Ilustrasi Bahasa Tersulit di Dunia (Foto:Airmule.com)

5 Bahasa Tersulit di Dunia untuk Dipelajari

Ester | Pendidikan | 04-10-2022

PARBOABOA – Di era modern saat ini, mempelajari lebih dari 1 bahasa adalah salah satu hal yang penting saat ini. Hal itu dapat kita lihat dari sistem pendidikan kita yang sudah menerapkan belajar bahasa asing guna memperluas komunikasi.

Seperti yang kita ketahui, bahasa merupakan sarana komunikasi untuk berinteraksi dengan siapa saja, baik orang jauh maupun dekat. Untuk itu, tentu kita membutuhkan bahasa yang pas dan sesuai dengan lawan bicara kita guna memahami satu sama lain.

Di Indonesia sendiri, beberapa bahasa asing sudah dipelajari di sekolah-sekolah tertentu, seperti bahasa Inggris, bahasa Jerman, bahasa Cina, dan lain sebagainya. Tidak jarang beberapa bahasa yang dipelajari di Indonesia termasuk ke dalam bahasa tersulit di dunia, yang tentunya tetap masih bisa dipelajari.

Lalu, apa saja sebenarnya bahasa tersulit di dunia untuk dipelajari? Untuk mengetahuinya, di bawah ini kami sudah memberikan ulasan bahasa tersulit di dunia untuk dipelajari. Penasaran? Simak ulasannya di bawah ini.

1. Bahasa Mandarin

Bahasa Mandarin atau sering kita sebut sebagai bahasa Cina adalah bahasa tersulit untuk dipelajari. Bahasa ini biasanya digunakan di beberapa negara tertentu, seperti Cina, Taiwan, Hongkong, Singapura, dan lain sebagainya.

Alasan bahasa mandarin menjadi bahasa tersulit di dunia adalah, penulisan dalam bahasa ini berbeda dengan biasanya. Alfabet dalam bahasa mandarin dituliskan dengan ribuan alfabet latin dan karakter-karakter yang berbeda untuk dipelajari.

Tidak hanya itu, nada berbicara di dalam bahasa mandarin juga mencerminkan makna yang berbeda pula. Tidak heran mengapa bahasa mandarin dinobatkan sebagia bahasa tersulit di dunia.

2. Bahasa Arab

Bahasa tersulit selanjutnya adalah bahasa arab. Bahasa yang menjadi bahasa resmi di Arab ini tidak menggunakan huruf alfabet seperti yang sering kita gunakan. Di dalan bahasa Arab terdapat 28 huruf yang perlu dipelajari oleh pemula dalam menguasai bahasa Arab.

Selain memiliki alfabet yang berbeda, bahasa Arab juga dituliskan dari kanan ke kiri bukan dari kiri ke kanan. Tidak hanya itu, pengucapan bahasa Arab juga sangat berbeda dari bahasa yang sering kita gunakan. Bisa dibilang, bahasa Arab memiliki kemiripan dengan bahasa Mandarin dimana tulisan dan pengucapan sangat penting untuk diperhatikan dalam mempelajari bahasa paling sulit yang satu ini.

3. Bahasa Polandia

Bahasa Polandia adalah salah satu bahasa tersulit di dunia yang sangat sulit untuk dipelajari. Bahasa yang satu ini umumnya digunakan di beberapa negara tertentu seperti Ukraina, Slovakia, Polandia, Rusia, yang menggunakan bahasa Polandia sebagai bahasa resminya.

Di dalam bahasa Polandia terdapat 7 kasus tata bahasa yang menjadikan salah satu bagian tersulit dalam menguasai bahasa ini. Ketujuh tata bahasa itu adalah nominatif, gender, datif, akusatif, instrumental, lokatif, dan vokatif.

4. Bahasa Jepang

Selanjutnya adalah Jepang. Mirip dengan bahasa Mandarain, bahasa Jepang adalah salah satu bahasa tersulit untuk dipelajari karena memiliki jenis alfabet yang berbeda. Dalam bahasa Jepang, terdapat 3 alfabet yang digunakan yakni hiragana, katakana, dan kanji.

Ketiga alfabet ini juga memiliki fungsi yang berbeda-beda. Hiragana digunakan untuk menulis kosakata asli Jepang. Katakana digunakan untuk menulis kosakata bahasa asing yang diserap dalam bahasa Jepang. Sedangkan untuk kanji merupakan aksara China yang digunakan ke dalam Bahasa Jepang.

5. Bahasa Rusia

Sama seperti bahasa sebelumnya, bahasa Rusia menjadi salah satu bahasa tersulit untuk dipelajari karena memiliki alfabet yang berbeda dengan yang biasanya. Dalam bahasa Rusia, jenis alfabet yang digunakan adalah alfabet kiril.

Alfabet ini memiliki huruf yang sama dengan huruf latin namun pelafalannya berbeda. Hal inilah yang membuat banyak orang asing cukup kesulitan dalam mempelajari bahasa Rusia ini. Ditambah dengan bahasa Rusia memiliki banyak konsonan membuat kamu harus benar-benar belajar untuk dapat menguasai bahasa tersulit di dunia ini.

Nah, itulah 5 bahasa tersulit di dunia untuk dipelajari. Semoga ulasan kami dapat bermanfaat, dan kamu sudah menguasai bahasa yang mana nih?

Tag : #bahasa    #tersulit    #pendidikan    #alfabet    #rusia    #mandarin    #jepang   

Baca Juga