8 Kota Terbersih di Indonesia

8 Kota Terbersih di Indonesia

Olivia | Nasional | 07-02-2022

Parboaboa, Indonesia – Pemerintah RI masih harus berurusan dengan masalah kebersihan lingkungan di Indonesia. Program jangka panjang pun sudah dilakukan untuk menjaga kebersihan lingkungan, seperti penghargaan untuk kota terbersih.

Walau hasilnya belum maksimal, pemerintah masih terus berupaya agar Indonesia semakin bersih.

Penghargaan kota terbersih diberikan untuk kota yang sudah memenuhi kriteria lingkungan yang bersih dan hijau, serta ketentuan lainnya.

Penghargaan kota terbersih sering juga disebut Penghargaan Adipura.

Penghargaan Adipura tidak diberikan begitu saja kepada satu kota. Sebuah kota dinyatakan sebagai kota terbersih bukan hanya sebatas bersih dan hijau saja, namun ada beberapa kriteria yang perlu diperhatikan.

Berikut beberapa kriteria penting yang dianggap sebagai standart penentu kota yang berhak mendapatkan penghargaan Adipura.

1. Terdapat indikator kondisi fisik lingkungan perkotaan dalam hal kebersihan dan keteduhan kota. Serta adanya upaya yang signifikan dalam mengelola limbah.

2. Terdapat indikator pengelolaan lingkungan perkotaan (non-fisik), yang meliputi institusi, manajemen, dan daya tanggap. Contohnya, mempromosikan ekonomi sirkular melalui pengelolahan sampah.

3. Penutupan Tempat Pemrosesan Akhir (TPA) yang masih menggunakan sistem terbuka atau open dumping.

4. Penerapan sistem pengelolaan sampah terpadu mulai dari hulu ke hilir. Ini ditujukan untuk pencegahan terjadinya pencemaran sungai.

5. Tersedianya pengelolaan dan penanganan sampah yang baik sehingga bisa mengurangi jumlah sampah yang ada pada satu kota.

8 daftar kota terbersih yang ada di Indonesia dan salah satunya berada di JABODETABEK, sebagai berikut:

1. Kota Semarang
2. Kota Surabaya
3. Kota Makasar
4. Kota Malang
5. Kota Tangerang
6. Kota Jakarta Pusat
7. Kota Balikpapan
8. Kota Palembang

Tag : #penghargaan adipura    #Indonesia    #kota terbersih   

Baca Juga