Ilustrasi, foto: Leskompi

7 Cara Cek Kecepatan Internet Tanpa Aplikasi

Wanovy | Teknologi | 13-09-2022

PARBOABOA - Saat ini internet merupakan bagian hidup kita, hampir setiap rumah memiliki koneksi internet. Banyak yang menggunakan internet untuk berbagai alasan seperti download film, video, perangkat lunak dan banyak lagi.

Tapi ketika Anda keluar dan Anda ingin men-download film, file video atau perangkat lunak dari komputer lain, Anda harus tahu kecepatan internet sebelum men-download apa pun. Karena waktu download di pengruhi kecepatan koneksi internet.

Oleh karena itu penting sekali untuk mengetahui kecepatan koneksi internet anda. Nah, berikut Parboaboa.com akan memberi tahu beberapa website untuk test kecepatan koneksi internet.

1. Speedtest.net

Cara cek kecepatan internet yang pertama adalah mengakses Speedtest.net untuk mengetahui kecepatan dari internet yang Anda gunakan.

Website ini yang paling sering digunakan banyak orang untuk mengetahui kecepatan internet mereka.

Apalagi Anda juga bisa mengaksesnya melalui aplikasi yang bisa diunduh melalui Play Store atau App Store.

Speedtest.net bisa menjadi pilihan akurat karena situs ini memiliki banyak server yang tersebar di seluruh dunia mencapai lebih dari 1.000 server.

Selain mengetahui informasi kecepatan saat download maupun upload, situs ini juga memberikan informasi latency dan packet loss.

2. Fast.com

Selanjutnya ada Fast.com yang dikembangkan oleh Netflix untuk mengetahui kecepatan internet default maupun utama melalui aplikasi Netflix.

Walaupun tampilannya sederhana, namun Fast.com mampu menampilkan informasi penting selain kecepatan download atau upload.

Anda juga bisa mengetahui latency dari kecepatan internet saat mengoperasikan layanan streaming sehingga memastikan kestabilan koneksi internet.

3. Ookla SpeedTest

Dalam aplikasi dan situs ini, Anda akan mendapatkan beberapa informasi mengenai kecepatan unggah, kecepatan unduh, latensi, dan jitter, ia dapat melakukan tes video untuk mengukur resolusi, waktu buka, dan buffering.

Anda dapat meninjau riwayat pengujian, melihat grafik waktu nyata untuk melihat seberapa konsisten koneksi Anda.

Untuk mencobanya Anda dapat mengunjungi tautan berikut ini. SpeedTest Master SpeedTest Master menawarkan tes kecepatan standar dan fitur tambahan.

Anda dapat melakukan tes ping lanjutan untuk memeriksa stabilitas jaringan dan mendeteksi perangkat yang menggunakan Wifi Anda tanpa izin.

Pengguna juga bisa memeriksa kekuatan sinyal untuk menemukan titik terkuat, dan menemukan saluran yang tidak terlalu ramai untuk router Wifi Anda.

4. Testmy.net

Berbanding terbalik dengan fast.com, situs testmy.net menyediakan hasil laporan kecepatan secara mendetail.

Kita dapat memilih apakah kita hanya ingin mengetest kecepatan download saja atau kecepatan upload saja. Selanjutnya akan muncul hasil yang lengkap disertai grafik kecepatan koneksi anda.

5. Meter.net

Dengan meter.net kita dapat mengukur kecepatan ping, download dan upload. sama seperti speedtest, namun situs ini menjamin proses pengcekan hanya berlangsung 30 detik. kita juga dapat memilih lokasi server.

6. Bandwidth Place

Bandwidth Place bisa digunakan untuk mengetahui kecepatan koneksi internet. Bandwidth Place diluncurkan oleh perusahaan penyedia layanan internet asal Houston, Texas pada 2002 silam. Bandwidth Place menyediakan PING, download speed, dan upload speed.

PING adalah waktu respons dari koneksi internet ketika mengirim permintaan. PING diukur menggunakan satuan milidetik.

Apabila nilai PING pada hasil cek kecepatan internet rendah, itu berarti koneksi internetnya sangat baik, begitu pun sebaliknya.

Download speed merupakan istilah untuk menentukan kecepatan koneksi yang digunakan ketika mengunduh file atau data.

7. Speed Smart

Speed Smart dapat diakses gratis ke situs https://speedsmart.net/. Kemudian pengguna tinggal masuk ke laman akses atau buka aplikasi di ponsel dan klik Start Speedtest.

Durasi mengetahui kecepatan koneksi internet pada Speed Smart berlangsung sekitar 40 detik dengan menampilkan hasil PING, download speed, upload speed, provider, IP, server.

Nah, itulah tadi beberapa cara cek kecepatan internet tanpa aplikasi yang bisa Anda coba. Semoga bermanfaat!

Tag : #internet    #speedtest    #teknologi    #tips    #apps    #kecepatan internet   

Baca Juga