Inhealer asma (dok Hellosehat)

Mengenali Gejala, Penyebab Asma, Hingga Cara Pencegahannya

Rini | Kesehatan | 23-02-2022

PARBOABOA, Pematangsiantar - Asma adalah peradangan pada paru-paru yang menyebabkan seseorang mengalami kesulitan bernapas akibat menyempitnya saluran pernapasan. Asma ini dapat menyerang siapa saja dari anak-anak hingga orang dewasa.

Gejala Asma

Para penderita penyakit ini akan mengalami gejala seperti sesak napas, nafas terasa berat, meningkatnya produksi dahak, batuk terutama pada saat malam atau dini hari.

Adapun gejala lainnya dari asma ini adalah kelelahan, suara mengi atau siulan saat bernapas, kurang berenergi saat beraktivitas, hingga Sering batuk ketika berbicara atau tertawa. Gejala yang dialami penderita asma ini bisa saja berbeda-beda. Dalam kondisi kronis, asma dapat menyebabkan penderitanya kesulitan berbicara, bahkan menyebabkan kematian.

Penyebab Asma

Penyebab asma sampai saat ini belum diketahui, namun penyakit ini bisa muncul karena faktor genetik atau diturinkan dari orang tua. Selain faktor genetik ada sejumlah hal yang dapat memicu asma, antara lain: infesi saluran pernapasan seperti flu dan sinuitis, kemudian bulu hewan, infeksi virus, paparan zat kimia, stress, paparan asap rokok dan polusi, aktivitas olahraga yang terlalu berat, kemudian Alergi makanan, misalnya pada udang atau kacang-kacangan.

Pencegahan Asma

Pencegahan asma dapat dilakukan dengan menggunakan obat-obatan yang dianjurkan oleh dokter secara teratur, berhenti merokok, jangan berdekatan dengan hewan berbulu, kurangi penggunaan obat-obat seperti aspirin dan ibuprofen, kemudian dengan mengurangi aktivitas fisik. Penderita asma ini juga harus rutin membersihkan tempat tidur dan bantal yang digunakan agar tidak ada debu yang terhirup saat tidur.

Obat Asma

Adapun obat yang digunakan untuk mencegah asma ada dua yaitu obat sesak napas pencegah munculnya gejala asma dan obat sesak napas yang dapat bekerja cepat untuk melegakan pernapasan saat serangan asma terjadi seperti inhelar.

Inhealer ini merupakan obat semprot dalam tabung kecil yang dapat digunakan ketika asma kambuh karena di dalam tabung ini ada corong yang dapat menyalurkan obat secara langsung ke saluran pernapasan.

Inhealer merupakan pencegah asma yang paling praktis dan mudah dibawa kemana-mana karena ukurannya yang kecil dan ringan. Namun penggunaan inhealer ini harus sesuai dengan anjuran dokter.

Jika kesulitan saat akan menggunakan inhealer, pasien disarankan untuk menggunakan alat bantu spacer. Spacer asma ini digunakan untuk memastikan obat dari inhealer masuk ke paru-paru dengan efektif.

Itu dia pembahasan lengkap mengenai penyakit asma. Pastikan untuk berkonsultasi kedokter secar rutin untuk mendapatkan pengobatan yang tepat mengenai penyakit asma ini.

Tag : #gaya hidup sehat    #asma    #pencegan asma    #gejala asma    #inhealer asma    #kesehatan   

Baca Juga