vaksin Moderna akan Disuntikkan Kepada Tenaga Keshatan

Tenaga Kesehatan Sebagai Garda Terdepan Penanggulangan Covid

rini | Kesehatan | 12-07-2021

Tenaga kesehatan menghadapi resiko dan dampak Covid-19 paling besar. Kematian tenaga kesehatan juga sudah mencapai angka 1000  lebih. Hal ini tentu harus menjadi hal yang harus diperhaikan lebih baik lagi.

Ketua Fraksi Partai Gerindra DPR Ahmad Muzani meminta pemerintah untuk memberikan penghargaan atas jasa-jasa yang telah diberikan oleh para tenaga kesehatan dan aparat keamanan yang telah menjadi garda terdepan dalam penanganan pandemi Covid-19.

"Kerja-kerja mereka tidak bisa diukur hanya dengan materi, melainkan harus diberikan penghargaan yang tinggi karena telah bekerja atas dasar nilai-nilai kemanusiaan," kata Muzani dalam siaran pers, Senin (12/7/2021).

Selain tenaga kesehatan, penghargaan juga layak diberikan kepada relawan-relawan, seperti sopir ambulans, petugas gali kubur dan petugas pemulasaraan jenazah.

Hampir setiap hari dari pagi sampai malam kita mendengar ambulans yang membawa jenazah maupun pasien Covid-19. Dan setiap hari para petugas pemulasaraan dan petugas gali kubur tak henti-hentinya membumikan jenazah Covid-19," kata Ahmad.

Pemeintah Indonesia menerima 3.0000.060 juta dosis vaksin Moderna pada Minggu (11/07). Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin dalam konferensi pers bersama Menteri Luar Negeri Retno Marsudi mengatakan, vaksin Moderna yang diterima dari AS akan segera digunakan untuk suntikan penguat (booster) bagi para tenaga kesehatan Indonesia yang tengah berjuang menangani peningkatan kasus Covid-19 di Tanah Air.

"Karena mereka (tenaga kesehatan) mengalami tekanan yang luar biasa dari gelombang kedua pandemi ini sehingga kami memastikan mereka terlindungi secara maksimal, kata Menkes Budi.

Rencananya vaksin moderna ini akan mulai disuntikkan minggu depan. Vaksin moderna terbukti cukup ampuh menekan laju penularan virus corona, khususnya di Amerika Serikat. Amerika Serikat juga akan mengirimkan Vaksin Moderna secara bertahap, dari jumlah total 4.500.160 dosis yang dijanjikan.

Tag : kesehatan

Berita Terkait