Ilustrasi

YouTube Kini Bisa Download Video ke Laptop, Begini Caranya

Wanovy | Teknologi | 28-09-2021

Tidak lama lagi, pengguna YouTube bisa download video favorit mereka melalui browser di PC atau laptop mereka. Pasalnya, platform streaming video ini sedang melakukan uji coba fitur yang nantinya memudahkan penonton menyimpan video mereka.

Seperti diketahui, selama ini jika ingin mengunduh video YouTube perlu aplikasi atau situs pihak ketiga. Bisa melalui smartphone, namun perlu menggunakan aplikasi YouTube Go.

Namun, YouTube kali ini mengembangkan fitur download melalui browser PC/laptop. Dengan begitu, pengguna desktop bisa mengunduh video favorit mereka.

Kemunculan fitur download itu pertama kali ditemukan oleh pelanggan YouTube Premium yang berada di India dan Perancis. Kemungkinan, fitur ini juga tersedia bagi pelanggan YouTube Premium di sejumlah negara lainnya.

Sekilas bentuk fitur ini mirip dengan versi di aplikasi. Sebab saat menonton video, akan terlihat opsi untuk mengunduh video di bawah tampilan video. Tinggal klik Download, dan video YouTube akan tersimpan ke perangkat.

Cara Mengaktifkan Fitur Download Vidio di YouTube Premium

  1. Pelanggan YouTube Premium bisa mengaktifkan fitur Download tersebut dengan cara mengunjungi halaman YouTube Experimental
  2. Di sana, Pengguna bisa langsung meng-klik tombol "Try It Out" untuk menjajal fitur Download di YouTube melalui komputer, seperti laptop maupun PC desktop
  3. Jika sudah, opsi "Download" akan ditampilkan di bawah jendela video YouTube versi web, tepat di samping kanan tombol "Share". Pengguna dapat memilih resolusi video untuk diunduh, hingga maksimal 1080p.

Sebelum bisa menggunakan fitur download video ini, pelanggan YouTube Premium mesti mengikuti eksperimen fitur Picture-in-Picture terlebih dahulu. Dengan cara men-download video YouTube ini, pengguna bisa menonton konten tersebut secara offline, tanpa harus terhubung ke internet.

Namun, pengguna tidak bisa menonton video yang di-download sembari membuka aplikasi lainnya secara bersamaan. Sebab, fitur Picture in Picture (PiP) akan di-nonaktifkan secara otomatis, jika pengguna sedang menonton video tersebut.

Di sisi lain, YouTube memang cukup rajin menghadirkan fitur-fitur baru. Misalnya YouTube meluncurkan fitur bernama Super Thanks. Fitur ini memungkinkan pengguna memberikan uang tip kepada konten kreator favorit mereka.

Fitur Super Thanks dapat dipakai sebagai ungkapan rasa terima kasih pengguna terhadap youtuber favorit, atas konten yang dibuatnya.

Caranya dengan memberikan tip uang kepada youtuber tersebut. Fitur Super Thanks terletak di bawah konten video, sehingga subscriber bisa memberikan tip ketika menonton video. Di Super Thanks, ada 4 opsi uang tip yang dibisa penggemar berikan.

Tag : #teknologi    #youtube    #premium    #download    #vidio    #pc    #laptop   

Baca Juga