Ilustrasi

Bikin Bingung! Twitter Siapkan Label Khusus Selain Centang Biru

Wanovy | Teknologi | 10-11-2022

PARBOABOA - Twitter semakin serius menggarap segmen berbayar di platform-nya. Sebab, pengguna yang menganut sistem berlangganan akan diberi perbedaan daripada versi gratisan.

Setelah menerapkan konsep berlangganan untuk akun centang biru, media sosial ini meyiapkan layanan baru.

Ya, Twitter sedang menyiapkan label ‘official’ atau ‘resmi’ untuk sejumlah akun terverifikasi, termasuk lain milik media dan pemerintahan.

Eksekutif Pengembangan Produk Twitter, Esther Crawford mengatakan, label ‘Official’ itu akan diluncurkan resmi bersamaan dengan layanan berbayar premium senilai USD8, atau setara Rp125 ribu, mengutip dari Reuters.

Menurut Crawford, tidak semua akun yang terverifikasi akan mendapat label resmi. Bagian tak kalah penting adalah status ‘akun resmi’ tidak akan dijual.

Crawford juga mengonfirmasi bahwa produk langganan Twitter Blue versi baru tidak akan benar-benar memverifikasi identitas pengguna.

Kurangnya verifikasi ID kemungkinan akan menimbulkan kekhawatiran tentang kemungkinan orang yang menyamar sebagai figur publik.

Yoel Roth, kepala keamanan dan integritas Twitter, mengakui kekhawatiran semacam itu menyebabkan Twitter menunda peluncuran versi baru Twitter Blue hingga rampungnya pemilu paruh waktu AS.

Menurut para peneliti dan sumber-sumber yang mengetahui masalah tersebut mengungkapkan akun palsu terkait pejabat pemerintah adalah masalah berulang di Twitter secara global.

Crawford melanjutkan tidak semua akun Twitter yang sebelumnya diverifikasi dengan tanda centang biru akan mendapatkan label "Resmi". Selain itu, label tersebut tidak untuk diperjualbelikan.

Akun-akun yang akan menerima label resmi itu, kata dia, termasuk pemerintah, perusahaan komersial, mitra bisnis, media utama, penerbit, dan beberapa tokoh masyarakat lainnya.

Salah seorang Youtuber gadget kenamaan Marques Brownlee juga membagikan cerita dan pengalamannya mendapat label “Official” di Twitter pribadinya dengan handle @MKBHD.

Dikarenakan Marques adalah pelanggan berbayar Twitter Blue, ia mendapatkan kedua tanda centang biru di akun Profile-nya sekaligus.

Namun, selang beberapa jam setelahnya, ia kembali memberikan update bahwa label “Official” itu lenyap.

CEO baru Twitter, Elon Musk, pun menanggapi cuitan Marques dan memberi balasan, “Aku baru saja membunuhnya” (I just killed it). Artinya, Musk sudah menghilangkan tanda tersebut dari Twitter.

Tag : #twitter    #verified    #teknologi    #apps    #elon musk    #twitter label   

Baca Juga