Cara Membuat Foto AI yang Lagi Viral di Instagram

Penulis : Wanovy | Teknologi | 09-12-2022

Foto AI, foto: Instagram/@therealdisastr

PARBOABOA - Coba cek Instagram-mu, adakah yang sudah membuat potret dirinya sendiri dengan gambar avatar AI?

Timeline Instagram mendadak ramai dengan ilustrasi ciamik ini. Bahkan banyak pula artis yang ikutan. Sebut saja Dian Sastrowardoyo, Luna Maya, hingga si lucu Gempita Nora Marten.

Tren ini bukan dibuat oleh ilustrator secara manual, melainkan memanfaatkan aplikasi dengan artificial intelligence.

Kamu pun bisa mencoba cara bikin gambar avatar AI versimu sendiri. Ikuti step by step-nya di bawah ini, ya!

Kecanggihan teknologi lagi-lagi membuat ramai jagat media sosial. Ilustrasi yang dibuat menggunakan aplikasi bernama Lensa App ini serupa dengan filter.

Aplikasi ini bekerja berdasar foto tertentu yang kamu pilih, lalu mengubah tampilan menjadi ala goddess yang memukau.

Photo editor besutan Prisma Labs ini berhasil menampilkan hasil ilustrasi yang ciamik. Untuk bisa seru-seruan membuat avatar AI versimu, kamu perlu melakukan pembayaran terlebih dahulu. Tahapannya bisa dilakukan di awal atau di tengah-tengah proses edit.

Lalu bagaimana langkah langkah ubah foto AI jadi avatar di Lensa AI seperti yang sedang viral di media sosial?

  1. Buka Aplikasi
  2. Klik tab Photos.
  3. Berikutnya akan terlihat tombol Magic Avatars.
  4. Aplikasi akan memperingatkan kemungkinan ketidakuratan pada gambar seperti cacat atau artefak.
  5. Setujui persyaratan sebelum melanjutkan. Ketidakuratan termasuk membuat gambar menampilkan kepala dan bagian tubuh dengan jumlah yang banyak atau perbedaan warna mata.
  6. Klik Continue. Anda akan diminta mengunggah 10 hingga 20 selfie. Aplikasi merekomendasikan menggunakan close-up, gambar orang dewasa, berbagai latar belakang hingga beragam ekspresi wajah.

Lensa juga menyarankan menghindari foto bersama orang banyak, gambar anak-anak, wajah tertutup dan telanjang. Setelah memilih foto selfie, akan diminta memilih jenis kelamin.

Jika termasuk pelanggan berbayar, maka terdapat diskon 515. Dikutip dari CNBC, ada 50 avatar senilai US$3,99, 100 gambar dibanderol US$5,99 dan 200 gambar senilai US$7,99.

Setelah sekitar 20 menit, akan ada pemberitahuan avatar telah siap dilihat dan disimpan.

Hasilnya menampilkan sejumlah gaya berbeda seperti Fantasi, Fairy Princess, Focus, Pop, Stylish, Anime, Light, Kawaii, Iridescent dan Cosmic

Pada dasarnya, Lensa App merupakan aplikasi editing foto. Selain membuat gambar avatar AI, aplikasi ini juga bisa digunakan untuk memperbaiki potret diri dan menambahkan filter. Sebagian besar fiturnya bisa diakses secara gratis, lho!

Untuk mengakses versi editor, kamu bisa buka aplikasi seperti biasa. Lalu, ketuk tanda '+' di bagian kiri atas untuk menambahkan gambar. Klik 'Unggah' dan 'Pilih' gambar untuk masuk jendela editing.

Di jendela pengeditan, tersedia tombol penyesuaian pengaturan. Termasuk di dalamnya ada untuk memburamkan latar belakang, face retouch, hingga menyesuaikan bentuk area wajah.

Di bagian bawah juga ada pengaturan untuk mengubah kecerahan dan bayangan foto, serta mengubah warna rambut.  Lengkap banget!

Kamu bisa pilih sesuai kebutuhan, ya. Preview editan akan secara langsung ditampilkan di layar. Otak-atik semaumu, deh. Atau, bisa klik 'Magic Retouch' untuk memaksimalkan foto secara otomatis.

Demikianlah informasi seputar cara membuat foto AI yang lagi trend di sosial media. Semoga bermanfaat!

Editor : -

Tag : #foto ai    #artificial intelligence    #teknologi    #tips    #apps    #lensa app   

Baca Juga