Logo Hari Guru Nasional 2021

Simak Sejarah Hari Guru Nasional yang Jadi Google Doodle Hari Ini

rini | Nasional | 25-11-2021

PARBOABOA, Pematangsiantar - Google kembali merilis doodle baru hari ini Kamis (25/11) bertepatan dengan peringatan Hari Guru Nasional. Doodle hari ini tampil dengan beragam warna cerah.

Terlihat beberapa lebah kecil  di antara bunga-bunga yang sedang bermekaran. Lebah-lebah tersebut sedang memperhatikan seekor lebah besar yang menunjukkan buku. Lebah besar dalam gambar dianggap mendeskripsikan seorang guru yang mengajar anak-anak didiknya.

Hari Guru 2021

Sejarah Hari Guru Nasional

Perayaan Hari Guru Nasional 2021 mengangkat tema “Bergerak dengan Hati, Pulihkan Pendidikan”. Perayaan Hari Guru biasanya dilakukan dengan upacara bersama, namun untuk tahun ini perayaan tidak dapat dilakukan seperti biasanya karena pandemi Covid-19.

Perayaan Hari Guru merupakan penghargaan untuk seluruh guru di Indonesa, yang telah berjuang dalam mengupayakan pengentasan kebodohan bagi seluruh anak didik di Indonesia.

Menurut sejarahnya, organisasi PGRI berawal dari Persatuan Guru Hindia Belanda (PGHB) yang berdiri sejak tahun 1912, yang merupakan organisasi bentukan Belanda. PGHB pada tahun 1932 kemudian berganti nama menjadi Persatuan Guru Republik Indonesia (PGI).

Pada masa awal pendudukan Jepang di Indonesia, dunia pendidikan Indonesia berada dalam masa kelam karena Jepang melarang pendidikan. Sekolah ditutup dan PGI juga dilarang melakukan aktivitas.

Setelah Indonesia merdeka pada tahun 1945, Kongres Guru Indonesia untuk pertama kalinya dapat digelar pada tanggal 24-25 September di Surakarta.

Dalam kongres tersebut dibentuklah sebuah organisasi yang saat ini dikenal sebagai Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI). Sebagai penghormatan kepada para guru, pemerintah menetapkan hari lahir PGRI atau tanggal 25 November sebagai Hari Guru Nasional melalui Keputusan Presiden Nomor 78 Tahun 1994.

Atas keputusan itulah, Hari Guru Nasional termasuk dalam hari-hari nasional non libur.

Tag : #hari nasional    #hari guru    #sejarah hari guru nasional    #google doodle    #nasional   

Baca Juga