Arti Proporsi dan Peranannya dalam Seni Rupa (Dok. Rozi Senirupa)

Arti Proporsi dan Peranannya Dalam Seni Rupa

Juni | Pendidikan | 03-06-2022

PARBOABOA - Saat mendengar kata proporsi, tentu kita akan mengaitkannya dengan kata proporsional. Padahal kedua kata ini memiliki makna yang berbeda.

Merujuk dari Kamus Besar Bahasa Indonesia, yang dimaksud dengan proporsi adalah seimbang atau keseimbangan. Kata proporsi kerap digunakan dalam dunia seni atau estetika, khususnya seni rupa. Lantas bagaimana peranan proporsi dalam seni rupa?

Untuk menjawab pertanyaan tersebut, berikut penjelasan mengenai proporsi dan peranannya dalam seni rupa yang telah Parboaboa rangkum dari berbagai sumber. Yuk, simak penjelasannya.

Apa itu Proporsi?

Banyak orang pasti familiar dengan kata ini, hanya saja yang biasa didengar yaitu kata proporsional, yang berarti perbandingan dan menggambarkan deskripsi suatu hal. Misalnya saja, kedua tangannya terlihat sangat proporsional.

Jadi, bisa disimpulkan bahwa arti kata proporsional tersebut menjelaskan sifat dari suatu hal. Perlu diketahui bahwa perbandingan merupakan hal yang mendasar dari makna kata proporsi. Sesuatu yang memiliki nilai tetap dapat digunakan sebagai pembanding untuk hal lainnya.

Makna Proporsi dalam Seni Rupa

Proporsi dalam seni rupa adalah suatu benda yang tersusun dari satu kesatuan berdasarkan ukuran antara bagian yang satu dengan bagian lainnya. Pengertian lain menyebutkan bahwa proporsi adalah perbandingan yang harmonis dan ideal antara setiap bagian objek gambar.

Sebuah karya seni tentunya sangat membutuhkan proporsi, agar memiliki nilai estetika yang tinggi dan kesan yang seimbang. Setiap hal yang mengandung proporsi pasti akan memiliki keseimbangan yang ideal (pantas, benar, dan sesuai) di setiap unsurnya.

Apabila suatu gambar tidak memiliki proporsi, akan membuatnya menjadi kurang seimbang, baik dari bentuk maupun pewarnaannya.

Terdapat beberapa hal yang berkaitan dengan proporsi dalam seni rupa, diantaranya panjang, lebar, tinggi, luas, serta ukuran kanvas. Proporsi digunakan untuk mempertimbangkan perbandingan antara bidang kanvas atau kertas dengan objek yang akan dilukis atau digambar.

Prinsip proporsi adalah penekanan pada variasi atau keragaman ukuran unsur yang satu dengan yang lainnya dalam satu kesatuan yang utuh.

Contoh Proporsi dalam Seni Rupa

Salah satu karya seni rupa yang menarik perhatian dan cukup menantang untuk dilukis adalah tubuh manusia. Untuk menggambar tubuh, alangkah baiknya mengetahui proporsi yang tepat. Berikut ini adalah sampel proporsi manusia berdasarkan tingkatan usia, yaitu :

  • Usia 1-3 tahun, proporsi tubuh : tinggi kepala = 1 : 4
  • Usia 4-6 tahun, proporsi tubuh : tinggi kepala = 1 : 5
  • Usia 7-13 tahun, proporsi tubuh : tinggi kepala = 1 : 6
  • Usia 14-17 tahun, proporsi tubuh : tinggi kepala = 1 : 7
  • Usia 18-45 tahun, proporsi tubuh : tinggi kepala = 1 : 8

Jika dilihat, antara seni rupa dan proporsi adalah sebuah perbandingan yang ideal dan harmonis di setiap bagian benda yang menjadi objek gambar.

Tag : #seni rupa    #proporsi    #pendidikan    #seimbang    #prinsip proporsi   

Baca Juga