Ilustrasi Hutan Hujan Tropis Terbesar di Dunia (Foto:himaba.fkt.ugm.ac.id)

5 Negara Pemilik Hutan Hujan Tropis Terbesar di Dunia, Salah Satunya Indonesia

Ester | Internasional | 31-10-2022

PARBOABOA – Pemasok oksigen terbesar di dunia adalah hutan hujan tropis. Hal itu dikarenakan, hutan hujan tropis memiliki curah hujan yang cukup tinggi dan membuat banyak tumbuhan dapat hidup di dalamnya.

Di dalam hutan hujan tropis diisi oleh banyak pohon berdaun lebar yang mampu membentuk lapisan daun lebat dan berisi beragam vegetasi dan kehidupan lainnya.

Tercatat, terdapat sekitar 3.000 spesies flora tumbuh di dalam hutan hujan tropis. Selain itu, di dalam hutan hujan tropis juga dapat ditemukan beragam jenis hayati, dimulai dari tanaman obat, langka, bahkan tanaman beracun sekali pun.

Menurut Institut Kanker Nasional Amerika Serikat, dua pertiga dari obat yang dapat ditemukan di dalam hutan hujan tropis memiliki sifat yang mampu melawan sel kanker.

Meski demikian, di antara banyaknya negara di dunia ini hanya ada 5 negara yang memiliki hutan hujan tropis terbesar di dunia. Negara apa sajakah yang memiliki hutan hujan tropis terbesar di dunia?

Berikut kami berikan ulasan mengenai negara yang memiliki hutan hujan tropis terbesar di dunia sebagai paru paru dunia.

1. Brazil

Negara pemilik hutan hujan tropis terbesar di dunia adalah Brazil. Hutan Azamon yang berada di Brazil dijuluki sebagai paru-paru dunia karena dapat memasok sebanyak 30% oksigen untuk bumi.

Selain itu, hutan Amazon juga menjadi hutan terluas di dunia yang mencakup beberapa negara seperti Brazil, Kolombia, Venezuela, Huayan, Ekuador, Peru, Bolivia, dan Suriname. Terdapat banyak flora dan fauna yang hidup di dalam hutan baik yang sudah terindentifikasi maupun belum. Hal itu yang membuat banyak ilmuwan sering melakukan penelitian di dalam hutan ini.

2. Republik Demokratik Kongo

Negara pemilik hutan hujan tropis terbesar kedua di dunia adalah Kongo. Kongo merupakan sebuah negara yang terletak di benua Afrika. Hutan hujan tropis di Kongo mencakup beberapa negara lainnya selain Kongo, yakno Afrika Tengah, Kamerun, Gabon, Equatorial Guinea, dan Republik Kongo.

Sebagian besar dari hutan ini terletak di Republik Demokratik Kongo dan berdekatan dengan sungai Kongo. Di dalam hutan ini terdapat banyak spesies tanaman yang jumlahnya tidak terindentifikasi.

3. Indonesia

Indonesia menjadi salah satu negara dengan hutan hujan terbesar dan terkenal di dunia saat ini. Hutan hujan tropis ini terletak di pulau-pulau besar Indonesia yakni Sumatera, Kalimantan, Sulawesi, dan Jawa.

Keindahannya juga tidak kalah dengan hutan hujan tropis lainnya yang bahkan menjadi negara dengan hutan hujan tropis terbanyak di dunia. Tidak heran Indonesia juga cukup sering disebut sebagia ‘paru-paru dunia’.

4. Peru

Negara pemilik hutan hujan tropis selanjutnya adalah Peru. Manu peru memiliki hutan hujan tropis terbesar di Peru yang diisi oleh beragam kekayaan flora dan fauna.

Di dalamnya terdapat lebih dari seribu spesies burung, 200 lebih mamalia, ribuan kupu-kupu, dan tanaman. Terdapat pula 5 spesies burung macaw yang ada di dalam hutan ini.

5. Madagaskar

Madagaskar dikenal identik dengan hutan hujan tropis terbesarnya. Meski negara di Benua Afrika cenderung kering, namun bagian timur khususnya Madagaskar sangat basah. Hal itu membuat terdapat hutan hujan tropis di wilayah ini.

Sayangnya, hutan hujan tropis hanya dapat ditemukan di beberapa pulau kecil Madagaskar. Namun ciri khas dari hutan hujan tropis di Madagaskar adalah, terdapat pohon raksasa baobab yang memiliki bentuk seperti botol. Pohon ini juga diketahui hidup lebih dari seribu tahun.

Tag : #hutan    #hutan hujan tropis    #internasional    #oksigen    #flora    #fauna   

Baca Juga