Pawang hujan MotoGP2022

Unik! Sirkuit Mandalika Dibekali Pawang Hujan Pada Ajang MotoGP 2022

Dimas | Otomotif | 21-03-2022

PARBOABOA, Jakarta – Ada hal unik yang terjadi pada gelaran MotoGp 2022 di Sirkuit Mandalika pada 18-20 maret 2022 beberapa waktu lalu. Pasalnya, dalam gelaran tersebut ada pawang hujan yang diyakini bisa mencegah turunnya hujan.

Ini merupakan hal unik, karena pawang tersebut merupakan budaya atau kearifan tersendiri bagi masyarakat Indonesia yang tidak pernah di temui pada ajang MotoGP di seluruh belahan dunia.

Dijelaskan oleh Koordinator Sirkuit Mandalika dari MGPA (Mandalika Grand Prix of Association), Denny Pribadi, pawang hujan menjadi kearifan lokal di Indonesia. Menurut Denny, sebelumnya cara-cara seperti ini tidak ditemui di negara manapun.

"Pawang hujan memang identik mengusir hujan atau memindahkan hujan. Padahal kadang kita perlu hujan juga supaya trek dingin, tidak panas," ungkap Koordinator Sirkuit Mandalika dari MGPA, Denny Pribadi.

Mengenal lebih dekat, sosok pawang tersebut merupakan seorang wanita yang bernama Rara Isti Wulandari atau akrab disapa Mba Rara. Beliau ini ternyata juga pernah menjadi pawang hujan pada acara Opening Asian Games 2018 dan sering juga menjadi pawang hujan pada acara kenegaraan.

Rara mengatakan bahwa ia memang sebelumnya di ajak untuk berkolaborasi dengan otoritas sirkuit dan memulai ritual tersebut sejak sesi latihan MotoGP di Sirkuit Mandalika, Lombok Tengah, Jumat (18/3).

Adapun cara kerja sang pawang di jelaskan Denny, sebelum event dimulai sang pawang hujan akan berputar-putar terlebih dahulu untuk menentukan lokasi sesajen.

"Sebelum event mba Rara muter, nanti dia menyimpan sesajen di mana-mana, seperti di pintu race control, di tempat start, dan di dalam," lanjut Denny.

Setelah selesai digunakan, sesajen tersebut selanjutnya dibagikan ke beberapa orang yang ada di Sirkuit Mandalika.

"Kalau sudah selesai sesajennya itu dibagi-bagi. Kan ada buah-buahan. Mbanya itu sangat humble. Bekasnya sesajen itu ternyata tidak apa-apa, padahal kalau orang awam itu takut, bekasnya sesajen itu bakal sakit perut atau hal lainnya," Denny menambahkan.

Tag : #motogp2022    #sirkuit mandalika    #otomotif    #pawang hujan    #mgpa    #unik   

Baca Juga