iPhone 5s, foto: machtai.com

Mulai Oktober, iPhone Ini Tidak Bisa Lagi Pakai WhatsApp

Wanovy | Teknologi | 25-05-2022

PARBOABOA - Sebuah situs pembocor yang kerap membeberkan fitur-fitur WhatsApp yang belum dirilis secara resmi, WABetaInfo memiliki informasi baru bagi pemilik iPhone. 

Mulai 24 Oktober 2022, WhatsApp tak lagi akan menyediakan dukungan pada perangkat iPhone yang menjalankan sistem operasi iOS 10 dan iOS 11.

Berdasarkan gambar yang tercantum di situs WABetaInfo, pengguna yang menjalankan iPhone berbasis iOS 10 dan iOS 11 akan diminta untuk melakukan upgrade software atau memperbarui piranti lunak ke iOS 12, selambat-lambatnya hingga 24 Oktober 2022. 

Informasi ini sesuai dengan keterangan yang tercantum di laman resmi WhatsApp. 

"Kami mendukung iOS 12 atau yang lebih baru, tetapi kami sarankan untuk menggunakan versi terbaru yang tersedia," tulis WhatsApp. 

Apabila hal tersebut tidak dilakukan, maka pengguna tak lagi bisa menggunakan layanan perpesanan dan panggilan yang disediakan WhatsApp.

Artinya, WhatsApp tak lagi berfungsi bagi pengguna yang masih menggunakan iPhone dengan sistem operasi iOS 10 dan iOS 11.

Saat ini hanya terdapat segelintir ponsel saja yang masih mengandalkan kedua versi iOS itu. Sederet perangkat tersebut adalah iPhone 5, iPhone 5S, iPhone 5C, iPhone 6, dan iPhone 6S.

Apple tak lagi menyediakan perbaruan software iOS 12 untuk iPhone 5 dan iPhone 5C. Sehingga, pengguna yang masih menggunakan perangkat tersebut, hanya bisa menggunakan WhatsApp sebelum tanggal 24 Oktober 2022. 

Sementara itu, pengguna iPhone 5S, iPhone 6 dan iPhone 6S yang kini masih menjalankan iOS 10 atau iOS 11, masih bisa melakukan upgrade software ke iOS 12 atau versi lebih baru jika mendukung.  Upgrade iOS bisa dilakukan melalui menu setting/pengaturan.

Pengguna iPhone dapat terlebih dahulu mengecek versi sistem operasi yang digunakan dengan mengakses menu setting/pengaturan > about phone/tentang ponsel. 

Informasi versi sistem operasi biasanya ada di bagian bawah. Apabila ponsel masih menjalankan sistem operasi lama, tidak ada salahnya segera memperbarui ke versi terbaru, jika masih mendukung.

Pengguna hanya perlu menekan opsi "Pembaruan Perangkat Lunak/Upgrade Software" > "Unduh dan Instal/Download and Install". 

Memperbarui syarat minimum perangkat merupakan salah satu hal yang terbilang lumrah untuk dilakukan mengingat WhatsApp rutin menggelontorkan fitur-fitur terbaru pada platformnya.

Tag : #iphone    #apple    #gadget    #teknologi    #iphone 5s    #whatsapp   

Baca Juga