Presiden Jokowi (Foto: Humas Kementerian ATR/BPN)

Bocoran dari Jokowi Tentang Proyek Pertama di IKN Nusantara

Wulan | Nasional | 23-02-2022

PARBOABOA, Jakarta – IKN atau Ibu Kota Nusantara merupakan sebuah kota terencana yang akan menggantikan posisi Jakarta sebagai ibu kota negara indonesia yang baru mulai tahun 2024 dan sudah ditetapkan di Provinsi Kalimantan Timur.

Presiden Jokowi telah membeberkan tahap awal pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara tersebut. Pembangunan ini akan diawali dengan revitalisasi dan mereboisasi hutan. Dan akan diikuti dengan tahap pembangunan infrastruktur dasar, wilayah hijau dan biru kota, kompleks pemerintahan, perkantoran beserta sarana dan prasarananya.

Upaya ini akan dilakukan melalui transformasi merawat alam dan lingkungan. Hal ini akan dijadikan sebagai pekerjaan besar bersama yang nantinya akan membutuhkan kontribusi, peranan dan kerja sama bagi kita semua.

Jokowi juga menyadari banyak masukan dan harapan terhadap wujud IKN Nusantara yang kelak akan terwujud. Sehingga perlu adanya kerja tim yang saling bersinergi dalam prosesnya.

“Saya menyadari banyak aspirasi dan tingginya harapan kita semua untuk IKN Nusantara. Hal ini kita jadikan sebagai pekerjaan besar bersama yang membutuhkan kontribusi peranan dan kerja sama kita semuanya,” katanya

"Transformasi dalam berbangsa dan bernegara, memperkenalkan kembali pada poros peradaban Nusantara, kepada kekayaan dan keberagaman alam dan budaya Indonesia. Transformasi dalam bermukim, harmonis dengan alam, dilengkapi dengan hunian yang dinamis, humanis, dan berbasis semangat gotong royong serta kebersamaan," sambung dia.

Selain itu, IKN ini bertujuan merespons komitmen indonesia dalam penaggulangan perubahan iklim dan bakal menjadi kota yang terbuka nantinya.

Tag : #jokowi    #ikn nusantara    #nasional   

Baca Juga