Kembali Buka di Indonesia, Subway Sandwich Hijaukan Saham MAPB

Kembali Buka di Indonesia, Subway Sandwich Hijaukan Saham MAPB

Sondang | Ekonomi | 16-10-2021

PARBOABOA, Jakarta – Subway adalah gerai sandwich terbesar di dunia yang berasal dari Amerika Serikat. Setelah sempat menghilang, kini Subway resmi membuka kembali gerai pertama di Indonesia tepatnya di Cilandak Town Square atau Citos, Jakarta Selatan, Jumat (15/10).

Hal itu turut beri sentimen terhadap saham PT MAP Boga Adiperkasa Tbk (MAPB). MAPB merupakan anak usaha PT Mitra Adiperkasa Tbk (MAPI) yang berfokus pada bisnis food and beverages. Pembukaan gerai pertama Subway mendongkrak saham PT Map Boga Adiperkasa (MAPB).

Harga Saham PT Map Boga Adiperkasa Tbk. (MAPB) kembali menghijau jelang penutupan perdagangan sesi pertama Jumat (15/10). Kemudian jelang penutupan perdagangan, saham MAPB langsung melonjak.

Saham MAPB ditutup naik 45 poin atau 2,8 persen ke posisi 1.650. Saham MAPB dibuka stagnan di posisi Rp 1.605 per saham. Saham MAPB berada di level tertinggi Rp 1.650 dan terendah Rp 1.605 per saham.

Total frekuensi perdagangan 20 kali dan volume perdagangan 93. Nilai transaksi Rp 15 juta. Gerai sandwich terbesar di dunia itu resmi teken perjanjian kerja sama dengan Sari Sandwich Indonesia, anak usaha Map Boga Adiperkasa (MAPB) pada Agustus lalu.

Berdasarkan kesepakatan, merek Subway akan dikelola oleh PT Sari Sandwich Indonesia dan memperluas portofolio bisnis ke depan. Selain itu, Indonesia akan menjadi pasar pertama untuk menerapkan model waralaba eksklusif Subway secara global.

"Sebagai pemain utama di pasar F&B Indonesia, MBA memiliki lebih dari 590 toko di 33 kota di Indonesia dengan melayani merek antara lain Starbucks, Pizza Marzano, Krispy Kreme, dan lain-lain. Subway Indonesia akan sukses dan berkembang. Kami akan membuka banyak cabang di Indonesia," kata President Director untuk PT Map Boga Adiperkasa Utama, Anthony Cottan, seperti dikutip, Jumat (15/10).

Head of Marketing Subway, Silvia Muryadi mengatakan, enam tahun terakhir ini mulai ramai pemain atau pelaku usaha yang fokus bisnis sandwich. Ada juga yang mengkonsumsi sandwich karena menginginkan sesuatu yang sehat.

Menurut Silvia, hal itu pula yang mendorong MAP berani  membuka gerai Subway perdana di Indonesia. Selain itu, saat kondisi pandemi banyak orang yang juga mencari makanan yang segar dan lebih sehat.

"Ini fast food, tapi lebih sehat karena kami juga membawa sayuran yang segar. Jadi, ini merupakan waktu yang tepat Subway hadir di Indonesia," ujar Silvia.

Sebelumnya, Subway pernah membuka restoran di Indonesia tepatnya di Mal Pondok Indah, Mal Taman Anggrek, Plaza Senayan, Mal Ciputra, Wisma 46 Jakarta, dan Kuta, Bali pada 1999-2000.

Tag : #ekonomi    #saham    #mapb    #subway    #sandwich    #indonesia   

Baca Juga