Jokowi Ingatkan agar Relawan Projo tidak tergesa gesa dalam mengambil keputusan politik jelang Pilpres 2024 (Dok:nasional.tempo.co)

Arahan Jokowi ke Projo Soal Pilpres 2024: Jangan Tergesa-gesa

Dimas | Politik | 21-05-2022

PARBOABOA, Jakarta – Presiden Joko Widodo (Jokowi) membuka Rapat Kerja Nasional (Rakernas) V Relawan Pro Jokowi (Projo) di Balai Ngargogondo, Borobudur, Magelang, Sabtu (21/5). Dalam acara itu, Jokowi ingatkan agar Projo tidak tergesa gesa dalam mengambil keputusan politik jelang Pilpres 2024.

Awalnya, Jokowi membuka Rakernas dengan memaparkan tantangan memimpin di era pandemi Covid-19 dan dampak perang Rusia-Ukraina yang dirasakan negara-negara di dunia. Selain itu, Jokowi juga mengungkapkan upaya pemerintah dalam menstabilkan harga-harga seperti bahan bakar, minyak goreng, hingga bahan pangan.

"Semuanya sulit dihitung karena ketidakpastian global terus menerus terjadi, sehingga yang ketiga yang berkaitan dengan politik karena kita harus fokus dan bekerja menyelesaikan persoalan itu tadi, urusan politik ojo kesusu sik, jangan tergesa-gesa," kata Jokowi.

Kemudian, Jokowi meminta para relawannya agar bersabar menunggu arahan mengenai siapa capres yang akan di pilih nantinya. Ia pun menyebutkan bahwa kemungkinan calon yang akan diusung berada dalam acara Rakernas tersebut.

"Meskipun mungkin yang kita dukung ada di sini, sudah dibilang jangan tergesa-gesa, ojo kesusu. Ini mau tergesa-gesa kelihatannya. Sekali lagi persoalan-persoalan ini harus diselesaikan dulu baru kita masuk ke yang namanya keputusan yang saya akan dengar dari bapak-ibu semuanya, saya akan ajak bicara seali lagi jangan tergesa-gesa," ujar Jokowi.

"Karena kita politik sekarang ini masih belum jelas bener ndak. Partai apa mencalonkan siapa belum jelas. Sehingga jangan sampai keliru, jangan sampai salah. Setuju kita sabar? Setuju kita tidak tergesa-gesa dulu? Oke," ujar Jokowi menambahkan.

Sebelumnya, menurut Ketua Umum Projo Budi Arie Setiadi, Rakernas kali ini akan mengusung tema “Haluan Projo Menuju 2024”. Rakernas ini diselenggarakan untuk menentukan arah pada tahun politik 2024 serta meminta arahan Jokowi.

"Kami akan rincikan haluan baru Projo. Perlu perubahan taktik dan strategi menghadapi situasi pergantian pemerintahan nasional di 2024. [Dukungan capres] tergantung arahan Pak Presiden," kata Budi dalam keterangannya, Kamis (19/5).

Senada dengan Budi, Bendahara Umum Projo Panel Barus juga mengatakan bahwa Jokowi akan hadir dalam acara Rakernas V untuk memberikan pidato dan arahan agar Projo memiliki landasan pada Pilpres 2024. Ia pun mengatakan, Acara Rakernas V Projo akan digelar mulai 20-22 Mei 2022.

"Ya menentukan langkah politik Projo 2024, kita akan dengar dulu arahan Presiden dalam pidato besok. Karena arahan beliau, selaku Ketua Dewan Pembina, akan menjadi pijakan, akan jadi dasar, basis kita mengambil keputusan bertindak," ujar Panel dalam keterangannya, Jumat (20/5).

Tag : #jokowi    #relawan projo    #politik    #rakenas v projo    #pilpres 2024   

Baca Juga