Sangat Mudah! Begini Cara Membuat Yogurt Homemade untuk Pemula

Cara Membuat Yogurt Homemade (Foto: Pixabay/Skica911)

PARBOABOA – Yogurt (dieja sebagai yoghurt atau yoghourt) adalah susu hasil fermentasi dengan bantuan bakteri khusus seperti Lactobacillus bulgaricus dan Streptococcus thermophilus, digunakan untuk mengubah laktosa (gula susu) menjadi asam laktat.

Produk susu ini sangat lezat dan bermanfaat bagi kesehatan. Selain menjadi sumber kalsium yang baik, yoghurt juga mengandung protein berkualitas tinggi, vitamin, dan probiotik yang baik untuk pencernaan.

Dalam jurnal berjudul Beneficial Effects of Yoghurts and Probiotic Fermented Milks and Their Functional Food Potential, oleh Elena Hadjimbei dkk (2022), yogurt adalah sumber kalsium yang kaya, menyediakan sejumlah besar kalsium dalam bentuk bio-available.

Yoghurt juga menjadi sumber fosfor, kalium, vitamin A, vitamin B2, dan vitamin B12 yang baik. Ini juga menyediakan protein bernilai biologis tinggi dan asam lemak esensial.

Meskipun banyak tersedia di pasaran, yoghurt homemade merupakan pilihan yang menarik, karena Anda dapat mengontrol bahan-bahan dan menciptakan rasa yang sesuai dengan preferensi sendiri.

Artikel ini akan membahas sejarah singkat serta cara membuat yogurt sendiri di rumah, sehingga Anda bisa menikmati yogurt yang sehat dan lezat kapan saja tanpa perlu repot. Yuk, simak!

Apa Itu Yogurt?

Cara membuat yoghurt (Foto: Pexels/Any Lane) 

Yogurt adalah produk susu hasil fermentasi yang dibuat dengan mengubah susu dengan bantuan bakteri asam laktat. Proses fermentasi ini menghasilkan tekstur yang lebih kental dan memberikan rasa asam khas yang menjadi ciri khas yogurt.

Bakteri asam laktat yang umumnya digunakan dalam pembuatan yogurt adalah Lactobacillus bulgaricus dan Streptococcus thermophilus. Namun, beberapa jenis yogurt juga mengandung bakteri probiotik lainnya yang menguntungkan bagi pencernaan.

Cara membuat yogurt bioteknologi dapat disajikan dalam berbagai bentuk, seperti yogurt biasa, yogurt tawar, atau yogurt yang diberi rasa buah.

Ini adalah sumber protein yang baik dan mengandung berbagai nutrisi penting, termasuk kalsium, vitamin D, dan probiotik yang bermanfaat bagi kesehatan usus.

Selain itu, yogurt juga dapat menjadi pilihan makanan yang rendah lemak atau bebas laktosa bagi individu yang memiliki preferensi atau kebutuhan diet khusus.

Yogurt sering digunakan sebagai camilan sehat, bahan dalam smoothie, atau bahan dasar dalam berbagai hidangan seperti saus dan salad dressing.

Dalam beberapa tahun terakhir, yogurt juga telah dikenal sebagai makanan probiotik yang membantu menjaga kesehatan mikrobiota usus dan sistem pencernaan.

Karena kandungan nutrisinya dan kemudahan penggunaan, yogurt telah menjadi pilihan makanan populer di seluruh dunia. Anda juga dapat mencoba cara membuat yogurt sendiri di rumah agar lebih hemat.

Sejarah Yogurt

Cara membuat yoghurt (Foto: Pixabay/TerriC) 

Dikutip dari buku Susu Fermentasi Yogurt, Oleh Aju Tjatur Nugroh (2017), sejarah yogurt sangat kaya dan telah berlangsung selama ribuan tahun.

Yogurt diyakini telah ada sejak ribuan tahun yang lalu, terutama di wilayah Timur Tengah, seperti Mesir dan Mesopotamia.

Orang-orang kuno telah mengenal proses fermentasi susu dan menghasilkan produk yang mirip dengan yogurt. Ini adalah cara membuat yogurt yang sampai sekarang terus digunakan.

Yogurt juga dikenal dalam budaya Yunani Kuno. Kata "yogurt" sendiri berasal dari bahasa Yunani "γÏŒγγρος" (góngros), yang mengacu pada tekstur kental yogurt. Orang Yunani kuno memakan yogurt sebagai makanan pokok mereka, dan ini menjadi bagian penting dari diet mereka.

Yogurt di Era Modern: Saat ini, yogurt telah menjadi produk susu yang sangat populer dan tersedia dalam berbagai varian, termasuk yogurt rendah lemak, yogurt bebas laktosa, dan yogurt probiotik yang mengandung kultur bakteri baik.

Yogurt telah menjadi bagian integral dari banyak diet di seluruh dunia, dan pengakuan akan manfaatnya bagi kesehatan terus berkembang.

Cara Membuat Yogurt Homemade

Cara membuat yoghurt (Foto: Pexels/Cats Coming) 

Membuat yogurt di rumah adalah proses yang relatif sederhana dan membutuhkan beberapa bahan dasar. Berikut adalah panduan bahan dan cara membuat yogurt homemade:

Bahan yang Diperlukan:

  1. Susu: Anda dapat menggunakan susu sapi, susu kedelai, susu almond, atau jenis susu lain sesuai preferensi Anda.
  2. Yogurt starter: Anda memerlukan sedikit yogurt plain yang mengandung kultur bakteri asam laktat, seperti Lactobacillus bulgaricus dan Streptococcus thermophilus, sebagai starter. Pastikan yogurt starter ini adalah yang terbaru dan tidak terlalu usang.

Langkah 1: Persiapan Bahan

  • Panaskan sekitar 1 Liter susu hingga suhu sekitar 82-85 derajat Celsius. Ini dapat dilakukan menggunakan panci dengan pengukur suhu, termometer, atau hingga Anda melihat susu mulai bergelembung, tapi jangan sampai mendidih.
  • Biarkan susu mendingin hingga suhu sekitar 43-46 derajat Celcius.

Langkah 2: Persiapan Starter

  • Campurkan sekitar 2-4 sendok makan yogurt plain sebagai starter dengan sedikit susu hangat (suhu 43-46 derajat Celsius) dalam mangkuk terpisah.
  • Aduk rata hingga starter larut dalam susu.

Langkah 3: Fermentasi

  • Tuangkan campuran starter ke dalam susu yang sudah mendingin. Aduk lembut untuk memastikan campuran merata.
  • Tutup wadah yogurt dengan tutup yang rapat atau penutup plastik.
  • Letakkan wadah yogurt di tempat yang hangat dan biarkan fermentasi selama 6-12 jam, tergantung seberapa asam dan kental yang Anda inginkan. Semakin lama fermentasi, semakin asam rasa yogurtnya.
  • Anda dapat menggunakan oven yang dimatikan, pemantik atau alat lain yang menghasilkan sedikit panas untuk membantu menjaga suhu yang konsisten selama fermentasi.

Langkah 4: Pendinginan dan Penyimpanan

  • Setelah fermentasi selesai, dinginkan yogurt dalam lemari es selama beberapa jam hingga benar-benar dingin.
  • Setelah dingin, yogurt siap disajikan. Anda bisa menambahkan rasa atau buah sesuai selera.

Yogurt homemade dapat disimpan di dalam lemari es dan biasanya dapat bertahan selama satu hingga dua minggu. Anda juga dapat mencoba cara membuat yogurt rasa buah dengan menambahkan buah kesukaan Anda.

Jika Anda ingin membuat yogurt lagi, Anda dapat menggunakan yogurt yang Anda buat sebagai starter untuk batch berikutnya.

Homemade yogurt adalah pilihan yang ramah lingkungan dan hemat biaya. Anda dapat eksperimen dengan berbagai rasa, tambahan, atau topping sesuai selera Anda seperti mencoba cara membuat yogurt dari Yakult dan sebagainya.

Jadi, jangan ragu untuk mencoba dan mempraktikkan resep ini di rumah. Anda bisa menikmati yogurt homemade yang lezat dan sehat tanpa ribet. Selamat mencoba!

TAG :
Baca Juga
LIPUTAN KHUSUS