Rumah Kecil (Foto: flickr.com)

5 Rumah Terkecil di Dunia dengan Desain yang Unik

Martha | Ekonomi | 26-01-2022

PARBOABOA – Bila kalian ingin membangun rumah tapi mempunyai bajet yang sedikit ini ada 5 rumah terkecil dan minimalis, mana tau kalian tertarik.

Di wilayah pusat kota keberadaan rumah dengan ukuran kecil saat ini bisa dijadikan solusi untuk mengatasi permasalahan keterbatasan lahan bukan hanya itu saja tapi bisa jadi inovasi hunian.

Walau pun ukuran rumah ini kecil, rumah ini malah memiliki kesan yang unik dan jauh dari kesan pengap, sempit dan tidak nyaman. Bahkan beberapa orang kini menyadari bahwa ukuran kecil lebih menguntungkan.

Nah berikut kami perlihatkan lima rumah terkecil didunia namun memiliki desain yang unik.

1. Toronto’s Lettle House

Rumah kecil pertama terletak di Toronto, Kanada. Rumah ini memiliki ukuran lebar hanya 2,2 meter dan unik nya rumah ini terselip diantara rumah-rumah yang berukuran normal.

Rumah ini dibuat oleh seorang kontraktor bernama Arthur Weeden, mengapa ia bisa membangun rumah sekecil itu, karena ia tertarik melihat sisa tanah diantar dua rumah. Akhirnya pada tahun 1939 ia membangun sebuah hunian di tanah tersebut.

Walau pun rumah ini terlihat kecil, tapi semua perlengkapannya lengkap mulai dari ruang tamu, kamar mandi, dapur dan kamar tidur.

2. Cabin In The Woods

Di Finlandia, seseorang diizinkan untuk membangun hunian kecil tanpa izin jika kurang dari 96 - 128 kaki persegi (tergantung lokasi).

Jadi seorang desainer memanfaat kan hal itu dan ingin membangun rumah sendiri. Desainer tersebut menemukan sebuah lokasi di hutan saat mendaki untuk membangun sebuah kabin.

Ia tak membutuhkan waktu yang lama untuk membangun rumah impinya, ia hanya membutuhkan 2 minggu untuk membeli bahan yang dibutuhkan.

3. The Matcbox

Seorang seniman dan fotografer, Jay Austin, memutuskan untuk membangun "rumah yang harmonis".

Ia akhirnya membangun rumah seluas 140 kaki persegi, sepenuhnya bebas karbon dan dia menyebutnya "The Matchbox" atau kotak korek api. Rumah tersebut terletak di Washington DC, Amerika Serikat.

4. Tiny Texas House

Rumah mungil keempat dibangun dengan memanfaatkan bahan daur ulang. Dalam rumah ini kalian dapat menemukan ruang keluarga, dapur dan kamar mandi di lantai dasar, sedangkan kamar tidur berada di bagian loteng.

Rumah ini memiliki gaya desain khas seperti yang sering kamu lihat di film-film koboi, akan tetapi ukurannya jauh lebih mungil.

5. Singel Hauz

Rumah terkecil terakhir memiliki desain yang terbilang unik dan cenderung mutakhir. Terinspirasi dari billboard yang biasa ditemui di pinggir jalan, rumah mungil ini dapat dihuni oleh dua orang saja. Desain rumah terkecil di dunia ini memungkinkannya dibangun di area-area sempit yang tersisa di tengah padatnya kota.

Itulah beberapa rumah terkecil di dunia. Apakah kalian ingin membuat rumah seperti itu?

Tag : #rumah    #bangunan    #kecil    #mungil    #unik   

Baca Juga