Ahmad Riza Patria, Wakil Gubernur DKI Jakarta (KOMPAS.com/GARRY LOTULUNG)

Wagub DKI Jakarta Beri Tanggapan atas Pelonggaran Aturan Penggunaan Masker yang Ditetapkan Jokowi

Wulan | Nasional | 19-05-2022

PARBOABOA, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi baru-baru ini mengumumkan pelonggaran penggunaan masker bagi masyarakat Indonesia di tengah pandemi Covid-19. Ia menyatakan saat ini masyarakat boleh melepas masker saat berkegiatan di luar ruangan.

Menanggapi pernyataan Presiden Jokowi, Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria mengatakan mendukung kebijakan yang telah ditetapkan pemerintah. Menurut Riza hal tersebut menjadi satu awalan yang baik untuk menangani Covid-19 di Indonesia.

"Apa yang diputuskan oleh pemerintah pusat melalui Pak Jokowi, melalui satgas, kami ikut senang, bersyukur, dan mendukung," kata Riza.

Baginya, kebijakan pelonggaran masker di DKI Jakarta dapat disesuaikan dan dijalankan dengan cepat. Mengingat Jakarta unggul dalam beberapa hal seperti fasilitas dan SDM yang baik.

"Ya kalau Jakarta itu kan, kita ini punya dukungan fasilitas, dukungan jaringan yang cepat dan luas, punya infrastrukur dan SDM yang baik, insyaAllah kebijakan apapun yang diputuskan oleh pemerintah pusat kami bisa dengan cepat menyesuaikan, mengikuti dan melaksanakan kebijakan tersebut," lanjut Riza.

Riza juga menganggap kebijakan pelonggaran penggunaan masker ini bukanlah hal yang terlalu dini. Bahkan, negara lain sudah lebih awal menetapkan hal yang serupa.

"Tentu kebijakan itu melalui keputusan yang panjang ya, tidak serta merta. Kita bandingkan dengan negara lainnya, sudah banyak negara-negara yang dibuka berbulan-bulan yang lalu," kata Riza.

Meski penggunaan masker sudah dilonggarkan, Riza tetap menghimbau masyarakat untuk tetap memakai masker terutama bagi yang sedang sakit dan mempunyai komorbid.

"Tapi untuk yang sakit, komorbid, harus tetap jaga-jaga ya," tutur Riza.

Ia menyarakan, bagi masyarakat yang hendak melepas masker diruangan untuk tetap menjaga jarak aman sesuai portokol kesehatan.

"Boleh saja di luar tidak pakai masker tapi tetap dengan menjaga jarak," tutupnya.

Tag : #wagub dki    #ahmad riza patria    #nasional    #jokowi    #pelonggaran penggunaan masker    #covid-19    #dki jakarta   

Baca Juga