Pertanyaan Interview User (Dok: zurich.co.id)

Apa Saja Pertanyaan Interview User dan Jawabannya?

Rahma | Pendidikan | 23-06-2022

PARBOABOA - Pertanyaan mengenai, apa itu interview user bukanlah sesuatu hal asing bagi kalian yang sedang mencari pekerjaan.

Setelah lolos dari tahap interview pertama, maka calon pekerja akan dihadapkan dengan proses selanjutnya yakni interview user.

Pengertian interview user adalah proses wawancara terakhir yang akan menjadi kesempatan terbaik bagi pelamar kerja untuk membuktikan bahwa dirinya tepat dan berpotensi.

Tahap interview user inilah yang pada akhirnya akan menjadi penentu kandidat berhak diterima atau tidak untuk bergabung diperusahaan tersebut.

Biasanya pada tahap ini, atasan akan bertemu langsung dengan orang yang akan melamar kerja. Pada proses ini, atasan akan memberikan beberapa pertanyaan untuk menyeleksi kandidat yang terbaik.

Sebenarnya pertanyaan yang akan mereka ajukan tergolong simpel dan mudah. Walaupun demikian, kandidat tidak boleh sepele dan harus menjawab setiap pertanyaan dengan strategi yang baik.

Karena apa pun hasil jawaban yang diucapkan, secara otomatis akan menjadi dasar penilaian calon atasan terhadap orang yang akan melamar.

Oleh sebab itu, kenali beberapa pertanyaan interview user dan jawabannya yang biasanya akan kamu jumpai saat melamar pekerjaan.

1. Apakah kamu memahami deskripsi pekerjaan yang dilamar?

Pada saat awal, biasanya user akan mengeluarkan pertanyaan mengenai pemahaman pelamar mengenai deskripsi pekerjaan yang akan dilakukannya.  

Walaupun ini sangat mudah, tapi kamu perlu menjawabnya dengan beberapa cara, bukan hanya sesimpel jawaban iya atau tidak saja ya teman.

Jika kamu memang sudah benar-benar paham, maka lebih disarankan untuk menjelaskan atau memaparkan pemahaman kamu kepada user , tentunya dengan versi terbaik kamu.

Cara ini bertujuan agar mereka lebih yakin dengan kemampuan yang kamu miliki. Namun jika kamu belum terlalu yakin dengan hal tersebut, maka lebih disarankan untuk menjelaskan hal yang dipahami terlebih dahulu.

Setelah selesai, barulah kamu bisa mengakhiri jawaban dengan bertanya dan mengkonfirmasi jika ada hal yang tidak kamu ketahui atau kurang difahami.

2. Bisakah kamu menceritakan tentang diri Anda sendiri?

Pada pertanyaan interview user ini, kandidat sangat perlu menyampaikan mulai nama, asal sekolah atau asal perusahaan sebelumnya lengkap dengan jabatan.

Atau kamu lebih disarankan untuk mengungkapkan identitas pribadi yang kamu miliki, namun masih bersifat umum untuk diketahui orang lain.

3. Apakah kemampuan kamu terbatas pada yang sekarang kamu miliki?

Seorang user pastinya mengharapkan calon pekerja yang selalu haus akan hal-hal baru, mengingat banyak pekerjaan yang akan memaksa kamu untuk menguasai kemampuan yang belum kamu miliki.

Maka mereka mengharapkan untuk mendapat jawaban yang dapat meyakinkan mereka. Salah satu contohnya seperti kandidat tersebut mudah untuk beradaptasi atau haus akan ilmu.

Karena hal-hal ini akan membuat mereka selalu bersemangat untuk mempelajari hal-hal yang baru dan tidak mudah menyerah saat mengahadapi suatu masalah.

Saat menjawab pertanyaan, kamu bisa menyisipkan beberapa pengalaman pekerjaan kamu sebelumnya sebagai bukti yang relevan terhadap situasi yang akan dihadapi.

4. Apa contoh masalah yang bisa kamu selesaikan di posisi ini?

Pada saat menjawab pertanyaan interview user ini, pelamar perlu mengingat kasus atau masalah yang pernah diselesaikannya yang masih sesuai dengan bidang jabatan incarannya.

Berikanlah contoh menarik dan yang terkesan tidak mudah, agar dapat membuktikan bahwa kamu merupakan kandidat yang tepat dan dapat memberikan manfaat bagi perusahaan.

5. Apakah kamu lebih senang bekerja sendiri atau dalam tim?

Pada pertanyaan interview user kali ini, lebih disarankan untuk mengatakan bahwa kamu adalah orang yang fleksibel dalam beradaptasi.

Ini membuktikan bahwa kamu adalah seseorang yang dapat menyelesaikan pekerjaan sendiri ataupun secara tim, tergantung dengan tugas dan kebijakan perusahaannya.

Dari beberapa pertanyaan interview kerja utama diatas, maka bisa disimpulkan bahwa pertanyaan interview user dan jawabannya bukanlah hal yang rumit, tapi setiap kata yang diucapkan dapat menjadi jebakan bagi pelamar.

Salah satu tanda lolos interview user adalah munculnya pertanyaan mengenai gaji, adanya diskusi mengenai tindak lanjut, bahkan ada juga yang langsung diperkenalkan dengan anggota lainnya.

Tag : #lamaran kerja    #interview user    #pendidikan    #pertanyaan interview user    #jawaban interview user   

Baca Juga