BMKG: Aktivitas Sesar Kendari Picu Gempa Magnitudo 3,4 di Kabupaten Konawe

Ilustrasi - BMKG melaporkan telah terjadi gempa dangkal dengan kekuatan magnitudo 3,4 di di Kabupaten Konawe, Sulawesi Tenggara yang dipicu oleh aktivitas sesar Kendari. (Foto: Getty Images/iStockphoto/Petrovich9)

PARBOABOA, Jakarta - Badan Meteorologi Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Kendari menyebut jika aktivitas Sesar Kendari menjadi pemicu terjadinya gempa dangkal berkekuatan magnitudo 3,4 di Kabupaten Konawe, Sulawesi Tenggara.

Adapun gempa dangkal tersebut terjadi pada pukul 15.33 WITA.

“Info gempa magnitudo 3,4 skala richter (SR) sekitar pukul 15.33 WITA,” kata Kepala Stasiun Geofisika BMKG Kendari, Rudin dalam keterangannya di Kendari pada Jumat (17/02/2023).

Rudin mengatakan, lokasi titik gempa dangkal ini berada di Timur Laut Sampara, Kabupaten Konawe, Sulawesi Tenggara dengan kedalam lima kilometer.

“0,9 kilometer Timur Laut Sampara, Kabupaten Konawe, Sulawesi Tenggara. Kedalaman lima kilometer,” tutur Rudin.

Ia mengungkapkan jika gempa itu dapat dirasakan getarannya hingga wilayah Kota Kendari atau getaran yang dirasakan dengan skala intensitas III-IV MMI (Modified Marcelly Intensity) atau getaran yang dirasakan nyata dalam rumah seperti getaran yang dirasakan seakan-akan kendaraan truk berlalu.

“Getaran dirasakan nyata dalam rumah. Terasa getaran seakan-akan ada truk berlalu,” ujarnya.

Sementara itu, jika diperhatikan melalui lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, gempa bumi yang terjadi merupakan gempa dangkal akibat aktivitas Sesar Kendari.

“aktivitas itu terjadi di Segmen Utara di Timur Laut Sampara Kabupaten Konawe,” jelasnya.

TAG :
Baca Juga
LIPUTAN KHUSUS