7 Tips Membuat Studio Musik Impian di Rumah Minimalis

Ilustrasi studio musik di rumah minimalis, foto: Rumah.com

PARBOABOA - Punya studio musik sendiri, pasti lebih mengasyikkan. Kamu tak perlu repot pergi ke luar, karena semua sudah tersedia di rumah!

Bagi kamu yang hobi bermain musik, memiliki studio pribadi pasti menjadi impian tersendiri. Bagaimana tidak, di dalam studio musik tersebut, kamu bisa melakukan segala hal yang diinginkan sejak dahulu.

Mulai dari latihan secara individu, bersama teman-teman, merekam materi musik baru, hingga menaruh berbagai macam koleksi instrumen.

Jadi pengin kan, bikin studio musik sendiri di rumah? Dilansir dari berbagai sumber, berikut Parboaboa.com rangkum 7 cara membuat studio musik mini di rumah.

1. Gunakan ruangan kosong di dalam rumah

Tahap membentuk sebuah studio musik mini yang paling utama adalah menentukan tata ruang di rumah.

Tak hanya sekadar tata ruang saja, kamu pun harus mengetahui peruntukan maupun lokasinya di rumah.

Syarat mutlak yang perlu kamu perhatikan adalah sisi keterjangkauan maupun kenyamanan lokasi.

Umumnya, lokasi studio di rumah kadang berada cukup berjauhan dari ruang keluarga sekalipun menjadi salah satu tempat yang mempunyai privasi.

Kamu pun bisa meletakkan studio rumah ada pada sisi belakang rumah sekalipun di lantai bagian atas rumah.

Selain penempatan lokasi, pastikan ruangan ini memadai untuk teman-temanmu yang akan masuk juga.

2. Aplikasikan gypsum agar ruangan kedap suara

Cara membuat ruang kedap suara dengan mengaplikasikan gypsum. Celah di antara dinding dan gypsum dapat Kamu isi dengan material peredam bunyi, seperti glasswool atau rockwool.

Saat ini sudah tersedia jenis gysum yang dikhususkan untuk kedap suara dengan beragam ketebalan.

Gypsum dapat Kamu pasang di dinding atau plafon rumah. Pemasangan papan gypsum ini cocok untuk ruangan sumber bising, seperti ruang TV, ruang musik, dan bermain.

Namun, pastikan ketika memasang papan gypsum, beri jarak menggunakan rangka kayu atau hollow.

3. Studio musik dengan mini panggung

(Sumber: Pinterest)

Cara membuat studio musik mini di rumah berikutnya adalah menyiapkan panggung. Mini panggung ini bisa kamu buat mulai dari bagian belakang studio hingga bagian tengah

Dengan demikian, alat musik dan para pemainnya bisa berdiri di mini panggung saat latihan. Dengan adanya mini panggung ini juga dapat membuat kamu berlatih dengan stage sungguhan, sehingga kamu akan lebih terbiasa untuk memainkan musik di panggung.

4. Pastikan sistem kelistrikan dalam keadaan optimal

Apabila kamu adalah orang yang bermain gitar listrik, keyboard atau piano, maka pastikan juga sistem kelistrikan rumah dalam kondisi yang optimal.

Sebab, apabila kamu bermain perlengkapan musik yang menggunakan elemen listrik akan cenderung lebih mudah menyedot daya, sehingga komposisinya pun menjadi kurang optimal.

Untuk itu, pastikan kamu mengetahui kemampuan daya listrik rumah agar tidak mengalami kekurangan daya saat bermain musik.

5. Masukkan perangkat musik ke dalam studio

(Sumber: Pinterest)

Alat musik apa saja yang saat ini kamu punya? Tak harus memaksakan, yang penting taruh dahulu instrumen kamu ke dalam.

Peralatan musik untuk formasi grup pada umumnya adalah vokalis, gitaris, pemain bas dan penabuh drum.

Maka, kamu bisa mulai menyediakan mikrofon, gitar dan bas listrik, lalu drum. Setelahnya, kamu bisa sediakan amplifier masing-masing untuk gitar dan bass.

Hal yang sama juga berlaku jika kamu ingin mengadakan alat instrumen lain, semisal kibor. Tak sedikit pula yang menjadikan studio musik pribadi sebagai sarana rekaman lagu.

Jika kamu menginginkan hal ini, sediakan peralatan seperti mixer hingga komputer.

Diskusikan dengan temanmu yang sudah ahli perihal perangkat lunak yang cocok untuk merekam musikmu.

Kalau kamu berencana santai sambil mendengarkan lagu, bisa juga sediakan alat pemutar rilisan fisik. Contohnya CD player hingga turntable untuk piringan hitam.

Dekorasi menarik seperti poster grup band favorit dan benda-benda terkait, juga mampu menunjang suasana. Tak lupa, pastikan suplai listrik tersedia dengan baik.

Jangan sampai ketika sedang asyik bermain, tiba-tiba listrik turun karena tidak kuat.

6. Kreativitas dan keyakinan

Terakhir yang diperlukan untuk membuat studio musik adalah kreativitas dan keyakinan. Kreatif dalam menuangkan ide untuk mempercantik studio musiknya, seperti memajang beberapa poster musisi papan atas maupun pigura dengan kata-kata motivasi. Serta yakin bahwa studio musik di rumah yang Kamu bangun akan menjadi jalan menuju kesuksesan.

7. Perkiraan biaya membuat studio musik

(Sumber: rumah.com)

Dana yang besar mungkin akan diperlukan untuk membuat studio musik di rumah. Memang akan terasa menghabiskan seluruh uan yang Kamu miliki saat ini, namun siapa sangka akan mendatangkan pundi-pundi pemasukkan yang pasif di masa mendatang.

Merangkum dari berbagai peralatan yang dibutuhkan untuk membuat studio musik standar di rumah, perkiraan harga untuk membuat studio music di rumah kurang lebih sekitar Rp 77 jutaan.

Nah, itulah tadi beberapa tips membuat studio musik mini di rumah yang bisa kamu jadikan referensi. Jangan lupa selalu pantau model rumah masa kini di Parboaboa.com ya!

TAG :
Baca Juga
LIPUTAN KHUSUS