parboaboa

7 Aplikasi Prediksi Cuaca, Antisipasi Hujan Saat Mudik Tahun Baru

Wanovy | Teknologi | 29-12-2022

Ilustrasi, foto: AndroidOut

PARBOABOA - Meski sudah memasuki musim kemarau, belakangan ini beberapa daerah di Indonesia masih diguyur hujan deras hingga banjir. Karenanya, penting memiliki aplikasi prakiraan cuaca untuk persiapan menghadapi cuaca yang tidak menentu.

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) belum lama ini memprediksi hujan dengan intensitas ringan hingga lebat masih berpotensi terjadi di sebagian besar wilayah Indonesia pada 16-23 Juli 2022, meski sudah memasuki musim kemarau.

Untungnya, saat ini sudah ada banyak layanan dan aplikasi prakiraan cuaca yang bisa digunakan untuk memantau cuaca untuk beberapa hari kemudian. Aplikasi seperti ini tentu memudahkan kita untuk bersiap-siap jika mendadak turun hujan.

Berikut daftar tujuh rekomendasi aplikasi prakiraan cuaca yang akurat dan gratis, yang dihimpun dari berbagai sumber.

1. Weather Radar

Aplikasi weather radar memiliki perkiraan cuaca yang cukup akurat. Aplikasi ini bisa menunjukkan cuaca secara real time dengan peta radar dan dilengkapi dengan menyediakan peringatan atau notifikasi jika terjadi cuaca buruk.

Anda bisa mendapatkan informasi mengenai informasi detail cuaca harian, jam, dan mendeteksi perkiraan hujan, badai serta gelombang secara akurat. Aplikasi ini bisa diunduh melalui Google Play Store secara gratis.

2. Rain Viewer

Selanjutnya ada aplikasi Rain Viewer yang bisa membantu untuk menunjukkan perkiraan cuaca, seperti hujan, badai, serta salju di peta radar live. Aplikasi ini memiliki fitur untuk memantau pergerakan badai dalam 90 menit ke depan.

Keunggulan lainnya dari aplikasi ini adalah dapat memperkirakan cuaca selama 24 jam dan 7 hari yang ditampilkan melalui grafik. Terdapat juga notifikasi hujan dan pengguna bisa membaginya dengan kerabat lain melalui berbagai media sosial.

3. Info BMKG

Aplikasi ini disediakan oleh Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) dan telah diunduh lebih dari 5 juta kali di Play Store.

Info BMKG berisikan informasi cuaca, iklim, kualitas udara, dan gempa bumi yang terjadi di Indonesia. Aplikasi ini cukup ringan dengan ukuran kurang dari 10 MB.

Info BMKG juga memberikan informasi gempa bumi terbaru M ≥ 5.0 dan gempa bumi signifikan, dengan jarak antara lokasi gempa dan informasi lokasi. Dan masih banyak lagi fitur-fitur yang tidak disebutkan di sini.

4. AccuWeather

Aplikasi prakiraan cuaca ekstrem berikutnya yang bisa dicoba adalah AccuWeather. Pada layar utama aplikasi ini pengguna bisa menemukan beberapa informasi mengenai prakiraan cuaca.

Seperti prakiraan cuaca yang akan datang, kondisi cuaca terkini, peta radar yang bisa disesuaikan dengan wilayah pengguna.

Di aplikasi ini pengguna bisa mengatur notifikasi peringatan apabila terjadi cuaca buruk. Pengguna juga bisa menyesuaikan lokasi yang ditempatinya.

AccuWeather dapat diinstal di ponsel Android atau iOS secara gratis. Namun perlu diperhatikan bahwa versi gratis akan berisi iklan.

Apabila ingin meniadakan iklan, pengguna bisa berlangganan AccuWeather dengan harga sekitaar 2,99 dolar AS atau setara Rp 41.000. Aplikasi ini bisa diunduh di Play Store dan App Store.

5. Carrot Weather

Bagi pengguna iOS dapat mencoba Carrot Weather untuk memprediki cuaca ekstrem yang akan terjadi di sejumlah wilayah Jabodetabek.

Memiliki layanan yang kurang lebih sama, Namun aplikasi ini memiliki kolom deskripsi dan prediksi, dan gejala yang akan timbul sebelum cuaca terjadi.

Untuk menggunakan aplikasi ini pengguna perlu berlangganan sekitar 4,99 dolar AS atau sekitar Rp 69.000.

6. Transparent Clock & Weather

Dari namanya saja Anda tentu bisa memprediksi bahwa ini merupakan widget yang menyertakan ramalan cuaca dan jam digital.

Namun, tidak hanya itu saja, Transparent Clock & Weather juga menunjukkan tingkat baterai ponsel, alarm, jadwal harian, dan kalender. Bahkan, widget tersebut juga akan menampilkan informasi sistem internal, seperti kapasitas microSD dan status Wi-Fi.

Saat ini, aplikasi ini memiliki 10 widget dalam berbagai ukuran dan detail. Anda bisa menyesuaikan pengaturannya berdasarkan kenyamanan Anda.

Ini merupakan alternatif aplikasi ramalan cuaca terbaik untuk Anda yang menginginkan sebuah ramalan cuaca dalam smartphone yang lebih dari standar.

Itulah tadi beberapa aplikasi prediksi cuaca untuk mengantisipasi hujan saat mudik. Semoga bermanfaat!

Editor: -

Tag: #aplikasi cuaca    #weather    #teknologi    #apps    #prediksi cuaca   

BACA JUGA

BERITA TERBARU