Ilustrasi Sakit Pinggang (GRIDHEALTH.id)

Sering Sakit Pinggang, Berikut Ini penyebab, gejala serta Obat Alami Sakit Pinggang

Dimas | Kesehatan | 24-03-2022

PARBOABOA - Menurut Organisasi Kesehatan Dunia atau WHO, sakit pinggang adalah masalah kesehatan yang sangat umum terjadi di seluruh dunia dan merupakan penyebab utama kecacatan. Sakit pinggang merupakan permasalahan yang muncul pada area bawah tulang belakang.

Sakit pinggang dalam dunia kedokteran disebut sebagai sakit punggung bawah atau Low Back Pain. Pinggang (low back) dibentuk oleh columna vertebralis lumbal terdiri dari 5 buah tulang vertebra lumbal (L1 sampai L5), masing-masing membentuk sendi intervertebral dengan gerakan yang terbatas.

Berikut ini merupakan penyebab, gejala serta pengobatan sakit pinggang.

Penyebab Sakit Pinggang

Dalam banyak kasus, sakit pinggang terjadi akibat cedera pada otot pinggang. Cedera sering kali disebabkan oleh gerak pinggang yang tiba-tiba dan berulang, misalnya saat bermain golf atau karena mengangkat benda yang terlalu berat.

Sakit pinggang juga bisa terjadi akibat duduk terlalu lama, terutama bila salah posisi duduk dan kursi yang diduduki tidak nyaman. Pada anak-anak, sakit pinggang bisa terjadi akibat sering membawa tas punggung yang terlalu berat.

Faktor lain yang juga dapat meningkatkan risiko terjadinya sakit pinggang, terutama pada orang dewasa, di antaranya:

- Berusia 30 tahun ke atas

- Memiliki berat badan berlebih

- Kurang berolahraga

Selain cedera, sakit pinggang juga dapat terjadi akibat gangguan pada organ di tulang belakang, atau gangguan pada organ di bagian tubuh lain. Gangguan pada saraf tulang belakang yang dapat menyebabkan sakit pinggang meliputi:

- Peradangan pada sendi di tulang belakang.

- Saraf kejepit akibat penonjolan bantalan tulang belakang (hernia nukleus pulposus).

- Pengikisan bantalan tulang belakang akibat proses penuaan.

- Penyempitan ruas tulang belakang atau stenosis spinal.

- Cedera tulang belakang akibat terbentur atau kecelakaan.

- Kelainan pada lengkung tulang belakang, seperti kifosis, lordosis, atau skoliosis.

- Spondylolisthesis.

Gangguan pada organ di bagian tubuh lain juga dapat menyebabkan sakit pinggang. Pada kondisi ini, sakit bisa dirasakan hanya di salah satu sisi pinggang, bisa kanan atau kiri, namun bisa juga di kedua sisi pinggang. Beberapa gangguan pada organ tubuh lain tersebut adalah:

1. Infeksi ginjal

2. Batu ginjal

3. Usus buntu

4. Pankreatitis

5. Endometriosis

6. Kista ovarium

7. Miom (benjolan atau tumor jinak yang tumbuh di rahim)

Gejala Sakit Pinggang

Dikutip dari Harvard Health, sakit pinggang dapat berhubungan dengan tulang belakang. Masalah ini disebut sciatica, yaitu nyeri yang menjalar dari punggung hingga ke bawah ke kaki. Adapun gejala sakit pinggang yang perlu diwaspadai, yaitu:

- Pinggang pegal, kaku, atau seperti ditusuk.

- Nyeri menjalar dari pinggang ke bokong sampai kaki.

- Sulit untuk bergerak dan berdiri tegak karena nyeri di pinggang.

- Sakit kadang memburuk di malam hari atau saat duduk terlalu lama.

- Sakit terasa memburuk saat membungkuk, mengangkat benda berat, atau berjalan.

- Tungkai terasa lemah atau mati rasa, tergantung pada letak saraf yang terjepit.

Obat Alami Sakit Pinggang

Ada berbagai macam obat sakit pinggang alami yang dapat dicoba, berikut pilihannya.

1. Es batu

Es batu merupakan obat sakit pinggang alami yang mudah didapatkan. Menurut ahli fisioterapi Jennifer L. Solomon, MD dalam Thehealthy.com, es batu dapat digunakan sebagai pereda nyeri ketika mengalami sakit pinggang. Gunakan es batu selama 48 hingga 72 jam pertama, lalu gunakan panas untuk menghangatkan pinggang.

2. Garam epsom

Garam epsom dapat digunakan sebagai obat sakit pinggang alami yang dicampur ke dalam air untuk berendam. Garam epsom adalah senyawa kimia yang terdiri dari magnesium, belerang, dan oksigen.

Dilansir dari Healthline, garam epsom bekerja melalui kulit dan ke otot yang sakit dan mengurangi peradangan pada sakit pinggang.Berendam selama kurang lebih 20 menit dalam air campuran garam epsom dapat membantu meredakan sakit pinggang, terutama setelah berolahraga. Pastikan untuk menggunakan air hangat saat berendam.

3. Kompres jahe

Jahe merupakan rempah yang mengandung banyak manfaat. Studi dalam Journal of Fundamental and Applied Sciences menunjukkan, kompres jahe efektif dalam meredakan nyeri punggung bawah non-spesifik karena jahe memiliki efek analgesik dan anti-inflamasi pada nyeri muskuloskeletal.

4. Capsaicin

Capsaicin merupakan komponen dalam cabai yang sering digunakan dalam plester koyo atau krim pereda nyeri otot. Plester koyo atau istilah medisnya patch transdermal adalah jenis obat luar yang ditempelkan pada kulit. Plester koyo yang mengandung capsaicin dapat meredakan sakit pinggang.

Berdasarkan publikasi dalam Current Pain and Headache Reports, plester koyo dengan 11 mg capsaicinoids telah terbukti mengurangi rasa sakit dan meningkatkan fungsi bila digunakan pada area yang sakit.

5. Bantal pemanas (Heating Pad)

Ahli bedah tulang belakang Justin J. Park, MD dalam Thehealthy.com menjelaskan, bantal pemanas membantu meredakan otot yang tegang, meningkatkan jangkauan gerak, dan mengurangi rasa sakit pinggang.

 Jangan biarkan bantal pemanas menjadi terlalu panas dan jangan menggunakannya selama lebih dari satu jam. Panas yang terlalu kuat dapat melukai kulit dan menyebabkan masalah kesehatan lain.

6. Peregangan

Peregangan membantu meredakan sakit pinggang. Studi dalam jurnal Archives of Internal Medicine mengungkapkan bahwa peregangan intensif sama efektifnya dalam mengurangi sakit pinggang dan meningkatkan gerakan pinggang.

Melansir WebMD, beberapa gerakan peregangan yang dianjurkan untuk sakit pinggang antara lain:

- Menyentuh jari kaki: Membungkuk ke depan untuk menjangkau jari-jari kaki akan membantu mengendurkan otot-otot di pinggang bawah.

- Pose Cobra: Berbaring tengkurap dengan tangan menghadap ke bawah di samping bahu, angkat dada dengan perlahan ke atas sehingga bagian atas kepala mengarah ke langit-langit.

- Pose Kucing/Sapi: Mulai posisi merangkak, lalu perlahan melengkungkan punggung bergantian dengan membungkuk.

- Pose Anak: Duduk pada tumit dengan lutut terbuka selebar pinggul, condongkan tubuh ke depan untuk meletakkan kepala di lantai, rentangkan tangan di depan kepala.

Itulah seputar informasi mengenai penyebab, gejala serta obat alami sakit pinggang.

Tag : #sakit pinggang    #who    #kesehatan    #kedokteran    #gejala    #obat alami   

Baca Juga