Tempat wisata di Ciwidey, foto: TribunTravel

10 Tempat Wisata di Ciwidey yang Baru dan Lagi Hits

Wanovy | Travel | 11-07-2022

PARBOABOA, Bandung - Menghabiskan liburan panjang atau akhir pekan bersama orang tersayang tentu akan lebih bermakna.

Anda bisa memilih beberapa daerah untuk refreshing, seperti tempat wisata di Bandung, Ciwidey misalnya. Ada beberapa rekomendasi wisata yang bisa Anda jadikan tujuan saat di Ciwidey.

Mulai dari wisata alam sampai dengan wisata kekinian bisa Anda temukan. Berikut deretan tempat wisata hits di Ciwidey Bandung yang wajib Anda kunjungi.

Ciwidey merupakan salah satu daerah di Bandung Selatan dengan pemandangan alam yang indah. Wisata Ciwidey juga menjadi tujuan favorit wisawatan dalam dan luar negeri saat berkunjung ke ibu kota Jawa Barat ini.

Nah, dibawah ini Parboaboa.com sudah siapkan 10 tempat wisata di Ciwidey yang lagi hits dan bisa Anda kunjungi saat musim libur tiba.

1. Kawah Putih

Kawah putih merupakan salah satu tempat wisata di Ciwidey yang paling populer. Di kawah putih sendiri terdapat danau yang memiliki warna putih kehijauan yang terbentuk dengan alami.

Udara di Kawah Putih sangat dingin, pastikan Anda menggunakan pakaian hangat. Jika Anda ingin berburu foto cantik di Kawah Putih, Dermaga Apung atau Skywalk Cantigi dapat jadi spot yang bisa Anda coba.

2. Ranca Upas

Ranca Upas yang juga merupakan penangkaran rusa menawarkan alam yang indah serta asri. Di sini, pengunjung juga bisa berinteraksi langsung dengan para rusa yang jinak ini dengan memberi makan.

Ada juga beberapa wahana yang dihadirkan untuk memanjakan para pengunjung. Mulai dari memanah, berkuda, kids zone sampai dengan fasilitas outbound.

Alamnya yang sejuk menjadikan Ranca Upas tak pernah sepi pengunjung.

3. Kawah Rengganis

Selain Kawah Putih, ternyata Ciwidey memiliki obyek wisata kawah lainnya yang tidak kalah menarik, yaitu Kawah Rengganis.

Tempat wisata di Ciwidey yang lagi hits ini berada di Kampung Cibuni, Desa Patengan, Kecamatan Rancabali, Kabupaten Bandung, sehingga juga disebut Kawah Cibuni.

Kawasan ini merupakan hasil dari letusan Gunung Sunda Purba yang terjadi sejak jutaan tahun lalu.

Wisatawan yang berkunjung bisa menikmati panorama kolam air panas alami. Pengunjung juga dapat mengunjungi kebun teh, yang letaknya mengelilingi Kawah Rengganis.

4. Situ Patenggang

Tempat wisata di Ciwidey yang berupa danau lainnya adalah Situ Patenggang. Para pengunjung dapat menikmati pemandangan indah dan perkebunan yang tersebar di sekitar Situ Patenggang.

Lokasi yang berada di ketinggian 1.600 meter di atas permukaan laut ini juga memiliki sebuah cerita rakyat yang melegenda.

Ki Santang dan Dewi Rengganis merupakan dua insan yang saling mencintai namun harus berpisah hingga bertemu kembali di Batu Cinta.

Tempat wisata di Ciwidey yang satu ini masih terbilang cukup baru. Teras yang berbentuk seperti bintang ini memang dibangun dikarenakan maraknya peminat foto-foto di lokasi wisata.

Dengan udara sejuk dan pemandangan yang indah akan membuat anda betah untuk lama-lama disini.

Selain rekreasi, tempat wisata Ciwidey ini juga bisa menjadi tempat edukasi bagi para pengunjungnya lho.

5. Perkebunan teh Rancabali

Perkebunan teh Rancabali terletak di Patengan, Rancabali, Kabupaten Bandung. Kebun teh ini hanya berjarak sekitar 8,5 kilometer dari kawasan Kawah Putih.

Selain menikmati pemandangan kebun teh, pengunjung juga dapat melakukan beragam kegiatan menarik, seperti berkunjung ke pabrik teh.

Kebun teh ini berada di ketinggian 1.628 meter di atas permukaan laut (mdpl). Tak heran, sering terlihat kabut putih yang menyelimuti area perkebunan teh Rancabali ini.

6. Pemandian air panas Cimanggu

Tempat wisata di Ciwidey satu ini menjadi incaran wisatawan yang ingin berlibur sekaligus menghilangkan penat dengan berendam di kolam air panas alami.

Air panas di pemandian air panas Cimanggu berasal dari perut Gunung Patuha. Air panas ini dipercaya mengandung mineral seperti kalsium, litium, dan radium yang berkhasiat untuk kesehatan.

Obyek wisata ini memiliki tiga kolam pemandian air panas dengan ukuran yang berbeda. Suhu air panas kolam Cimanggu berkisar mulai dari 40-60 derajat Celsius.

Wisatawan dapat berendam di kolam air panas ini sembari melihat pemandangan perbukitan hijau di sekitarnya.

7. Bukit Jamur

Ada tempat wisata unik di Ciwidey yang sudah sangat terkenal dan menjadi salah satu tujuan wajib bagi wisatawan untuk singgah.

Namanya bukit jamur. Bukit ini bukan merupakan perkebunan jamur atau tempat wisata kuliner dan pengolahan jamur, ya, tapi benar-benar penuh dengan pohon-pohon cemara yang pendek dan bulat-bulat bentuknya, seperti jamur.

Alhasil, pemandangan di kebun ini terbilang sangat unik dan tidak bisa ditemukan di tempat lain.

Banyak orang yang datang ke Bukit Jamur ini untuk foto-foto dan untuk melakukan pemotretan pre-wedding.

Bagi yang ingin datang ke sini, salah satu hambatan terbesarnya adalah akses menuju lokasi yang terbilang masih tidak terlalu mulus jalannya.

8. Sunan Ibu Sunrise Point

Sunan Ibu Sunrise Point merupakan wisata Ciwidey Bandung untuk melihat pemandangan mantahari terbit.

Sesuai namanya, tempat ini menjadi lokasi terbaik di Ciwidey untuk menyaksikan pemandangan menawannya matahari terbit atau sunrise.

Lokasi wisata Ciwidey ini berada di kawasan Kawah Putih, jadi anda bisa mengunjungi sunrise point ini terlebih dahulu sebelum menikmati jalan-jalan di Kawah Putih.

Selain menawarkan keindahan alam dan udara yang sejuk, sunrise point ini juga telah dilengkapi dengan fasilitas yang sangat memadai.

9. Southland Camp

Melarikan diri dari hiruk pikuk perkotaan merupakan salah satu keinginan banyak orang di akhir pekan.

Anda bisa berkunjung ke tempat wisata di Ciwidey ini untuk menghilangkan penat bekerja setiap harinya, yaitu ke Southland Camp.

Southland Camp adalah tempat perkemahan untuk anak-anak dan dewasa. Di tempat ini, Anda bisa menikmati pemandangan alam berupa pepohonan pinus yang dilengkapi dengan suara alam yang khas. Anda juga akan mendapati banyak spot foto di kawasan ini.

Kawasan ini juga menyediakan banyak pilihan kuliner yang bisa dicoba. Itulah kenapa, tempat ini sangat cocok dijadikan sebagai destinasi liburan bersama keluarga yang menenangkan dan bikin nyaman.

10. Taman Kelinci Ciwidey

Untuk wisata edukasi si kecil, salah satu tempat wisata di Ciwidey yang terbilang sangat wajib untuk dikunjungi adalah Taman Kelinci Ciwidey.

Sesuai Dengan namanya, sudah jelas jika tempat ini merupakan kawasan penangkaran kelinci dari berbagai jenis. Aneka ragam kelinci dipelihara di tempat ini dan bisa berinteraksi dengan anak-anak kecil.

Taman Kelinci Ciwidey memiliki fasilitas yang cukup lengkap untuk anak-anak dan orang tuanya. Ada toilet yang bersih dan luas dan juga tempat parkir yang memadahi.

Selain itu, terdapat pula vendor penjual makanan dan minuman yang tak jauh dari lokasi sehingga memudahkan segala sesuatunya saat piknik di sana.

Itulah tadi beberapa tempat wisata di Ciwidey yang lagi hits dikunjungi wisatawan. Happy holiday!

Tag : #wisata bandung    #bandung    #tempat wisata    #travel    #ciwidey    #bandung selatan    #jawa barat   

Baca Juga