Ilustrasi

Cara Hard Reset HP Xiaomi

Wanovy | Teknologi | 14-10-2021

Bagi Anda pengguna smartphone Xiaomi, tak jarang menemukan permasalahan seperti ponsel yang tiba-tiba error, freezing, atau masalah lainnya. Hal tersebut terkadang membuat penggunanya merasa kesal, sehingga mencari solusi untuk mengatasi hal tersebut.

Salah satu cara yang dapat dilakukan adalah dengan melakukan factory reset ponsel. Factory/hard reset alias menghapus semua setting, aplikasi, dan data di ponsel sehingga kembali ke kondisi awal dari pabrik kadang perlu dilakukan oleh pengguna ponsel, misalnya saat ingin menjual perangkatnya.

Untuk ponsel Android, cara melakukan factory reset lebih kurang sama, tapi mungkin bisa berbeda sedikit antar merek perangkat dalam hal menu yang harus dibuka dan nama-namanya.

Namun sebelum melakukan reset pabrik, terlebih dahulu Anda perlu melakukan beberapa persiapan penting. Pasalnya, factory reset dapat menghilangkan seluruh file dan data yang ada di smartphone Anda.

Sehingga sebelum melakukan proses ini, pastikan Anda telah melakukan pencadangan file penting seperti kontak, foto, video, dokumen, maupun file penting lainnya. Anda dapat memindah seluruh file di perangkat lain ataupun menyimpannya di cloud storage online seperti Google Drive, Dropbox, dan lain-lain.

Selain itu, Anda juga perlu mem-backup riwayat chat dari aplikasi perpesanan dan aplikasi lain yang ada di smartphone Anda, sehingga nantinya Anda tak perlu mengunduh kembali aplikasi-aplikasi tersebut.

Untuk melakukan hard reset di HP Xiaomi dapat dilakukan dengan mengikuti langkah-langkah sebagai berikut :

  1. Pertama, pastikan baterai ponsel cukup karena proses factory reset bisa berlangsung beberapa menit. Dianjurkan agar baterai setidaknya masih terisi 50%.
  2. Jika sudah siap, buka menu “Settings” pada ponsel. Kemudian pilih menu "About Phone".
  3. Pada menu About Phone, pilih opsi "Factory reset".
  4. Apabila sebelumnya telah memasang kode PIN atau password pada ponsel, maka Anda akan diminta untuk memasukan kode keamanan tersebut sebagai bentuk konfirmasi.
  5. Akan muncul jendela kecil berisi peringatan. Setelah menunggu waktu kurang lebih 10 detik, pengguna dapat menekan tombol "Next" untuk mulai melakukan factory reset di ponsel Xiaomi.
  6. Ponsel akan melakukan reboot, kemudian factory reset.
  7. Jika sudah selesai, ponsel akan menampilkan pesan selamat datang, seperti saat pertama kali dinyalakan.

Perlu diingat, factory reset bersifat permanen sehingga Anda tidak bisa mengambil kembali data yang sudah terhapus. Karena itu sebaiknya lakukan langkah-langkah sebelum melakukan hard reset dan pastikan tidak ada data penting di ponsel.

Factory reset juga akan menghapus semua setting dan akun di perangkat sehingga Anda harus login kembali jika ingin menggunakan akun yang sama di ponsel tersebut.

Tag : #teknologi    #tips    #reset    #xiaomi   

Baca Juga