Partai Mahasiswa Indonesia dalam dokumen Kemenkumham (Dok Kemenkumham/detikcom)

Lambang hingga Susunan Pengurus Partai Mahasiswa Indonesia

Rini | Politik | 23-04-2022

PARBOABOA, Pematangsiantar - Kemunculan Partai Mahasiswa Indonesia cukup mencuri perhatian publik. Terlebih lagi partai ini sudah sah dan diakui oleh Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) sebagai salah satu partai politik yang berhak untuk ikut dalam kontestasi politik 2024 mendatang.

Partai ini pertama kali diumumkan oleh Wakil Ketua DPR Sufmi Dasco Ahmad, saat menerima audiensi dari perwakilan massa unjuk rasa mahasiswa dan buruh di kompleks Parlemen, Kamis (21/4) kemarin.

Dasco menyebut jika partai tersebut sudah mendapat Surat Keputusan (SK) dari Kemenkumham, sehingga dia berharap Partai Mahasiswa Indonesia ini akan ikut berkompetisi mencari kursi di DPR untuk saling memperjuangkan hak masing-masing.

Untuk ikut dalam Pemilu, Partai Mahasiswa Indonesia hanya perlu mengikuti proses seleksi di KPU. Sehingga Dasco menantang Partai Mahasiswa untuk memperoleh sedikitnya 20 kursi di DPR.  

Menurut dia, Partai Mahasiswa bisa memperjuangkan kepentingan mereka seperti reformasi sistem pendidikan, agraria, dan soal buruh.

"Dengan jutaan mahasiswa masa enggak bisa dapat 20 kursi, sehingga kita bersama-sama di parlemen memperjuangkan apa-apa yang mesti diperjuangkan untuk bangsa dan negara," katanya, Kamis (21/4).

Setelah Partai Mahasiswa ini terungkap ke publik, banyak yang mencari tahu mengenai sosok pimpinan, hingga pengurus partai ini.

Berikut informasi lengkap mengenai Partai Mahasiswa Indonesia ini:

Partai Politik Terdaftar

Partai ini memegang nomor Keputusan Menteri Hukum dan HAM M.HH-6.AH.11.01 Tahun 2022 pada 21 Januari 2022. Partai Mahasiswa Indonesia berada di urutan 69 dari 75 partai yang terdaftar di Indonesia.

Lambang Partai

Lambang partai ini adalah bidang bundar berwarna merah dengan gambar topi toga hitam di tengah, ada simbol sayap di tengahnya pula. Tulisan ‘Partai Mahasiswa Indonesia’ dengan huruf kapital semua ada di bagian bawah dari gambar toga hitam.

Susunan Pengurus Partai

Partai ini dipimpin oleh Eko Pratama yang merupakan Koordinator Pusat Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Nusantara periode 2021-2022. Dia juga sempat menjabat sebagai Presiden Mahasiswa Universitas Wijaya Kusuma Surabaya (UWKS).

Daftar pengurus tingkat pusat Partai Mahasiswa Indonesia:

- Ketua Umum: Eko Pratama

- Sekretaris Jenderal: Mohammad Al Hafiz

- Bendahara Umum: Muhammad Akmal Mauludin

- Ketua Mahkamah: Tegus Stiawan

- Anggota Mahkamah: Davistha A, Rican.

Alamat Partai

Alamat kantor Partai Mahasiswa Indonesia ada di Jl Duren Tiga Raya, Nomor 19D Duren Tiga, Pancoran, Jakarta Selatan.

Demikian informasi mengenai Partai Mahasiswa Indonesia.

Tag : #partai mahasiswa indonesia    #eko pratama    #politik    #partai politik    #kemenkumham    #pengurus partai mahasiswa indonesia   

Baca Juga