Teknik Dasar Bulu Tangkis (Foto : Media Indonesia)

Mengenal Macam Macam Teknik Dasar Bulu Tangkis

Halima | Olahraga | 26-09-2022

PARBOABOA - Bulu tangkis atau yang dikenal juga dengan badminton merupakan salah satu olahraga yang populer di Indonesia. Banyak orang, mulai dari anak-anak sampai dewasa, menyukai olahraga yang satu ini. 

Selain mudah dan permainan ini juga tidak terlalu mahal, dan penting juga untuk mengetahui beberapa teknik dasar olahraga yang satu ini.

Tujuannya, agar kamu bisa bermain dengan baik dan terhindar dari cedera. Nah, agar lebih mengenal permainan bulu tangkis, yuk simak penjelasan selanjutnya.

Sejarah Bulu Tangkis

Bulu Tangkis mulanya berkembang di Mesir Kuno sekitar 2000 tahun yang lalu. Ada juga yang menyebut perkembangan bulu tangkis terjadi di India dan Tiongkok.

Saat itu di China dan Inggris, terdapat permainan yang melibatkan kock tetapi tidak menggunakan raket. Kock dipukul dengan tongkat atau dayung. Permainan ini cukup populer di sepanjang jalanan Inggris pada tahun 1854.

Sedangkan olahraga bulu tangkis yang sifatnya kompetitif diciptakan Tentara Britania di Pune, India. Pada abad 19 mereka menambahkan jaring (net) di tengah dan bermain secara berlawanan. Itulah sebabnya bulutangkis kerap disebut Poona (Pune).

Tentara Inggris kemudian membawa permainan itu kembali ke negaranya pada 1850-an. Munculnya sebutan "badminton" bermula dari sebuah pamflet berjudul "Badminton Battledore - a new game" oleh seorang penyalur mainan asal Inggris, Isaac Spratt.

Dengan begitu, bisa dikatakan permainan bulu tangkis dipopulerkan oleh Isaac Spratt.

Di Indonesia, permainan bulu tangkis baru berkembang pada 5 Mei 1951, dengan dibentuknya PBSI (Persatuan Bulutangkis Seluruh Indonesia). Pada 1968, Indonesia untuk pertama kalinya meraih juara dunia tunggal putra dengan Rudi Hartono sebagai atletnya.

Pengertian Bulu Tangkis

Bulu tangkis adalah olahraga yang menggunakan raket dan kok bulu tangkis sebagai alatnya. Permainan Bulu tangkis ini dapat dimainkan di dalam atau luar ruangan, dengan jumlah pemain minimal dua sampai empat orang.

Tujuan Bulu Tangkis

Tujuan dari olahraga bulu tangkis yaitu untuk memukul kok dengan menggunakan raket hingga melewati jaring atau net dan mendarat di dalam area lapangan lawan. Jika hal tersebut sudah berhasil dilakukan, maka kita sudah memenangkan reli.

Dengan memenangkan reli yang sudah ditentukan, maka kita akan memenangkan pertandingan.

Manfaat Bulu Tangkis

1 Kebugaran Fisik
2 Mengembangkan Atletik
3 Kesehatan Sosial
4 Fleksibilitas dan Kekuatan Otot
5 Mengurangi Risiko Diabetes

5 Teknik Dasar Bulu tangkis dan Penjelasannya

Macam macam teknik dasar bulu tangkis, berikut yang termasuk teknik dasar bulu tangkis diantaranya :

1.Cara Memegang Raket yang Benar (Grip)

Sama seperti permainan raket lainnya, memiliki pegangan atau grip yang tepat dalam bulu tangkis sangat penting. Genggaman yang benar memungkinkan kamu untuk memiliki kontrol lebih dan membantu kamu untuk mengarahkan tembakan ke titik yang diinginkan. 

Ada banyak variasi grip tergantung pada apakah pukulan kamu forehand atau backhand:

a. Forehand Grip

Pegangan forehand mirip seperti menjabat tangan seseorang, baik dalam cara memegang raket, maupun seberapa erat kamu memegangnya. Sebaiknya jangan memegang raket terlalu kencang karena bisa menyebabkan cedera, seperti tennis elbow. 

b. Backhand Grip

Untuk memegang raket dengan variasi grip ini, pertama-tama pegang lah raket dengan forehand grip. Kemudian kamu cukup memutar ibu jari ke atas, sehingga posisinya rata pada pegangan, bukan di sepanjang tepinya.

c. Universal Grip

Ini adalah jenis backhand grip di mana ibu jari kamu ditaruh di tepi permukaan pegangan yang lebih gemuk. 

d. Panhandle Grip

Ini adalah jenis grip di mana ibu jari dan jarimu mencubit bagian atas raket, untuk melakukan tap atau net-kill pada kok yang masuk.

2. Servis (Serve)

Teknik dasar bulu tangkis selanjutnya yang penting untuk diketahui adalah teknis servis atau serve. Servis yang baik mungkin bisa memberimu poin dan beberapa keuntungan selama permainan.

Ada dua jenis servis yang digunakan dalam badminton, yaitu:

a. Servis Atas (high serve)

Pukulan servis ini dilakukan dengan memukul kok yang dilambungkan tinggi ke atas bahu atau kepala. 

b. Servis Bawah (low serve)

Sementara servis bawah dilakukan dengan memukul kok yang posisinya di bawah bahu atau dada.

3. Gerakan Kaki (Footwork)

Footwork adalah teknik dasar bulu tangkis lainnya yang juga penting. Kamu hanya memiliki ruang terbatas untuk bergerak saat bermain bulu tangkis, jadi gerakan kaki yang baik sangat penting. Dengan gerak kaki yang tepat, kamu akan bisa menghemat energi dan menghadapi tembakan yang datang dari segala arah.

Berikut beberapa tips untuk footwork yang baik:

• Selalu ingat titik awalmu.
• Bila ingin mundur, mundurlah hanya 2-3 langkah.
• Bergerak ke kanan atau kiri hanya satu langkah.
• Maju hanya 2-3 langkah.

4. Sikap Tubuh (Stance)

Ketika ingin mengembalikan pukulan dari lawan, sikap tubuh menjadi teknik dasar bulutangkis yang penting. Posisi tubuh yang tepat memungkinkanmu untuk mengembalikan pukulan lawan secara efisien.
Berikut tiga sikap dasar dalam bulu tangkis:

a. Sikap Bertahan (Defensive Stance)

Untuk menerapkan posisi ini, arahkan tubuhmu menghadap net dan posisikan raket setinggi pinggang.

b. Sikap Menyerang (Attacking Stance)

berdiri dalam sikap menyerang, putar tubuhmu menghadap ke samping, dengan ujung raket di belakang dan kedua kaki dibuka selebar bahu. Lalu, angkat raket dengan segenap tenaga untuk memukul kok sebagai smash.

c. Sikap Melawan (Net Stance

Sikap ini digunakan untuk mengembalikan pukulan lawan setelah melakukan pukulan net. Untuk melakukan posisi ini, kamu tentu harus berada di dekat net. Lalu, posisikan raket di depan tubuh, sedikit lebih tinggi dari pinggang. Majukan tubuhmu sedikit

ke depan agar siap melakukan lompatan ke depan.

5. Pukulan (Strokes)

Pukulan merupakan teknik dasar bulu tangkis yang penting untuk dikuasai agar bisa mengungguli permainan. Ada dua jenis utama stroke, yaitu:

a. Forehand Shots

Pukulan ini harus dimainkan saat kok berada di sisi raketmu. Jari telunjuk akan mengontrol forehand shot saat kamu mengayunkan lengan atas. Ayunkan pergelangan tangan dengan jari telunjukmu sebagai dukungan untuk melakukan forehand shot.

b. Backhand Shot

Pukulan backhand harus dimainkan saat kok berada di sisi non-raket kamu dengan ibu jari mengendalikan pukulan.
Itulah beberapa penjelasan mengenai sejarah dan teknik dasar bulu tangkis yang perlu dipahami. Semoga bermanfaat untuk kita semua.

Tag : #bulu tangkis    #teknik    #olahraga    #permainan    #raket    #kok   

Baca Juga