Setnov kedapatan bawa hp ke lapas

Beredar Foto Setya Novanto Bawa Handphone ke Dalam Lapas

abdul | Hukum | 17-07-2021

Terpidana kasus korupsi e-KTP Setya Novanto kembali menarik perhatian, pasalnya beredar sebuah foto Setnov di dalam Lapas Sukamiskin, namun membawa handphone.

Dalam foto yang beredar Setnov tampak sedang duduk bersama beberapa terpidana lainnya, yang salah satunya merupakan mantan Wali Kota Bandung yang juga terpidana kasus korupsi pengadaan lahan ruang terbuka hijau kota Bandung.

Saat dikonfirmasi Kepala Lapas Sukamiskin Elly Yuzar menyatakan foto itu diambil tahun lalu saat perayaan Idul Adha 2020.

"Terkait handpone, itu adalah pelanggaran tata tertib di lapas dan segera kami tindak lanjuti. Yang bersangkutan sudah dipanggil dan diperingatkan tentang pelanggaran tata tertib tersebut," ujar Yuzar.

Penyeludupan handphone ke dalam lapas membuktikan lemahnya Kementrian Hukum dan HAM dalam mengelola lembaga pemasyarakatan yang di isi oleh korutor. Peneliti Indonesia Corruption Watch meminta agar Setnov dipindahkan ke lapas dengan tingkat pengawasan maksimum, seperti Nusakambangan.

Pelanggaran ini bukan yang pertama kali dilakukan Setnov, sebelumnya pada tahun 2019 beredar foto Setnov melancong ke kawasan Bandung Barat.

Perwakilan ICW juga meminta menelusuri penyebab Setnoov dapat membawa handphone ke lapas, apakah karena kelalaian atau karena tindak suap. 

Tag : #hukum   

Baca Juga