10 Oleh-oleh Khas Jepara Terpopuler dan Paling Recommended

Wanovy | Travel | 17-10-2022

Oleh-oleh khas Jepara, foto: waswas.com

PARBOABOA, Jepara - Jepara atau Bumi Kartini sering dijuluki sebagai sentra pengrajin kayu ukir. Makanya, kota ini banyak dikunjungi wisatawan, terutama bagi mereka yang ingin membeli beragam kerajinan kayu ukir.

Menjadi salah satu destinasi wisata, Jepara menawarkan beragam oleh-oleh khas daerah nya yang bisa dengan mudah ditemukan.

Jika Anda berencana untuk berkunjung ke sana, berikut 10 rekomendasi oleh-oleh khas Jepara sebagaimana dirangkum dari berbagai sumber.

1. Tenun Troso

Oleh-oleh khas Jepara pertama yang bisa Anda pertimbangkan adalah kain tenun khas Jepara, yakni Tenun Troso. Saat Anda berkunjung ke Jepara, maka jangan lupa mampir ke satu daerah bernama Troso.

Di Desa Troso, yang berada di Kecamatan Pecangaan, Anda akan bertemu dengan banyak pengrajin kain tenun yang disebut tenun Troso ini.

Cara membuatnya unik, yakni menggunakan teknik tenun gedok yang kemudian berkembang menjadi teknik spesial yang disebut dengan "ngetengplangkan".

Ciri khasnya yang begitu kental, cara membuatnya yang sulit, namun indah ketika dilihat menjadikan kain tenun ini memiliki citarasa seni yang tinggi.

Di Desa Troso, Anda bisa mendapatkan sejumlah jenis kain tenun ini dengan harga mulai dari Rp 135.000 sampai Rp 500.000, untuk kain tenun berbahan katun. Ada juga yang berbahan sutra. Harganya cukup tinggi, mulai dari Rp 500.000 sampai Rp 3.000.000 an.

2. Kacang Listrik

Terkejut mendengarnya bukan? Kacang listrik tentu menjadi salah satu oleh-oleh khas Jepara unik yang bisa Anda dapatkan di Jepara. Sebenarnya, kacang listrik ini adalah kacang yang dibuat dengan oven, alias dipanggang di oven.

Ada yang bilang, awalnya penjual pertama kacang listrik ini berjualan di dekat tiang listrik. Itu mengapa namanya menjadi kacang listrik.

Ada juga yang bilang karena kacang itu dipanggang di oven yang menggunakan listrik. Apapun sebabnya, yang terpenting rasanya enak, dan bisa buat Anda ingin makan lagi dan lagi.

Harganya cukup terjangkau lagi, Anda bisa membelinya di Pusat Oleh-oleh Khas Kacang Jepara, di Jalan Raya Jepara - Kudus KM 2.5 Jepara.

3. Carang Madu

Salah satu oleh-oleh khas Jepara yang wajib dibeli adalah carang madu. Carang madu adalah camilan yang terbuat dari adonan tepung beras yang digoreng. Bentuknya mirip kerupuk. Rasanya juga renyah dan nikmat saat digigit.

Carang madu ini diberi topping gula merah sehingga rasanya manis dan membuat ketagihan. Carang madu bisa ditemukan di aneka toko oleh-oleh di seluruh Jepara.

4. Kerupuk Echo

Kerupuk Echo adalah produk UMK lokal berupa kerupuk berbahan dasar ikan tenggiri dan juga udang. Rasanya sangat renyah dan juga gurih.

Saat ini, kerupuk ini sudah berkembang dengan adanya berbagai varian rasa. Selain original, Kerupuk Echo ada juga dalam varian rasa pedas dan lainnya.

5. Kebaya Kartini

Salah satu sosok paling terkenal dan melegenda di Jepara adalah R.A. Kartini. Pahlawan wanita Indonesia ini terkenal dengan sosoknya yang memakai kebaya.

Maka tak heran jika salah satu souvenir khas Jepara adalah kebaya dengan model seperti yang dikenakan R.A. Kartini. Kebaya jenis ini bisa dibeli di berbagai toko pakaian dan pasar di Jepara.

6. Kerajinan Monel Kalinyamatan

Selain itu, terdapat pula barang lain yang bisa untuk anda jadikan buah tangan saat sedang berada di Jepara, salah satunya adalah kerajinan yang terbuat dari bahan monel.

Disini aneka monel tersebut akan dibuat menjadi berbagai macam perhiasan seperti anting, gelang, cincin, kalung dan sebagainya. Untuk harga yang ditawarkan pun cukup terjangkau yakni mulai dari 12 ribu rupiah saja.

Namun, terdapat pula perhiasan yang memiliki harga sedikit mahal atau hinggga mencapai ratusan ribu.

Hal ini dikarenakan bahan monel tersebut dicampurkan dengan berlian sintetis atau kristal svarovski yang tentu saja akan menambha nilai jual dari oleh-oleh khas Jepara satu ini.

Bagi anda yang tertarik, maka anda pun bisa mengunjungi daerah Kriyan untuk menemukan banyak toko yang menjual jenis perhiasan tersebut.

7. Kerupuk Bawang

Oleh-oleh khas Jepara lain yang bisa untuk anda bawa pulang ketika sedang mengunjungi Jepara adalah kerupuk bawang.

Kerupuk satu ini merupakan camilan khas yang cocok untuk anda jadikan buah tangan ketika anda sedang mengunjungi kota Jepara. Pasalnya kerupuk satu ini memang terkenal memiliki rasa yang unik dan berbeda dari keripik bawang yang ada di kota lain.

Dibuat dengan bahan-bahan dengan kualitas yang tinggi, juga akan membuat keripik satu ini menjadi incaran bagi wisatawan yang sedang berkunjung ke Jepara.

Untuk anda yang tertarik menjadikannya sebagai oleh-oleh, maka anda pun bisa dengan mudah untuk membelinya di Shopping Centre Jepara. Dimana anda nantinya akan menemukan berbagai macam kerupuk bawang dengan harga yang bervariasi sesuai dengan keinginan anda.

8. Kerupuk Tenggiri

Selain dikenal akan destinasi wisata yang sangat menarik, Kabupaten Jepara juga dikenal sebagai salah satu daerah penghasil ikan laut terbesar di Indonesia. Sebab, lokasi Kabupaten Jepara yang terletak di dekat Laut Jawa.

Nah, banyak industri rumahan (home industry) kemudian mencoba membuat oleh-oleh yang terbuat dari ikan laut. Salah satunya adalah kerupuk tenggiri.

Kerupuk tenggiri ini terbuat dari daging ikan tenggiri segar yang kemudian diolah dengan beberapa bumbu-bumbu rahasia.

Rasa dari kerupuk tenggiri ini sangat gurih dan nikmat. Harga 1 bungkus kerupuk tenggiri ini pun masih terbilang sangat terjangkau.

Harga kerupuk tenggiri ini ditaksir sekitar Rp 30.000 hingga Rp 35.000 per bungkusnya.

9. Rondho Royal

Apabila Anda ingin membeli oleh-oleh khas Jepara yang anti mainstream, maka Anda dapat membeli rondho royal.

Ya, gorengan yang satu ini menjadi pilihan buah tangan untuk Anda bagikan kepada orang terdekat.

Rondho Royal ini terbuat dari bahan singkong yang telah difermentasi dan kemudian diberi isian coklat ataupun keju.

Harga dari kue rondho royal ini pun juga tidak terlalu mahal. Untuk satu biji kue rondho royal ini hanya dibandrol sekitar Rp 2.000 hingga Rp 5.000 (tergantung jenis isian yang dipilih). Dengan harga yang murah Anda bisa membeli banyak untuk oleh-oleh keluarga di rumah.

10. Ikan Asin Khas Karimunjawa

Jepara adalah daerah pesisir yang otomatis berdekatan dengan laut. Tentu saja mayoritas penduduk di sekitarnya berprofesi sebagai nelayan.

Produk yang dihasilkan salah satunya alah ikan asin. Ada banyak sekali ikan yang diasinkan. Ada beraneka macam ikan yang berasal dari laut diolah sendiri oleh nelayan untuk kemudian diasinkan dan dijual kepada wisatawan.

Itulah tadi beberapa oleh-oleh khas Jepara yang paling recommended dibeli jika berkunjung ke daerah ini. Selamat berlibur!

Tag : #wisata jepara    #jepara    #travel    #hotel    #tempat wisata    #kuliner jepara    #jawa tengah   

Baca Juga