Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky dan Perdana Menteri Inggris Rishi Sunak mengunjungi pameran yang memperlihatkan kendaraan militer Rusia yang hancur, di tengah invasi Rusia, di pusat Kyiv, Ukraina, Sabtu (19/11/2022). (Foto: Reuters)

PM Inggris Janji Dukung Ukraina hingga Menang Lawan Rusia

Maharani | Internasional | 20-11-2022

PARBOABOA, Jakarta – Perdana Menteri (PM) Inggris Rishi Sunak berjanji bahwa negaranya akan terus mendukung Ukraina hingga menang melawan Rusia.

Janji itu disampaikan oleh Rishi Sunak pada saat kunjungannya ke Kyiv dan bertemu dengan Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky pada Sabtu (19/11/2022).

"Saya disini hari ini untuk mengatakan bahwa Inggris akan terus mendukung anda sampai Ukraina memenangkan perdamaian dan keamanan yang dibutuhkan dan pantas," kata Rishi Sunak, dikutip dari AFP, Minggu (20/11/2022).

Diketahui, Ukraina meminta bantuan berupa sistem pertahanan udara setelah Rusia menggempur jaringan listrik Ukraina dan infrastruktur utama lainnya.

Hal ini, menyebabkan terjadinya pemadaman listrik meluas yang berdampak terhadap jutaan warga Ukraina.

Maka dari itu, Sunak mengatakan bahwa Inggris akan memberikan bantuan pertahanan udara baru kepada Ukraina senilai USD60 juta atau sekitar Rp941 miliar.

"(Paket bantuan itu termasuk) 120 senjata pesawat, radar, dan peralatan anti-drone," ujar Sunak.

Sebagai informasi, Inggris telah menjadi salah satu pendukung paling setia dari perlawanan Ukraina terhadap invasi Rusia. Zelensky menggambarkan kedua negara ini sebagai "sekutu terkuat".

"Sejak hari pertama perang, Ukraina dan Inggris telah menjadi sekutu terkuat," kata Volodymyr Zelensky.

"Selama pertemuan hari ini, kami membahas masalah yang paling penting baik untuk negara kita maupun untuk keamanan global," ucapnya.

Tag : #pm inggris    #rishi sunak    #internasional    #presiden ukraina    #volodymyr zelensky    #janji dukung ukraina    #perang rusia ukraina   

Baca Juga