Ilustrasi, foto: republika.co.id

5 Aplikasi untuk Menghitung Zakat di HP

Wanovy | Teknologi | 20-04-2022

PARBOABOA - Mendekati Idul Fitri 1443 H, pastikan kamu sudah membayar zakat untuk diri sendiri dan keluarga.

Tidak perlu susah-susah, kini sudah banyak aplikasi untuk menghitung zakat sekaligus menyalurkannya.

Dirangkum dari beberapa sumber, berikut ini adalah aplikasi kalkulator zakat yang memudahkan umat muslim dalam menjalankan kewajibannya. Ayo buruan, sebelum Ramadhan berakhir!

1. KitaBisa

Siapa yang tidak kenal Kitabisa? Sebuah aplikasi untuk berbagi jutaan kebaikan.

Dengan menggunakan aplikasi ini pengguna dapat memberikan donasi dan zakat virtual secara berkala tanpa ribet dan lelet.

Lewat aplikasi yang baru diperbarui awal April 2021 tersebut, pengguna juga akan disuguhkan dengan fitur Kalkulator Zakat terdiri dari Kalkulator Zakat Maal, Profesi, dan Penghasilan.

Aplikasi yang memiliki sistem antarmuka kekinian ini memfasilitasi pengguna untuk melakukan zakat online dengan metode pembayaran beragam.

Nantinya zakat tersebut akan disalurkan ke mitra Lembaga Amil Zakat (LAZ) yang sudah tepercaya dari Kitabisa.

Beberapa lembaga tersebut seperti Rumah Zakat (RZ), Dompet Dhuafa, BAZNAZ, dan masih banyak lagi.

2. Kalkulator Zakat – Syaban

Kalkulator Zakat merupakan salah satu aplikasi penghitungan zakat yang dikembangkan oleh Syaban.

Ukuran aplikasi ini hanya 2,4 MB sehingga tepat digunakan bagi yang memiliki memori ponsel kecil.

Dengan aplikasi ini, kamu tak hanya dapat menghitung zakat uang namun juga zakat pertanian maupun zakat emas dan perak.

Aplikasi Kalkulator Zakat juga dilengkapi dengan beberapa fasilitas untuk menambah wawasan. Misalnya pengertian, sejarah dan hukum zakat.

3. Amalin

Amalin adalah aplikasi Android buatan Rumah Amal. Seperti KitaBisa, aplikasi itu juga memiliki fitur untuk menghitung dan membayar zakat profesi atau maal.

Karena aplikasi, Amalin juga menyediakan beragam fitur yang terkait, misalnya alarm zakat yang bisa mengingatkan kamu setiap bulan. Alarm itu juga bisa disetel secara manual, untuk kebutuhan yang lebih personal.

Tersedia juga fitur donasi yang disalurkan untuk berbagai keperluan, misalnya pelayanan untuk dhuafa hingga aksi peduli kemanusiaan. Aplikasi Amalin telah diunduh lebih dari 1.000 kali di Play Store.

4. Tokopedia

Tokopedia bukan hanya sekedar aplikasi untuk belanja. Startup e-commerce yang sudah unicorn itu ternyata bisa digunakan untuk menghitung dan membayar zakat profesi atau maal.

Pertama, kamu harus memiliki akun Tokopedia untuk menggunakan zakat fitrah atau maal. Setelah itu, pilih fitur bayar zakat fitrah atau zakat mal.

Kamu akan diminta mengisi nama sebelum menuju pembayaran. Terdapat informasi besaran zakat fitrah yang harus dibayarkan setiap orang.

Untuk zakat maal, Tokopedia juga menyediakan kalkulator untuk menghitung besaran zakat maal yang harus dibayarkan.

Seperti yang lain, Tokopedia menjalin kerjsama dengan Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) hingga Dompet Dhuafa dalam menyalurkan zakat yang diterima.

5. Zakatpedia

Zakatpedia adalah aplikasi penghitung zakat yang dikelola oleh Lembaga Amil Zakat Nasional (LAZNAS).

Penghitungan di Zakatpedia terbagi ke cukup banyak jenis zakat, seperti zakat fitrah, zakat pendapatan, zakat emas, dan sebagainya.

Kamu bisa melihat hukum dan ketentuan dari masing-masing jenis zakat tersebut. Untuk menghitung zakat yang harus dibayarkan, klik ikon kalkulator yang ada di sisi bawah layar.

Selanjutnya, pilih jenis zakat yang ingin ditunaikan dan isi semua kolom yang diperlukan untuk mengkalkulasi zakat. Setelah itu, besaran harta yang harus dikeluarkan bakal muncul.

Nah, itulah beberapa aplikasi penghitung zakat yang bisa kamu pilih. Semoga membantu!

Tag : #zakat    #kalkulator zakat    #apps    #teknologi    #ramadhan2022   

Baca Juga