PSG merekrut Lionel Messi secara gratis dari Barcelona (Foto: Getty Images)

5 Transfer Gratis Terbaik di Abad ke-21

Michael | Sepakbola | 16-07-2022

PARBOABOA – Pemain sepak bola biasanya pindah ke klub lain disertai dengan biaya transfer. Namun, ada pula pemain yang berganti tim secara gratis karena kontraknya yang sudah berakhir.

Ketika seoarang pesepakbola menandatangani kontrak untuk bermain di sebuah klub, sang pemain wajib berada di sana selama durasi kontrak yang disepakati.

Jika ada klub lain ingin merekrut pemain yang masih terikat kontrak, tentu kedua klub akan bertemu untuk bernegosiasi tentang biaya transfer.

Klub baru tidak perlu membayar biaya transfer seandainya sang pemain yang diinginkan sudah tak memiliki durasi kontrak lagi dengan klub lamanya.

Ini menjadi cara terbaik bagi klub yang menginginkan pemain tanpa harus mengeluarkan dana untuk klub lain, yang artinya penghematan dapat dilakukan.

Meski bisa mendapatkan pemain secara gratis tanpa mengeluarkan dana kepada klub lain, sebuah klub tetap harus mencapai sebuah kesepakatan dengan pemain terkait gaji dan klausul lain dalam kerja sama mereka.

Apalagi, jika pemain yang didapatkan secara gratis tersebut sebenarnya memiliki nilai yang sangat tinggi.

Seperti dilansir dari transfermarkt, inilah lima pemain sepak bola terbaik dunia yang berganti klub secara gratis beberapa tahun terakhir.

Lionel Messi (80 Juta Euro)

Dunia sepak bola sedikit berbeda ketika Lionel Messi dan Barcelona mengumumkan perpisahan mereka pada musim panas 2021. Setelah 17 tahun berada di Camp Nou, Messi bergabung bersama PSG dengan status bebas transfer terbaik jelang musim 2021/2022.

Pemain asal Argentina itu mendominasi permainan seperti tak ada pemain lain ketika dia bermain di Barcelona. Messi meraih 6 trofi Ballon d’Or bersama Barcelona, dan meraih lima penghargaan Sepatu Emas.

Messi mencetak 672 gol dan 303 assist dalam 778 penampilan, membantu Barcelona untuk meraih 10 gelar juara La Liga, 4 trofi Liga Champions, dan tujuh trofi Copa del Rey.

Messi kesulitan untuk menunjukkan permainan terbaik dalam musim debutnya bersama PSG. Ia mengakhiri musim 2021/2022 dengan hanya mencetak 11 gol dan 15 assist dalam 34 pertandingan di semua kompetisi.

Gianluigi Donnarumma (Harga 60 Juta Euro)

Paris Saint-Germain (PSG) memaksakan diri untuk menjadi tim bertabur bintang pada musim panas lalu, merekrut sejumlah bintang hebat dengan gratis. 

Gianluigi Donnarumma menjadi satu di antara pemain dengan nilai tinggi yang didatangkan PSG secara gratis.

Kiper berusia 23 tahun ini bernilai 60 juta euro pada musim panas lalu, jelang kepindahannya dari AC Milan.

Donnarumma, yang merupakan satu di antara kiper menjanjikan di dunia pada saat ini, telah bermain sebanyak 251 kali bersama AC Milan hingga akhirnya memilih bergabung bersama PSG pada 2021 dan menjadi pemain bebas transfer terbaik.

Ia mampu mencatat 88 clean sheet dan kebobolan 265 gol.

Kiper asal Italia jebolan akademi AC Milan itu menjadi salah satu yang terbaik di dunia. Namun, ia kecewa karena musim debutnya di PSG tidak bagus.

Ia sering kali melakukan blunder, satu di antaranya membantu Real Madrid bangkit dari ketertinggalan di babak 16 besar Liga Champions.

David Alaba (Harga 55 Juta Euro)

David Alaba bergabung bersama Bayern Munchen U-19 dari tim pelapis Austria Wien. Setelah 13 tahun, ia benar-benar memperlihatkan diri sebagai sosok pemimpin yang luar biasa dan bek yang sulit ditaklukkan di Allianz Arena.

Dari berburu pemain lawan sebagai bek kiri hingga bermain di pusat pertahanan, Alaba bisa melakukan semua itu di Bayern Munchen. Ia adalah satu di antara pemain terbaik dari tim bertabur bintang.

Alaba bermain sebanyak 431 kali bersama Bayern Munchen antara musim 2009/2010 hingga 2020/2021, mencetak 33 gol dan 55 assist. Ia membantu Bayern Munchen menjuarai Liga Champions dan dua trofi Liga Champions, di samping sejumlah penghargaan lain.

Pada akhir kontraknya 2021 lalu, Alaba memilih bergabung bersama Real Madrid secara bebas transfer terbaik pada musim panas tahun lalu. Padahal, saat itu harganya dinilai mencapai 55 juta euro.

Robert Lewandowski (Harga 50 Juta Euro)

Bermain di bawah asuhan Jurgen Klopp, Robert Lewandowski menemukan karier yang luar biasa di Borussia Dortmund. Lewandowski bergabung bersama Dortmund dari Lech Poznan pada musim panas 2010.

Robert Lewandowski pun berhasil membantu timnya meraih gelar juara Bundesliga dua musim berturut-turut pada awal kariernya bersama Dortmund.

Ia mencetak 30 gol dan mempersembahkan 13 assist dalam 67 penampilan di liga selama dua musim ini. Robert Lewandowski tetap bersama Dortmund untuk dua musim berikutnya, mencetak 71 gol dalam 103 penampilan di semua kompetisi.

Pada akhir kontraknya, Lewandowski bergabung bersama rival abadi, Bayern Munchen, dengan status bebas transfer terbaik pada tahun 2014. Pemain asal Polandia ini bernilai 50 juta euro pada saat itu.

Bersama Bayern Munchen, Lewandowski mampu mencetak gol yang lebih banyak lagi, mencetak 344 gol dalam 375 penampilan di semua kompetisi. 

Gol-gol luar biasa yang dicetaknya telah membantu The Bavaria meraih gelar juara Bundesliga sebanyak delapan kali berturut-turut dan satu trofi Liga Champions.

Paul Pogba (Harga 48 Juta Euro)

Paul Pogba dikenal dunia sebagai satu di antara gelandang berbakat pada generasinya. Sayangnya, hal tersebut tak berhasil diperlihatkan ketika berseragam Manchester United (MU).

Demi keselamatan kariernya, ia meninggalkan Old Trafford dua kali dengan status bebas transfer, dan menariknya keduanya bergabung bersama Juventus.

Pertama kali Pogba datang ke Juventus pada 2012, di mana saat itu ia direkrut dengan status bebas transfer dari MU dan nilainya baru 3,5 juta euro. Setelah empat tahun berselang, ia membuktikan dirinya sebagai satu di antara gelandang terbaik di dunia.

Pemain asal Prancis itu mencetak 34 gol dan 40 assist dalam 178 pertandingan di semua kompetisi untuk Juventus. Ia membantu Juventus memenangi empat gelar juara Serie A dan dua trofi Coppa Italia.

Keberhasilannya bersinar bersama Juventus membuat MU menginginkan dirinya lagi dan terpaksa membelinya setelah itu. 

Pogba kini kembali ke Juventus dengan status bebas transfer terbaik. Namun, melihat nilainya saat ini, pemain asal Prancis ini sudah bernilai sebesar 48 juta euro.
 

Tag : #bursa transfer    #lionel messi    #sepakbola    #paul pogba    #robert lewandowski    #david alaba    #gianluigi donnarumma   

Baca Juga