Ilustrasi sendawa (dok Halodoc)

Hati-Hati, Ternyata Sering Sendawa Bisa Jadi Tanda Penyakit Serius Loh

Rini | Kesehatan | 18-02-2022

PARBOABOA, Pematangsiantar - Siapa nih yang sering bersendawa? Seberapa sering sendawa yang kamu alami setiap hari? Jika terlalu sering, baiknya periksakan diri ke dokter segera, karena sendawa yang terlalu sering ternyata adalah tanda adanya sebuah penyakit di dalam tubuh.

Penyebab Sendawa

Jika diartikan, sendawa merupakan pelepasan udara dari perut yang keluar dari perut, kebanyakan terjadi setelah selesai makan, atau ketika masuk angin. Biasanya ketika makan dan minum akan ada udara yang ikut tertelan ke dalam perut terlebih dalam keadaan makan terburu-buru, sehingga udara tersebut akan dilepaskan dengan cara sendawa.

Ada beberapa hal lain yang bisa menjadi penyebab masuknya udara secara berlebih ke dalam perut seperti mengisap permen, minum melalui sedotan, mengunyah permen karet, serta penggunaan gigi palsu yang longgar kemudian karena konsumsi makanan atau minuman yang bergas, seperti  minuman soda atau berkarbonasi, kacang-kacangan, brokoli, biji-bijian utuh, kismis, atau pisang.

Penyakit penyebab sering sendawa

Umumnya memang sendawa tidak berbahaya, namun jika terjadi terus menerus dan disertai dengan gejala-gejala seperti sakit perut, diare, atau BAB berdarah, sendawa ini bisa menjadi indikasi adanya sebuah penyakit seperti tukak lambung.

Tukak lambung atau yang lebih dikenal dengan maag adalah luka di dalam lambung, yang terjadi karena  pengikisan pada selaput yang melapisi lambung.

Pengikisan tersebut dapat terjadi akibat infeksi bakteri dan efek samping dari konsumsi obat tertentu. Kebiasaan buruk seperti merokok, konsumsi makanan asam atau pedas, alkohol, dan stres berlebih dapat memperparah kondisi ini.

Tukak lambung yang tidak ditangani dengan segera dapat membahayakan nyawa karena akan diiringi dengan muncul penyakit lainnya.

Selain tukak lambung, sering sendawa juga bisa menjadi pertanda Gastroesophageal reflux disease (GERD) yang menyebabkan asam lambung naik ke tenggorokan. GERD ditandai dengan rasa panas terbakar pada ulu hati, perut kembung dan perih mulas, serta sering sendawa. Penyakit ini juga dapat dipicu oleh obat-obatan, dan konsumsi kopi, soda, alkohol, serta saus tomat.

Cara Mengatasi Sendawa Terus-Menerus

Berikut ini adalah beberapa tips untuk meredakan sendawa yaitu:

- Makan dan minum secara perlahan

- Hindari bicara sambil mengunyah permen karet

- Hindari menyesap permen yang keras

- Kurangi konsumsi minuman bersoda dan alkohol karena dapat melepaskan karbon dioksia yang memperparah sendawa

- Jangan minum menggunakan sedotan

- Berhenti Merokok

- Jika menggunakan gigi palsu, periksa apakah sudah benar-benar pas

- Hindari stres berlebih

- Konsumsi suplemen atau minuman probiotik untuk melancarkan pencernaan

- Hindari konsumsi makanan yang dapat menghasilkan gas, seperti brokoli, kol, kacang-kacangan, dan produk olahan susu.

Itu dia beberapa hal yang dapat dilakukan untuk mencegah sendawa, namun jika sendawa ini terjadi terlalu sering dalam jangka waktu yang panjang, sebaiknya segera berkonsultasi ke dokter.

Tag : #sendawa    #gaya hidup sehat    #penyebab sendawa    #kesehatan   

Baca Juga