

Ada banyak jenis jendela yang umum digunakan pada hunian, seperti jendela swing, geser, sudut, jungkit, hingga jendela sayap.

Selain berdasarkan modelnya, jendela rumah juga dibedakan berdasarkan material. Contohnya seperti jendela kayu, aluminium, atau jendela PVC.

Pemilihan jenis jendela harus disesuaikan dengan konsep utama rumah supaya menghasilkan tampilan yang serasi.

Agar fasad rumahmu lebih berkarakter, jadikan beberapa model jendela ruang tamu tampak depan berikut ini sebagai inspirasi!

1. Jendela Lengkung Mewah dan Elegan

Model jendela ruang tamu yang pertama adalah desain jendela french window dengan model lengkung di bagian atasnya.

Jendela berukuran besar dan tinggi memberikan nuansa megah dan mewah pada ruangan Anda. Jendela aluminium hitam memberikan tampilan yang kuat dan kokoh.

Jendela lengkung sering dipakai untuk rumah klasik modern maupun rumah minimalis yang ingin tampak sedikit nuansa klasik.

2. Jendela Curtain Wall

Jika ruang tamu Anda mempunyai plafon yang tinggi, Anda bisa memakai jendela curtain wall. Model jendela curtain wall memang digunakan untuk jendela tinggi-tinggi.

Meski kerap ditemui untuk gedung-gedung tinggi curtain wall juga sering dipakai untuk jendela rumah mewah.

Rumah yang berukuran besar dan tinggi tentu butuh mode jendela yang tinggi juga agar telihat mewah dan megah.

3. Jendela Kotak Minimalis Warna Hitam

Model jendela ruang tamu dengan variasi kotak warna hitam seperti diatas merupakan jendela yang saat ini sedang tren.

Memang sering kita temui jendela warna putih, tetapi saat ini banyak arsitek dan pemilik rumah ingin tampil beda dengan memakai warna jendela yang berbeda.

Jendela aluminium hitam memang mempunyai kelebihan warnanya lebih awet dan tahan lama.

4. Desain Jendela Excalibur

Inspirasi model jendela ruang tamu yang berikutnya yang bisa Anda terapkan yaitu model jendela bergaya barat yang bisa menjadi pilihan menarik untuk ruang tamu Anda.

Menggunakan jendela berbahan kayu yang bisa dibuka dengan menaik-turunka kacanya. Selain itu diberi gordyn dengan warna yang hangat. Peletakkan jendela juga agak lebih tinggi.

5. Jendela Full Kaca

Konsep rumah Anda lebih modern dan ruang tamu ingin lebih transparant? Anda bisa mencoba menggunakan kaca yang besar pada sisi dinding di ruang tamu Anda.

Gunakan kaca yang hitam saja supaya terlihat menawan dari luar. Menggunakan kaca yang besar tentu sifatnya selera masing-masing.

6. Jendela Model French Window

Sama seperti yang pertama, ide model jendela ruang tamu yang berikutnya adalah jendela model french window.

Jendela french window mempunyai ciri khas yaitu ada motif garis kotak-kotak pada area kaca.

Jika Anda suka dengan konsep desain rumah vintage, Anda bisa memakai jendela model ini.

Model jendela ini kerap dipakai untuk rumah klasik mewah lho. Jadi model ini juga pasti serasi dengan rumah vintage Anda.

7. Picture Window

Sama tapi tak serupa, jendela jenis ini memiliki ukuran yang lebih luas dari stationary window dan tak bisa dibuka ataupun ditutup.

Pemasangan jendela jenis ini akan membuat rumah terlihat luas dan indah apalagi kalau ada pemandangan menarik di luar.

Namun, jendela ini lebih cocok untuk dipasang di lantai 2, sehingga kegiatan yang kita lakukan tidak dilihat oleh orang-orang di luar rumah.

Keuntungan yang Anda dapatkan dari jendela desain ini adalah penerangan dari cahaya alami yaitu matahari.

8. Double-Hung Window

Double-hung window adalah desain jendela yang bisa dibuka secara vertikal. Anda bisa membuka bagian bawah atau bagian atasnya dengan mudah.

Jendela ini cocok untuk Anda yang ingin memiliki ventilasi udara yang baik dan suka nuansa tradisional. Bagi beberapa orang, desain jendela ini dikatakan unik dan cocok untuk ruangan kecil.

9. Jendela Sayap Bergaya Eropa

Ingin memperkuat kesan minimalis pada rumah? Anda bisa menerapkan jendela sayap ala rumah-rumah Eropa seperti ini.

Tak hanya untuk gaya minimalis saja, jendela ini tentunya akan tampil sangat berkarakter jika rumahmu mengusung konsep Eropa klasik maupun modern.

10. Jendela Sederhana Minimalis Warna Putih

Dan untuk Anda yang suka rumah minimalis Anda bisa mencoba memakai model jendela minimalis seperti diatas.

Model jendela ruang tamu yang sederhana dan dengan konsep warna putih membuat tampilan lebih elegan dan tidak terlalu mencolok.

Desain interior yang sederhana tetapi terlihat rapi dan apik membuat penghuni dan juga tamu nyaman berada di dalam ruangan.

Nah, itulah tadi beberapa inspirasi model jendela ruang tamu yang bisa Anda jadikan referensi. Jangan lupa selalu pantau model rumah masa kini di Parboaboa.com!

Tag : #jendela rumah    #rumah minimalis    #rumah    #model rumah    #desain rumah    #ruang tamu   

Baca Juga