Penting Menjaga Kesehatan Jantung Sejak Dini (herminahospitals)

Penting Menjaga Kesehatan Jantung Sejak Dini, Berikut Tipsnya!

Sari | Kesehatan | 09-08-2022

PARBOABOA, Pematang Siantar – Berdasarkan laporan Kemenkes RI, penyakit jantung menjadi penyebab kematian terbesar kedua di Indonesia, setelah penyakit stoke.

Sebagaimana kita ketahui bahwa jantung merupakan organ vital yang berperan penting untuk menunjang keberlangsungan hidup manusia. Agar jantung berfungsi secara optimal, ada beberapa langkah yang perlu Anda lakukan.

Lantas, bagaimana cara menjaga kesehatan jantung sejak dini? Berikut ulasannya di bawah ini.

Alasan Harus Menjaga Kesehatan Jantung

Melansir Hellosehat, jantung menjadi pusat sistem peredaran darah. Fungsi utamanya yakni memompa darah ke seluruh tubuh. Darah yang dipompa akan membawa oksigen dan nutrisi penting ke sel, organ, dan jaringan dalam tubuh Anda.

Jantung merupakan organ tubuh yang sangat vital. Artinya, ketika jantung seseorang bermasalah, maka kelangsungan hidupnya juga terancam. Itulah sebabnya, penting bagi kita untuk mencari tahu bagaimana cara menjaga kesehatan jantung.

Tips Menjaga Kesehatan Jantung

Berikut beberapa tips menjaga kesehatan jantung yang perlu Anda ketahui.

1. Menjaga Tekanan Darah

Tips menjaga kesehatan jantung yang pertama adalah menjaga tekanan darah. Apabila tekanan darah tinggi, dapat berpotensi memecahkan pembuluh darah yang mengakibatkan penyakit jantung atau stroke.

Rutin berolahraga, mengurangi asupan garam, dan konsumsi obat tekanan darah tinggi secara teratur dapat mengontrol tekanan darah Anda.

2. Mengendalikan Kadar Gula Darah

Jika kadar gula darah tinggi, dapat meningkatkan risiko terkena diabetes melitus. Salah satu kondisi yang dihubungkan dengan penyakit jantung. Kadar gula darah yang tinggi dan tidak terkontrol dapat menyebabkan kerusakan pembuluh darah, termasuk pembuluh darah yang ada di jantung.

Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengurangi risiko diabetes, misalnya jangan ragu untuk memeriksakan kadar gula darah Anda dan pastikan gula darah Anda terkontrol, serta mengonsumsi makanan rendah karbohiodrat.

3. Hindari Paparan Asap Rokok

Perokok pasif dan aktif sangat bahaya bagi penderita jantung. Risiko terkena serangan jantung pada perokok dua kali lipat lebih besar dibandingkan mereka yang tidak merokok. Hal tersebut karena zat beracun pada rokok yang dapat merusak pembuluh darah jantung.

4. Olahraga Secara Teratur

Seseorang yang berolahraga secara teratur akan mempertahankan berat badan ideal dan meningkatkan ketahanan organ jantung dan paru. Ketika dua ketahanan organ itu baik, tingkat kebugaran Anda juga pasti akan meningkat.

Dalam mencegah terjadinya penyakit jantung, sebaiknya Anda meluangkan waktu untuk melakukan olahraga ringan, misalnya aerobic, jalan cepat, jogging, berenang, dan bersepeda. Anda bisa melakukan olahraga tersebut dengan intensitas sedang, sebanyak 3 – 5 kali dalam seminggu dan menjaga durasi mulai dari 30 hingga 60 menit.

5. Mengonsumsi Lebih Banyak Serat

Makanan kaya akan serat terbukti mampu menurunkan kadar kolestrol jahat (LDL), yang dapat meningkatkan risiko penyakit jantung. Makanan berserat tinggi bisa Anda dapatkan dari buah-buahan, sayuran, gandum, kacang, dan sereal. Penuhi kebutuhan serat paling tidak 30 gram per hari.

6. Istirahat yang Cukup

Tips menjaga kesehatan jantung berikutnya adalah dengan istirahat yang cukup. Tidur secara teratur selama 7 – 8 jam setiap hari dapat membantu menjaga kesehatan jantung Anda. Selain itu, tidur yang cukup juga mencegah terjadinya tekanan darah tinggi, diabetes, dan obesitas.

Tunggu apalagi, lakukan langkah-langkah di atas demi menjaga kesehatan jantung Anda. 

Tag : #jantung    #kesehatan jantung    #kesehatan    #penyakit jantung    #makanan sehat    #tekanan darah tinggi   

Baca Juga