Gambar pulau terpadat di indonesia yaitu pulau Bungin (Jeda.id)

Pulau Bungin Menjadi Pulau Terpadat yang Ada di Indonesia

Wulan | Hiburan | 06-04-2022

PARBOABOA, Siantar – Jika semua orang menganggap Jawa adalah pulau dengan jumlah penduduk terpadat di Indonesia, faktanya hal tersebut salah. Jawabannya, Pulau Bungin merupakan pulau dengan penduduk terpadat di Indonesia bahkan juga dunia.

Pulau Bungin adalah sebuah pulau terpencil yang berada di Laut Bali, dan secara administratif merupakan salah satu desa di Kecamatan Alas, Kabupaten Sumbawa, provinsi Nusa Tenggara Barat, Indonesia.

Pulau ini berada 70 kilometer arah barat dari pusat kecamatan Sumbawa Besar. Pulau Bungin bisa dijangkau dengan menggunakan perahu motor atau dari sebuah jalan buatan.

Pulau kecil ini ditinggali oleh sejumlah penduduk dari suku Bajo yang berasal dari Sulawesi Selatan. Pulau ini juga terkenal dengan kepadatan penduduknya hingga tidak mempunyai sisa lahan kosong.

Diketahui, sekitar 100 buah rumah baru akan dibuat setiap tahun di pulau ini. Hal itu dilakukan karena adanya reklamasi untuk menampung keluarga yang baru saja menikah.

Asal mula dari suku Bajo menghuni pulau ini adalah ketika pemukiman pertama disana dirintis oleh Palema Mayu, salah seorang dari 6 orang anak raja Selayar, di abad ke-19.

Menurut cerita rakyat yang berkembang, Palema Mayo datang ke Sumbawa sebelum meletusnya gunung Tambora di daratan utama, pada 1812. Saat itu, pulau ini masih sepi dan hanya ditumbuhi pepohonan bakau saja.

Tag : #pulau bungin    #pulau terpadat    #hiburan    #pulau terpadat di indonesia    #penduduk    #pemukiman    #pulau jawa    #indonesia   

Baca Juga