Winamp

Winamp Comeback, Hanya untuk Pengguna Windows 11?

Wanovy | Teknologi | 03-08-2022

PARBOABOA - Aplikasi media player Winamp bakal comeback ke komputer atau laptop yang didukung OS Windows 11. Ya, selama 4 tahun, sejak versi beta Winamp 5.8 tersedia sampai saat ini masih dalam fase pengujian.

Kini pengembang pun memperkenalkan Winamp 5.9 RC1 sebagai kandidat yang aplikasi Winamp yang akan bisa diinstal di Windows 11.

Tampaknya ada saja para pengguna yang tengah menunggu rilis pertama versi lengkap dari Winamp, pemutar musik legendaris yang telah lama berkiprah.

"WinAmp Community Update Project (Wacup) memiliki desain baru dengan merilis Winamp 5.666, menghadirkan perbaikan bug, pembaruan fitur yang ada, dan terpenting, memenuhi tujuannya sebagai pemutar media yang kompatibel," kata pihak Winamp, dikutip dari Gizchina, Senin (1/8/2022).

Deskripsi versi baru Winamp ini menyebutkan dukungan untuk Windows 11. Selain itu, media player Winamp terbaru juga memiliki kemampuan untuk menyinkronkan pemutar musik dengan aplikasi versi Android.

Pengembangnya telah meningkatkan dukungan untuk codec VP8, menambahkan direktori kerja baru untuk podcast, dan mengimplementasikan dukungan untuk codec M38.

Dalam deskripsinya, Winamp menyebutkan dukungan untuk Windows 11. Disebutkan juga bahwa aplikasi ini dikerjakan oleh dua tim pengembang, dengan adanya periode jeda yang disebabkan pandemi.

Beberapa peningkatan yang bisa dirasakan dari Winamp 5.9 adalah peningkatan Visual Studio 2008 ke Visual Studio 2019.

Peningkatan itu membuat Winamp 5.9 kini bisa mendukung layanan audio digital moderen dan streaming.

Hanya saja aplikasi ini memerlukan perangkat komputer baru untuk lebih adaptif. Gizmodo menyebutkan Winamp 5.9 memerlukan Windows 7 SP1 paling minimal.

Jadi, bagi pengguna yang masih menggunakan Windows XP dan Vista tidak akan mendapatkan Winamp 5.9.

Gizmodo menyakini hadirnya Winamp 5.9 akan jadi tawaran menarik buat penggemar setia yang kini sudah beralih ke layanan streaming dan audio digital modern.

Hanya saja butuh kreasi dan pekerjaan besar buat Winamp untuk kembali berada di papan atas bersanding dengan layanan streaming yang sudah mapan saat ini.

Tidak ada perubahan besar dari sisi tampilannya, namun Winamp baru kini mendukung lebih banyak format file seperti vp8, https://streams, itz, mdz, s3z dan xmz.

Selain itu, versi terbaru ini juga didukung optimasi dan perbaikan bug dilakukan untuk meningkatkan stabilitas aplikasi.

Karena ini bukan versi final dari Winamp, sepertinya masih akan ada bug dan masalah yang akan dilaporkan oleh pengguna dalam masa uji coba.

Beberapa masalah yang sudah dilaporkan antara lain fitur visualisasi Milkdrop, berbagai masalah UI, dan plugin lawas yang tidak bisa berfungsi.

Ke depannya, Winamp akan menambahkan beberapa fitur baru, termasuk dukungan native untuk format opus, ogv/ogm, TS, H.265, HLS, dan VP9 serta dukungan untuk layanan online baru.

Tag : #winamp    #media player    #apps    #teknologi    #laptop    #windows    #windows11   

Baca Juga