Oleh-oleh khas Surabaya, foto: Sayurbox Blog

10 Rekomendasi Oleh-oleh Khas Surabaya yang Paling Populer

Wanovy | Travel | 14-05-2022

PARBOABOA, Surabaya - Surabaya memang kurang unggul dalam destinasi wisata alam, tak seperti Bandung, Yogyakarta, Batu, Malang, dan kota-kota wisata lainnya.

Meski demikian, Surabaya masih punya banyak potensi wisata, mulai dari wisata sejarah hingga kelezatan kulinernya yang bakal membuatmu betah tinggal.

Gak cuma enak dinikmati di tempat, kuliner Surabaya juga layak banget dijadikan oleh-oleh untuk kerabat dan saudara.

Nah, Parboaboa akan kasih tahu kamu rekomendasi oleh-oleh khas Surabaya yang terkenal kenikmatannya dan dijamin bikin ketagihan. Simak selengkapnya!

1. Almond Crispy

Surabaya memang kurang unggul dalam destinasi wisata alam, tak seperti Bandung, Yogyakarta, Batu, Malang, dan kota-kota wisata lainnya.

Meski demikian, Surabaya masih punya banyak potensi wisata, mulai dari wisata sejarah hingga kelezatan kulinernya yang bakal membuatmu betah tinggal.

Gak cuma enak dinikmati di tempat, kuliner Surabaya juga layak banget dijadikan oleh-oleh khas Surabaya untuk kerabat dan saudara.

2. Spikoe Resep Kuno

Oleh-oleh khas Surabaya berupa penganan berikutnya adalah Spikoe Resep Kuno. Spikoe merupakan jenis kue lapis yang memiliki citarasa lezat dan khas karena menggunakan resep kuno untuk mempertahankan rasanya.

Kue ini terdiri dari tiga lapis yaitu kuning-cokelat-kuning. Spikoe Resep Kuno memiliki tekstur yang sangat lembut layaknya spons.

Makanan khas Surabaya ini merupakan pengembangan dari bisnis Keluarga Santoso pada 1976, khususnya buatan Nyonya Santoso.

Sempat ditutup pada 1982, usaha Spikoe Resep kuno dibuka lagi oleh penerus keluarga Santoso pada 2002 dengan masih mempertahankan resep pendahulunya.

3. Kue Lapis Surabaya

Jangan berpikir kue lapis ini sama dengan yang ada di daerah lain. Pasalnya, kue lapis ini memiliki kekhasan tersendiri dari Surabaya.

Bolu lapis Surabaya dikenal mempunyai tekstur yang lebih empuk dan halus, sedangkan saat disentuh akan terasa lebih basah atau lembap. Kue ini awalnya termasuk makanan tradisonal.

Namun, oleh-oleh khas Surabaya ini bisa dikatakan sebagai penganan premium karena citarasa, bahan, dan cara pembuatannya yang khas.

Telur adalah komposisi utama dalam pembuatan kue ini. Saat ini, kue lapis sering dimodifikasi agar terlihat kekinian, tak terkecuali Kue Lapis Surabaya.

4. Kue Mete

Kue yang terbuat dari tepung, mentega, garam, telur, gula, minyak nabati, dan bahan utamanya mente atau mete ini dicetak bentuk bulat dan pipih. kue ini punya rasa yang enak dan lembut apabila masuk ke dalam mulut.

Di bawah kue ini terlihat gosong, namun tidak memiliki rasa pahit. Kenikmatannya makin terasa saat menggigit bagian tengah kue ini yang berisi mete.

Kalau mau membelinya, ada satu merek yang cukup terkenal yakni Wisata Rasa. Silakan tanya Arek-arek Suroboyo di mana kamu bisa mendapatkan itu.

5. Kerupuk ikan

Kenjeran Kawasan Pantai Kenjeran terkenal akan hasil lautnya. Kawasan tersebut juga ada Sentra Ikan Bulak (SIB) yang menjual berbagai macam olahan hasil laut, di antaranya ikan segar, ikan asap, ikan asin, dan kerupuk.

Kerupuk Ikan Kenjeran memiliki aroma yang khas dan teksturnya yang renyah. Kerupuk ini dijual baik dalam kemasan siap santap maupun mentah.

Selain kerupuk ikan, di Sentra Ikan Bulak (SIB) wisatawan juga bisa membeli olahan kerupuk cumi, kerupuk udang, dan kerupuk rumput laut.

6. Siropen Telasih

Oleh-oleh khas Surabaya selanjutnya adalah Siropen Telasih. Minuman segar ini sudah ada sejak tahun 1923.

Siropen Telasih tidak menggunakan pemanis buatan dan memiliki rasa yang menyegarkan. Rasa yang ditawarkan juga beragam, antara lain mawar, cocopandan, frambosen, vanila, dan jeruk.

Minuman ini memiliki lebih dari 50 varian dan tiga jenis sirup yaitu, sirup biasa, premium, dan gourmet.

7. Surabaya Patata

Kue kekinian yang juga wajib Anda coba adalah Surabaya Patata milik artis kakak beradik Oki Setiana Dewi dan Ria Ricis.

Terbuat dari bahan utama kentang kue patata ini memiliki tekstur yang lembut dan tidak membuat eneg saat dimakan.

Ukuran kue yang cukup besar dengan berbagai pilihan toping serta isian lezat membuat Surabaya Patata digemari banyak orang.

Anda bisa memilih rasa keju, cokelat oreo, green tea, tiramisu, nutela, dan banana peanut sesuai selera yang Anda inginkan.

8. Bunarendang

Tertarik membeli oleh-oleh khas Surabaya yang mengenyangkan? Wisatawan bisa mencoba Burger Nasi Rendang atau bunarendang.

Sesuai namanya, Bunarendang tidak menggunakan dua roti dan daging serta sayuran di antaranya, melainkan dua nasi yang menyerupai roti burger dan daging rendang.

Bunarendang ini merupakan hasil kreasi dari beberapa mahasiswa Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

9. Guna-guna Snack

Makanan yang satu ini bukan berarti hasil mantra ya, melainkan keripik berbahan dasar singkong dan kentang dengan berbagai varian rasa yang kekinian dan disukai anak muda dan wajib Anda bawa sebagai oleh-oleh Surabaya.

Ada beberapa varian rasa yang bisa Anda nikmati mulai dari rasa manis, balado, kentang pedas, spemprit keju, dan lain-lain. Harga snack satu ini dibandrol mulai dari 20.000 rupiah.

10. Siropen Telasih

Siropen Telasih merupakan merek sirup legendaris yang sudah ada di Surabaya sejak tahun 1923 hingga sekarang.

Hal yang membuat sirup ini istimewa adalah sejarah dan proses pembuatannya yang tidak menggunakan pemanis buatan sama sekali

Oleh-oleh khas Surabaya ini dulunya hanya bisa dinikmati oleh bangsawan namun sekarang bisa lebih mudah didapatkan dengan beberapa pilihan sirup.

Siropen Telasih Surabaya ini terbagi menjadi tiga jenis yakni sirup biasa, premium dan juga sirup gourmet yang khusus untuk restoran.

Pilihan rasa yang tersedia juga beragam dengan total sekitar 30 pilihan rasa mulai dari rasa mawar, hingga jeruk keprok.

Nah, itulah tadi beberapa rekomendasi oleh-oleh khas Surabaya yang bisa kamu bawa pulang kampung. Happy holiday!

Tag : #wisata surabaya    #surabaya    #tempat wisata    #oleh oleh surabaya    #travel    #kota pahlawan   

Baca Juga