Legenda NBA Bill Russell (Dok: Media Indonesia)

Legenda NBA Bill Russell Meninggal Dunia

Dimas | Olahraga | 01-08-2022

PARBOABOA, Jakarta -  Salah satu legenda NBA Bill Russell dikabarkan meninggal dunia pada Minggu (31/7). Sang legenda menghembuskan nafas terakhirnya di usia 88 tahun.

Kabar meninggalnya Bill Russell, awalnya diketahui dari akun Twitter resmi miliknya @RealBillRussell. Akan tetapi, penyebab dan lokasi meninggalnya Bill Russell sendiri tidak diungkapkan.

"Bill Russell, pemenang paling produktif dalam sejarah olahraga Amerika, meninggal dengan tenang hari ini dalam usia 88 tahun, bersama istrinya, Jeannine, di sisinya," tulis akun Twitter @RealBillRussell.

Untuk diketahui, Bill Russell sendiri merupakan pemain yang paling banyak meraih gelar NBA sepanjang sejarah. Ia setidaknya telah membukukan 11 gelar pada masa kejayaan Celtics.

Sepanjang masa kariernya, Russell menorehkan rata-rata 15,1 poin, dan 22,5 rebound selama 13 musim dari 1956 hingga 1969. Dengan kepiawaiannya tersebut, pemain kelahiran 12 Februari 1934 ini tercatat telah lima kali terpilih sebagai Most Valueable Player (MVP) NBA dan 12 kali terpilih masuk tim All-Star.

Selain berprestasi di dunia basket, ia juga dikenal rajin menyuarakan keadilan sosial sepanjang hidupnya. Hal itu terbukti dari penjelasan pihak keluarga melalui akun Twitter resmi Bill Russell, tentang bagaimana ia memperjuangkan keadilan agar tak ada lagi diskriminasi datau rasisme.

"Tetapi untuk semua kemenangan, pemahaman Bill tentang perjuangan itulah yang menerangi hidupnya. Dari memboikot pertandingan ekshibisi tahun 1961 hingga membuka kedok diskriminasi yang terlalu lama ditoleransi, hingga memimpin kamp bola basket terpadu pertama di Mississippi setelah pembunuhan Medgar Evans yang mudah terbakar."

"Untuk beberapa dekade aktivisme yang akhirnya diakui dengan menerima Presidential Medal of Freedom pada tahun 2010, Bill menyerukan ketidakadilan dengan keterusterangan yang tak kenal ampun yang dia maksudkan akan mengganggu status quo. Dan dengan contoh kuat yang, meskipun tidak pernah niatnya yang rendah hati, akan selamanya menginspirasi kerja tim, tidak mementingkan diri sendiri, dan perubahan yang bijaksana," tulis unggahan akun Twitter @RealBillRussell.

Tag : #nba    #basket    #olahraga    #bill russell    #meninggal dunia   

Baca Juga