Pentingnya Self Care (Foto: Parboaboa/Lamsari)

Pentingnya Self Care untuk Kesehatan dan Psikologis

Sari | Kesehatan | 18-08-2022

PARBOABOA, Pematang Siantar – Banyak dari kita yang memiliki segudang aktivitas dan tanggung jawab dalam kehidupan, yang terkadang membuat kita sering kali lupa akan kebutuhan diri sendiri. Hasilnya, kita menjadi mudah stres dan lelah.

Dalam kondisi tertentu, stres berat akan mengganggu aktivitas sehari-hari bahkan kesehatan fisik. Salah satu cara mengelolah stres adalah dengan melakukan self care atau perawatan diri.

Lantas, apa itu self care? Seberapa penting perawatan diri untuk kesehatan fisik dan mental? Yuk, kita bahas di bawah ini, simak sampai selesai ya!

Pengertian Self Care

Psikolog Universitas Airlangga (Unair) Pramesti Pradna Paramita, menekankan tentang betapa pentingnya perawatan diri.

Pramesti menjelaskan tentang peduli diri sendiri dari sudut pandang World Health Organization (WHO), mendefenisikan self care adalah kemampuan seseorang, keluarga, atau komunitas untuk menjaga kesehatan, mempromosikan kesehatan, mencegah penyakit, dan menghadapi kondisi sakit.

Berikut beberapa faktor yang berkaitan dengan self care menurut WHO:

  • Kebersihan
  • Nutrisi
  • Gaya hidup
  • Faktor lingkungan
  • Faktor sosial-ekonomi
  • Self-medikasi, yang meliputi aspek individual dan komunitas

Tips Self Care

Pramesti menjelaskan ada beberapa hal sederhana yang bisa dilakukan seseorang dalam rangka merawat diri sendiri.

1. Meluangkan Waktu

Pramesti mengatakan, dari sudut pandang psikologis, National Institute of Mental Health (NIMH), memberikan penjelasan tentang arti self care sebagai upaya untuk meluangkan waktu melakukan hal yang bisa membantu seseorang menikmati hidup dengan baik (live well).

"Self care juga bisa diartikan sebagai usaha memberikan perhatian yang cukup, bagaimana peduli, merawat, dan menjaga diri sendiri. Tapi, yang perlu diingat bahwa bukan hanya kesehatan fisik, tapi juga psikologis," ungkap Pramesti seperti dikutip dari laman Unair, Rabu (17/8/2022).

2. Aktivitas Merawat Diri

Lebih lanjut, Pramesti menjelaskan bahwa self care bisa dilakukan dengan hal-hal yang mudah, seperti istirahat, bernafas, bersyukur, mengonsumsi makanan yang disukai, minum air putih, membaca buku, dan melakukan hal menyenangkan lainnya.

Selain itu, Anda juga bisa melakukan aktivitas merawat diri bersama orang lain, mengingat setiap kita pasti bagian dari komunitas. Aktivitas yang dapat dilakukan bisa dengan menelepon teman, menolong teman, dan satu hal yang kerap diabaikan adalah tidak membatasi media sosial.

3. Meditasi

Melansir dari gramedia.com, cara atau tips merawat diri adalah dengan meditasi. Bermeditasi bisa membantu kita untuk mengenal rasa emosional, baik emosi yang bersifat negatif dan positif. Sebaiknya luangkan waktu untuk bermeditasi, sekurang-kurangnya 5-10 menit per hari.

Manfaat meditasi lainnya adalah mempengaruhi cara kerja otak dan kekebalan tubuh positif dengan cara mindfulness, yang dapat membantu kita agar lebih cepat sadar terhadap diri, membuka hati dan pikiran, meningkatkan daya ingat, menjaga keseimbangan, dan menjadi pribadi yang lebih peduli terhadap lingkungan sekitar.

Demikianlah penjelasan tentang self care dan cara yang bisa kita lakukan untuk melakukan perawatan diri demi menjaga kesehatan fisik juga kesehatan mental, karena jika tubuh dan pikiran kita sehat, banyak hal-hal positif akan tercipta dan terselesaikan.

Tag : #self care    #stres    #kesehatan    #psikologis    #pengertian self care    #merawat diri    #WHO   

Baca Juga